Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

3/24/17

Potensi Wisata di Kecamatan Way Tenong dan Sekitarnya Di Lampung Barat

Way Tenong adalah salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Lampung Barat, kecamatan Way Tenong merupakan daerah pegunungan yang merupakan bagian dari gugusan pegunungan Bukit Barisan Selatan di pulau Sumatera. 

Penduduk di kecamatan Way Tenong merupakan masyarakat majemuk yang terdiri dari suku-suku adat : Semendo / Semende, Jawa, Sunda, Lampung Sai Batin dan Pepadun, Padang, Batak, dan Bali. 

Kecamatan Way Tenong dengan pusat kantor camatnya di desa Simpang Mutaralam, dan terdiri dari desa-desa Fajar Bulan, Puralaksana, Karang Agung, Simpang Mutaralam, Tanjungraya, Sukananti, Sukaraja, Padangtambak, Sindang Pagar. 

Penduduk Way Tenong banyak berprofesi sebagai petani dengan pengahasilan utamanya adalah kopi, padi, lada, pisang, dan  hasil perkebunan lainnya. di sini terkenal dengan pusat penghasil kopi rabusta organik. hasil alam ini menjadi penopang ekonomi yang ada di kecamatan ini. 

Menilik Potensi Wisata di Kecamatan Way Tenong. Makmur tidaknya suatu daerah tentu ditinjau dari segi ekonomi, ekonomi masyarakat semakin meningkat maka tingkat kesejateraan penduduk akan bertambah, berbagai cara untuk peningkatan ekonomi masyarakat salah satunya dengan menambah penghasilannya. Saat ini berbagai cara untuk meningkatkan untuk menggalakan ekonomi kerakyatan, selain dari pertanian dan perkebunan. tidak kalah pentingnya dari aspek pariwisata. 

Sebagai wilayah di daerah pegunungan kecamatan Way Tenong tentunya memiliki hawa sejuk dan pemandangan pegunungan yang indah. pegunungan dan pemandangan yang indah sangat berpotensi sebagai salah satu tempat tujuan wisata. 

Berikut ini saya ulas beberapa potensi  wisata yang ada di kecamatan Way Tenong dan Sekitarnya  Di Lampung Barat: 

1. Kawah Gunung Sekincau / Geo termal yang ada di Talang Bukit. tempat ini sangat besar sekali potensi wisata. Daerah ini masuk dalam kawasan Lindung Taman Nasional Bukit Barisan Selatan tetapi berdekatan langsung dengan Kecamatan Way Tenong. Rute untuk mencapai kawah ini butuh perjuangan karena kondisi jalan yang semak dan ilalang serta menanjak, rute ke kawah ini di Kecamatan Way Tenong melewati Desa sukananti, lanjut ke dusun  Air Putih 2, terus naik ke Talang Bukit, dari Talang Bukit lanjut ikuti jalan setapak satu satunya di kawasan ini.
Kawah Gunung Sekincau / Geo termal yang ada di Talang Bukit

2. Sawah Bertingkat di Desa Simpang Mutar alam. Daerah ini sangat berpotensi  sebagai tempat Wisata di Kecamatan Way Tenong. Jika kalian melakuan perjalanan menuju Kota Liwa, pemandangan sawah ini dapat anda nikmati disebelah kanan jalan ketika mencapai desa simpang Mutar Alam. 
Sawah Bertingkat di Desa Simpang Mutar alam Kecamatan Way Tenong 

3. Air Terjun dan Puncak Mabar Jaya, Air Terjun ini belum di kelola tetapi sangat berpotensi sebagai tempat Wisata di Kecamatan Way Tenong. Ketika di Perjalanan menuju air terjun ini, di puncak ini kita dapat melihat pemandangan kebawah desa-desa di kecamatan Way Tenong serta gunung-gunung yang ada di sekitar seperti gunung Sekincau, Rgis, Rindingan dll.  serta dapat menikmati sejuknya air terjun Mabar Jaya. untuk mencapai puncak ini, dari dessa sukaraja terus ke menanjak ke Mabar Jaya. 
Air Terjun dan Puncak Mabar Jaya Kecamatan Way Tenong

4. Air Panas Air Putih.  Untuk mencapai lokasi air panas dapat melalui desa Padang Tambak, atau dapat juga melalui desa Sukananti Kecamatan Way Tenong. Tempat ini dulunya banyak digunakan tempat mandi menghilangkan penyakit kulit. Tempat ini jika dikelola sangat berpotensi menjadi sebagai kolam pemandian air panas sebagai tempat wisata maka akan dapat mendatangkan banyak pengunjung. Aliran air di mata air ini bergabung ke sungai Way Kabul. Karena airnya berwarna putih maka tempat ini disebut Air Putih.

5. Mata Air Mutar Alam dan Sungai CampangTempat ini berpotensi sebagai tempat Wisata di Kecamatan Way Tenong jika dikelola menjadi sebagai kolam pemandian maka akan dapat mendatangkan banyak pengunjung. 
Mata Air Mutar Alam dan Sungai Campang Kecamatan Way Tenong 

6. Ekowisata Perkebunan kopi, banyak tempat yang bisa menjadi tempat berpotensi sebagai agrowisata di Kecamatan Way Tenong, dengan dikelola dan di set menjadi kebun agrowisata sehingga akan menjadi tempat salah satu wisata di daerah ini. 
Eko wisata Perkebunan kopi Kecamatan Way Tenong 
7. Lomba Mancing Ikan di kolam pemancingan
Lomba mancing ikan sering sekali diadakan di di Kecamatan Way Tenong, apalagi dimusim bulan puasa, pastinya kolam kolam pemancingan penuh oleh para penggemar olaharaga pancing ini. Jika dikeola dengan banyak mak dapat menjadi tempat wisata pemacingan.
sawah Pemancingan di Kecamatan Way Tenong 

8. Air Terjun Air Abang. Air terjun ini terletak di kawasan air Abang dapat dijangkau melalui desa Sukananti, lanjut ke Sidomakmur hingga ke air Abang. Tempat ini berpotensi sebagai tempat Wisata di Kecamatan Way Tenong.
Air Terjun Air Abang

9. Air Terjun Subhan. Semasa saya kecil air terjun ini sangat hit, masa itu air terjunnya indah dan debit airnya yang deras. Tempat ini berpotensi sebagai tempat Wisata di Kecamatan Way Tenong.

10. Curug Air Terjun Padae 

11. Bumi Perkemahan Mabar Jaya 

Selain Kecamatan Way Tenong, Kecamatan lain di kabupaten Lampung Barat : Air Hitam • Balik Bukit • Bandar Negeri Suoh • Batu Brak • Batu Ketulis • Belalau • Gedung Surian • Kebun Tebu • Lumbok Seminung • Pagar Dewa • Sekincau • Sukau • Sumber Jaya • Suoh

1 comment:

rahim sanjaya said...

Ada wisata baru di kecamatan way tenong bang. Boleh di liput. ☺😊😊☺. Namanya way kabul river park. Dr simpang mutar alam ke arah air hitam. Sebelah jembatan way kabul ada jalan cor masuk 200 meter. Terimakasih 🙏