Sunday, April 10, 2016

Curup Ciupang Purwajaya Sumberjaya Padang Cermin Pesawaran

Satu lagi surga tersembunyi yang ada di bumi andan jejama Kabupaten Pesawaran yaitu air terjun   / curup Ciupang. Air terjun yang terletak di dusun Purwajaya Desa/pekon Sumberjaya kecamatan Padang Cermin Pesawaran provinsi Lampung, cukup mudah untuk dijangkau dan memiliki daya tarik yang begitu indah. 

Untuk mencapai air terjun ini tidaklah sulit karena cukup dekat dengan perkampungan warga, dan tidak memiliki area jelajah yang sulit serta tidak jauh. Air terjunnya masih alami dengan tumbuhan-tumbuhan yang masih terjaga, airnya juga jernih sejuk serta pemandangannya masih asri alami. 

Perlu dicatat buat para pengunjung untuk berhati-hati disini karena daerah air terjunnya yang curam dan masih licin, harus ekstra hati-hati dan menjaga diri, jangan sampai terpleset. 

Rute untuk mencapai air terjun curup ciupang ini adalah jika dari kota Bandar Lampung mengambil arah atau jalan utama ke arah teluk kiluan atau ke arah tempat-tempat wisata yang sudah terkenal sebelumnya yaitu satu jalur dengan melewati pantai mutun, pantai sari ringgung, pahawang, pantai klara, pangkalan TNI angkatan Laut. Setelah tiba di Kecamatan Padang Cermin, akan menemukan pertigaan yang mana, jika ke arah kiri ke Pundu Pidada / Kiluan sedangkan kearah kanan ke Kedondong. pada pertigaan ini ambil arah ke Kedondong, terus ikuti jalan hingga tiba di pasar Kluwih, setelah melewati pasar ini akan ada pertigaan yang akan menunjukan jika lurus ke arah Kedondong, sedangkan ke kiri ke arah Klumbayan. pada pertigaan ini ambil ke arah Klumbayan, ikuti jalan ini lurus dengan sedikit banyak menanjak, setelah di jalan ini cari Sekolahan SMP 1 Atap. tepatnya di desa Sumberjaya. ikuti jalan ke arah SMP ini hingga Melewati SMP tersebut, tidak jauh dari SMP tersebut ada jalan yang masih dalam bentuk underla (berbatu belum diaspal halus) jalannya menanjak, ikuti jalan ini hingga tepat di dusun Purwajaya. setelah di dusun ini tanyakan ke warga jalan untuk masuk ke air terjun / curup ciupang. di dusun ini kendaraan dititipkan ke rumah warga dan memulai untuk tracking dengan jalan kaki, yang rutenya menyusuri sungai, jalur dari rumah warga ke air terjun ditempuh sekitar 10 menit (untuk para emak-emak) ckcckck. 

Dari informasi yang saya dapatkan dari seketaris desa Sumberjaya Kecamatan Padang Cermin, Bapak Didik menyampaikan "sekarang lagi akan digalakkan atau dikembangkan tempat-tempat wisata baru di kawasan ini, khususnya air terjun atau curup, dimana sebelumnya pemerintah daerah sudah mengembangkan kawasan wisata pantai, sekarang akan merambah ke wisata daerah pegunungan salah satunya adalah air terjun/ curup ini". selanjutnya tutur beliau "di Kabupaten ini terdapat sekitar 7 air terjun yang ada, dan akan dikembangkan menjadi objek wisata. air terjun-air terjun tersebut yaitu Air terjun curup ciupang sendiri, air terjun sinar tiga, air terjun kembar, dan lainnya" (saya lupa sih, ndak bawa catatan, hp lowbat). selanjutnya pak Didik juga bercerita bahwa di air terjun ini terdapat 3 air terjun, bagian paling atas harus ditembuh dengan menanjak lagi. pada saat itu kami tidak sempat berkunjung karena kondisi belum mendukung. Semoga daerah ini menjadi wisata yang menjaga dan mengutamakan sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan) dan utama dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. 
Pada adventure kali ini bersama teman-teman dari Darma siswa Tanoko dan Catrine), rumah kayu fotografi(RKF  Lampung diwakilkan oleh Susi), Couchsurfing Lampung, dan Backpackers Indonesia (BPI) chapter Lampung. 

Yuk kita liha foto-fotonya : semoga berkenan dan jangan lupa di share ya..  

bersatu kita bisa
air terjun bawah

seru bersama anak-anak warga sekitar 
asiknya mandi diair yang sejuk dan jernih

bisa narsis di batuan
siapa itu ya?
asikk pake banget
tampak gagah
sang penakluk 

video lengkapnya berikut ini;

Load disqus comments

0 komentar