Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

1/29/16

Sampai Juga ke Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur Jawa Barat

Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur Jawa Barat merupakan situs purbakala pada zaman batu. Situs ini dikatakan merupakan situ piramida terbesar dan pertama di Indonesia. Alhamdulillah akhirnya saya sampai juga dan dapat menginjakan kaki ke situs megalitikum Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat ini. 

Cita-cita lama ingin berkunjung ke situs purbakala ini. Situs masa jaman megalitikum yang terletak di Warung Kondang Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, Situs Gunung Padang akhirnya sampai dan  tercapai juga. Alhamdulillah syukur selalu saya panjatkan atas semua nikmat yang diberikan kepadaku sehingga keinginan untuk berpetualang ke seluruh plosok negeri Nusantara ini bisa terjalani satu demi satu. Salah satunya untuk Sampai Juga ke Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur Jawa Barat. 
Informasi tentang Situs Megalitikum Gunung Padang, saya dapatkan kira-kira 6 Tahun yang lalu, dimana banyak pemberitaan dan artikel yang menyajikan tentang Gunung Padang yang disinyalir sebagai Piramida tertua dan Termegah yang ada di Indonesia. Sehingga keinginan saya untuk berkunjung ke situs tersebut begitu besar, namun baru tercapai awal tahun 2016 ini. Alhamdulillah syukur sampai juga ke Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur Jawa Barat. 

Perjalanan menuju Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur Jawa Barat kami tempuh selama sehari. Perjanan start dari Kota Bandung menunju Cianjur. Dalam perjalanan ada kesan yang kurang mengasikan tapi inilah buah dari suatu petualangan. Kesan tersebut adalah, pada saat perjalanan kami mengalami salah jalur atau tersesat. Hal tersebut dimulai dari adu argumen tentang penunjuk jalan ke arah Situs Megalitikum Gunung Padang tersebut. Kita yang bertiga belum pernah berkunjung ke situs  Megalitikum Gunung Padang ini.  akan tetapi saya yang sebelum perjalanan sudah mencari informasi dari teman-teman backpacker lain. Sedikit banyaknya sudah tergambar rute untuk menuju ke  Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur Jawa Barat.

Saya sudah mencatat arah dan rute untuk mencapai Situs Megalitikum Gunung Padang tersebut, tetapi karena perjalanan ini ditempuh 3 orang sehingga saat mengambil keputusan saya ikut ide yang terbanyak. Saya manut demi sampai ke Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur Jawa Barat tersebut. Kedua teman saya bersih kukuh untung menggunakan aplikasi android sebagai penunjuk arah. Aplikasi tersebut yang sempat saya dengar dari mereka adalah aplikasi HERE, tapi sayang ibarat nasi sudah jadi bubur, aplikasi itu menunjukan arah jalan yang bukan arah yang biasa dipakai oleh para pengunjung untuk menuju Situs Megalitikum Gunung Padang itu. Alhasil 2 kali kita tersesat dan terpaksa memakan waktu yang lebih lama. Akhirnya mereka menyerahkan kembali ke saya untuk menggunakan petunjuk manual dan bertanya dengan warga.

Rute untuk ke Situs Megalitikum Gunung Padang, jika ditempuh dari kota Bandung tidaklah sulit, dari kota Bandung menuju ke arah Sukabumi dengan rute setelah melewati daerah Karang Tengah, masuk melalui jalan baru, Jalan lintas ini yang menghubungkan terminal Pasir Hayam. Kendaraaan tidak masuk ke arah kota Cianjur, kemudian terus ke arah Pasir Hayam, melewati bunderan Pasir Hayam terus ke arah Warung Kondang atau ke arah jalan Sukabumi. Setelah sampai di Warung Kondang, lurus arah menanjak akan ada plank sebelah kiri arah menuju Situs Megalitikum Gunung Padang, perjalanan dari sini dengan jalan yang ukurannya tidak luas tapi sudah di aspal, kondisi jalan berliku dan menanjak perlu ekstra hari-hati, setelah mendekati situs kami disajikan dengan pemandangan pegunungan dan kebun teh. 

Berikut ini foto-foto yang saya dokumentasikan selama di Situs Megalitikum Gunung Padang tersebut: 
Pintu Gerbang Situs Megalitikum Gunung Padang

tangga untuk menuju Puncak, cukup curam  di Situs Megalitikum Gunung Padang

Tangga untuk mencapai puncak Situs Megalitikum Gunung Padang


asik ya beduaan di Situs Gunung Padang





aku lagi narsis di Situs Megalitikum Gunung Padang  hehe


cafe yang ada di kawasan situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur

kondisi jalan di sekitar perkebunan teh menuju Situs Megalitikum Gunung Padang

kebun teh selama perjalanan ke situs megalitikum Gunung Padang 

Berikut ini video Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur Jawa Barat : 

No comments: