Wednesday, September 21, 2016

14 hari Eksplore Fores - Komodo : Jala Mana Nusantara

"Jala Mana Nusantara" Itulah nama group kita yang terbentuk secara senaja, setelah melakukan diskusi singkat melalui WhatsApp : Apa nama  group kita selama kegiatan tersebut?,  pada saat sebelum melakukan kegiatan darmawisata mengekflore Pulau Flores dan  Taman Nasional Komodo, yang dimotorisasi oleh mas Emanuel Ndelu Wele, yang merupakan seorang putra asli Flores yang sudah cukup lama menjelajah Nusantara serta sudah berdomisi di luar Flores, beliau mencetuskan untuk melakukan kegiatan backpacker jelajah Flores dan Komodo. Saat itu saya mendapatkan pesan langsung dari beliau melalui akun Whatsapp: mohon izin bergabung di group Backpackers Indonesia Chapter Lampung (BPI Lampung) (kunjungi group KLIK SINI), Tentu dengan senang hati saya setujui dan saya add menjadi anggota group, untuk menjadi anggota group tersebut gratis bagi semua orang yang ingin berpetualang dan suka jalan-jalan. Sebelumnya saya belum perna tau bagaimana sosok beliau. 

Setelah masuk anggota group BPI Lampung, Bang Nuel (panggilan Emanuel) memposting suatu rencana akan mengadakan kegiatan jelajah overland Flores dan Komodo. mengajak para anggota untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Saat itu saya belum begitu tertarik walaupun saya sudah cukup lama ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo karena terkendala biaya keseluruhan yang cukup mahal. tetapi setelah saya amati dan cermati apa yang dibagikan bang Nuel tersebut sangat menjanjikan, disana tertekan dengan kata BACKPACKERAN dan  SHARE COST, lanjut berjalanan hari, saya pikir ini adalah kesempatan yang langkah karena untuk melakukan perjalanan kesana mahal dan belum cukup banyak dikenal. maka dari itu keinganan saya makin kuat untuk bergabung diperjanan itu. Sudah rahasia umum perjalanan wisata dengan solo atau agen wisata lebih mahal dibandingkan sharecost (Biaya berbagi bersama). Pemikiran saya semakin kuat dengan disuport oleh mas Zaki Hidayat (anggota aktif BPI Lampung) dia akan ikut serta dalam trip tersebut, dan dia menyampaikan bahwa itu sangat murah serta jarang yang mengadakan kegiatan tersebut apalagi didukung leadernya putra asli daerah sana. Maka saat itu melalui mas Zaki, saya daftar masuk list teman yang akan bergabung di trip tersebut. 

3 bulan sebelum keberangkatan,  Persiapan perjalanan  mengekflore Pulau Flores dan  Taman Nasional Komodo, sudah dipersiapkan matang oleh Bang Nuel, dari rentetan lokasi atau distinasi yang akan dikunjungi, hingga perhitungan waktu dan biaya cukup lengkap. sehingga hal tersebut menambah keyakinan saya bahwa trip ini bukan sekedar mencari keuntungan pribadi belakang, Karena sekian banyak saya ikut trip, banyak diantara mereka (istilah motoris/ pengajak atau Tour Leader, dll) dengan berdalih sharecost yang ujung-ujungnya cari keuntungan pribadi. kali ini benar-benar murni sharecost yang kesemuanya kita tanggung bersama. 

Beriring waktu hingga intent kita dalam suatu group whatsapp, dengan awal nama group "Jelajah Flores" anggota grup cukup banyak mencapai 20 orangan. diskusi dan masukan dibahas di group tersebut: perubahan waktu, lokasi distinasi, biaya, dan lainya menjadi obrolan dalam chat satu dan yang lainya. Hingga akhirnya juga tercetus adanya pembuatan kaos group jelajah ini. sebelumnya diskusi lucu dan alot dalam menentukan nama group membuat group tersebut cukup ramai, dari ide teman teman di group tersebut tercetuslah nama group trip jelajah ini berasal dari daerah asli Flores, walaupun di Flores terdapat banyak suku budaya yang berbeda-beda, dengan percakapan yang sengit sampailah pada akhirnya group berganti menjadi "Jala Mana Nusantara" (jalan benar menjelajah nusantara) dengan slogan "Katong Semua Basodara" (kita semua bersuadara).
Bersambung.........................

Berikut Video Pribadi yang saya buat dengan merekam menggunakan action cam: Xiaomi 
Load disqus comments

5 komentar