Monday, May 29, 2017

Menembus Virgin Air terjun Penantian 1

Perjalanan trip kami pada minggu kedua bulan februari ini, bersama-sama memecahkan rasa penasaran terhadap keberadaan air terjun Pencarian yang disinyalir memiliki 5 tingkat. dari itulah kami Team Pecinta Alam Adventure Lampung (T3ampaal) ingin membuktikan bangaimanakan keindahan surga di bumi Andan Jejama yang masih terpendam.  

Satu hari sebelum berangkat ke air terjun tersebut, kami berkumpul di basecamp untuk mendiskusikan segala sesuatu yang perlu disiapkan untuk menembus air terjun yang masih belum terjamah oleh para kekinian Lampung. Hasil diskusi kami seperti trip biasa untuk meeting point di basecamp dan sudah siap dengan segala sesuatunya. 

Pada hari H, kami yang terdiri dari : Aril, Busmi, Deri, Risky, Wanda, Dahri, Apri dan Erwin, kami memulai trip dari kota Bandar Lampung, menuju ke Kecamatan Padang Cermin di Kabupaten Pesawaran via jalan utama untuk menuju ke arah destinasi-destinasi wisata yang sudah terkenal di Teluk Lampung, seperti melewati pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Ketapang, pantai Klara, hingga melewati pangakalan TNI angkatan laut. setelah sampai di Padang Cermin, tepat di Kantor Polisi Sektor (Polsek) Padang Cermin, setelah 50 meter dari kantor ini, terdapat jalan sebelah kanan dengan tanda plank yayasan pendidikan Nurul Islam Padang Cermin. terus ikutin jalan sebelah kanan tersebut hingga sebelum menemukan pertigaan sebelum jembatan, (pertigaan tersebut merupakan arah jalan ke air terjun pencarian 1 dan arah jalan air terjun Tanah Longsor). kita untuk ke air terjun pencarian / penantian mengambil ke arah kiri, disana juga terdapat jalan untuk menuju ke air terjun Sinar Tiga. di sini jika ingin tujuan ke air terjun yang dikehendaki sebaiknya tanya ke warga setempat agar tidak salah tujuan air terjunnya. untuk rute ke air penantian jalannya masih dalam bentuk cor semen,  dengan rute agak menanjak. setelah itu bertemu dengan pertigaan, disana ambil ke arah kanan, lanjut ikuti jalan hingga menemukan sungai kecil, jika kendaraan motor yang bukan adventure untuk disarankan dititpkan di rumah warga setelah sungai kecil, setelah itu ambil jalan sebelum sungai dengan rute kearah kanan (jalan kecil setapak) sebaiknya tanya warga agar tidak tersesat, selanjut perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki dengan jarak tempuh sekitar 20 menit. 

Setelah akan menemukan perkampungan kecil yang disana sudah dipersiapkan untuk menitipkan motor, dari perumahan itu tinggal menuju ke air terjun dengan jarak tempuh sekitar 15 menit, disana menemukan surga alam yang tersembunyi. disana kami menikmati sejuk air yang jernih. tetapi perlu catatan untuk mencapai air terjun harus turun ke bawah dengan melewati jalan yang terjal dan jurang sehingga untuk turun dengan bantuan akar akar pohon yang ada disana, jadi harus ekstra hati-hati, sebaiknya membawa tambang, selain itu tidak dianjurkan untuk berenang disana karena belum banyak tentang keadaan air disana. disini kami tidak sendiri tetapi dibantu oleh Mas Iwan selaku ketua pemuda di daerah tersebut. 

Dari cerita mas Iwan, air terjun ini banyak di sebut dengan nama air terjun pencarian, yang sekarang sudah diremikan dengan nama air terjun Penantian. air terjun tersebut memiliki 5 tingkat dengan jarak bervariasi. 



Load disqus comments

0 komentar