Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

2/9/16

Tempat - Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung

Tempat tempat wisata di Pesisir Barat Lampung cukup banyak karena Pesisir Barat terletak di disepanjang pantai barat Provinsi Lampung, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. apa saja Tempat tempat wisata di Pesisir Barat Lampung yuk kita simak satu persatu. 

1. Pantai Tanjung Setia, tempat wisata di Pesisir Barat Lampung yang ini menjadi pantai terkenal di dunia.  Pantai yang terletak di tanjung setia ini, terkenal dengan ombaknya yang indah dan memiliki ketinggian yang cukup baik untuk berselancar / surfing. Pantai ini terkenal sebagai tempat berselancar terbaik ke tiga di dunia. Di sekitar tepi pantai ini berjejer cottage atau penginapan yang biasanya banyak dipakai oleh para turis mancanegara. 

Untuk mencapai tempat wisata Pantai Tanjung Setia Krui di Pesisir Barat  melalui 2 jalur jalan lintas barat Sumatera yaitu : 

Tempat Wisata Pantai Tanjung Setia di Pesisir Barat Lampung, Jika dari kota Bandar Lampung bisa melalui jalur jalan raya ke arah Tanggamus melewati Prisngsewu - Talang Padang - Kota Agung - Wonosobo - Semaka - lanjut ke - tanjakan Sedayu - masuk ke taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) - terus ke Bengkunat - lanjut ke Biha - Lalu Tanjung setia. 

Rute Tempat Wisata Pantai Tanjung Setia di Pesisir Barat Lampung, Melalui Lampung Barat, start dari kota Bandar Lampung, melewati - Bandar Jaya - Kota Bumi - Bukit Kemuning (dipertigaan ambil ke kiri arah Liwa, jika ke kanan arah Palembang) - Liwa (ke arah kiri ke Krui, jika ke kanan arah danau Ranau) - Krui ( ke arah kiri, jika ke kanan arah Bengkulu) - lewati kota krui - terus hingga ke Tanjung Setia. setangah jam dari krui hingga tiba di Tanjung Setia, terdapat Plank Tanjung Setia. 

Untuk info lengkap tentang Tempat Wisata Pantai Tanjung Setia di Pesisir Barat Lampung, bisa kunjungi artikel : Pantai tanjung Setia, Krui Pesisir Barat Lampung 

2. Pulau Pisang, tempat wisata di Pesisir Barat Lampung yang satu ini tidak kalah dengan Pantai Tanjung Setia. Kesan pertama saya ke pulau ini sungguh menjakjubkan karena saya disajikan oleh puluhan lumba-lumba saat berlayar menuju pulau ini, selain itu pantai dengan pasir putihnya yang sangat luar biasa indahnya. Membuat saya makin jatuh cinta dengan pulau ini. Di puncak pulau terdapat perkebunan cengkeh yang dikembangkan sebagai agrowisata, selain itu wisata budaya juga bisa kita temui di pulau ini yaitu rumah adat yang bentuknya pangung serta pembuatan sulam tapis yang merupakan sulam tapis terbaik di dunia, ada di pulau ini. tempat ini benar benar indah untuk wisata alam dan wisata adat.
   

Pulang Pisang saat ini menjadi salah satu tempat kunjungan wisata utama di Pesisir Barat Lampung dimana memiliki sejarah yang unik yaitu Sejarah singkat nama Pulau Pisang. Pulau ini dinamakan sebagai pulau pisang, Dari sumber tetua adat yang sempat diwawancarai bersama teman -teman reporter tempo dan trevelouge Bandara sueta, bahwa sejarah nama pulau pisang adalah sejak lama bahwa orang daratan sumatera untuk berlayar ke pulau ini selalu melihat pulau ini dari puncak sana bentuknya mirip seperti pisang dengan panjang lonjong. sehingga familier nama pulau pisang. 

Rute untuk mencapai tempat wisata Pulau Pisang di Pesisir Barat Lampung adalah bisa dengan melalui 2 jalur diatas yaitu melalui jalur Liwa Lampung Barat dan jalur Tanggamus. setelah sampai di Krui, untuk mencapai pulau pisang harus menggunakan perahu, biasanya menggunakan perahu nelayan setempat. Menaiki kapal ke pulau pisang bisa melalui 2 rute : 
Dari Krui (pasar Krui)  Pesisir Barat anda ke arah dermaga krui disana anda bisa menyewa kapal untuk ke tempat wisata Pulau Pisang, biasanya taripnya sekitar 6 ratus ribu rute pulang pergi, muatan kapal maksimal sekitar 15 orang, tergantung ukuran kapalnya. Lama perjalanan di laut sekitar 1 jam, jika itu ombaknya bersahabat. Jika tidak bersahabat saya perna selama 2 jam di laut. 

Untuk rute ke dua mencapai tempat wisata Pulau Pisang Pesisir Barat dapat melalui Tembakak, letak Tembakak dari Krui ke arah barat atau jalur ke Bengkulu sekitar setengah jam. Dari dermaga tembakak ini anda hanya butuh waktu 15 menit untuk mencapai pulau pisang. Tapi jika ombak besar biasanya tidak bisa berlayar ke pulau ini. Dari tembakak bisa dijadwalkan biasanya pagi hari atau siang hari dengan rute sehari sekali dengan biaya kalau belum naik 15 ribu sekali jalan perorang. akan tapi bisa dengan kesepakatan dengan pihak kapal, dapat sistem sewa juga. 

3. Pantai Labuhan Jukung, Tempat Wisata pantai di Pesisir Barat Lampung yang sudah populer adalah Pantai Labuhan Jukung. Pantai ini menjadi tempat wisata pupuler karena memiliki keunggulan adalah pasirnya yang putih dan juga memiliki ombak yang relatif bersahabat, pantai dengan ombaknya cukup besar dan sangat cocok sekali bagi pemula untuk belajar berselancar, sehingga tidak heran ketika kita berkunjung ke pantai ini, mungkin anda akan menemukan para turis ataupun warga setempat yang sedang belajar selancar / surfing di pantai ini. Letak pantai ini ada di jantung kota krui, sehingga aksesnya tidak sulit untuk mencapai pantai ini.


4. Kebun Damar, Krui sejak lama terkenal dengan penghasil damar mata kucing sejak jaman dulu, kebun yang memanfaatkan getah pohon damar yang sudah berumur hampir ratusan tahun, tehnik dan ciri khas masyarakat disini dalam memanen damar menjadi agrowisata yang khas di pesisir barat ini. lokasi kebun ini banyak terdapat di tepi atau wilayah kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. kebun damar ini sekarang menjadi tempat Wisata budaya dan ekowisata di Pesisir Barat Lampung.
5. Pantai Melasti, pantai ini terletak di daerah melasti yang dimana memiliki keindahan yang begitu cantik menghadap samudera langsung. sampai pantai ini berdiri pura yang menghadap laut. sehingga pantai ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung yang wajib dikunjungi. 

6. Pantai mandiri, Pantai ini tidak begitu juah dengan pantai Tanjung Setia, pantai ini juga banyak digunakan untuk surfing. sehingga tempat ini adalah tempat wisata yang cukup terkenal di Pesisir Barat. Ombaknya yang bergulung-gulung menjadi daya tarik tersendiri.

7. Pantai Pantai Tembakak dan pantai Batu Tihang, Pantai yang terletak di sebelah utara kabupaten pesisir barat ini memiliki pesona yang luar biasa, ombaknya yang besar dan batukarang ayang indah serta menghadap langsung ke samudra hindia.

 



8. Air Terjun Keghamian, air terjun ini sekarang menjadi salah satu Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung yang lagi hit. tetapi untuk akses ke air terjun ini perlu perjuangan. 

9...

Demikian  catatan saya tentang Tempat Wisata di Pesisir Barat Lampung yang bisa jadi menjadi tempat referensi berwisata di Pesisir Barat Lampung. 

Baca Juga : 
Cerita Shockku atau pengalamanku selama berwisata di tempat-tempat wisata di Pesisir Barat KLIK SINI

Berikut ini video tempat tempat wisata di lampung Bagian Barat

3 comments:

Cara tetap sehat said...

Asli keren nih gan tempat pariwisatanya. Kalau ada uang ane mau coba berkunjung ke pulau Pisang gan. Pasti banyak pisang disana. Wkwkwk

Mochaab Hafidh said...

wihh keren nih, jadi pengen explore hehehe

Rasuane Noor said...

@ all friends : di pulau pisang disana terkenal nama karena dari kejauhan pulaunya mirip, ayo agan2 ekflore lampung, bnyak tempat yang indah dan eksotik