Monday, May 22, 2017

Mengerikan Air Terjun Sukamarga Datar Lebuay seperti di Goa Hantu


Trip kita kali ini ke air terjun  Sukamarga yang terletak di dusun Suka Marga desa Datar Lebuay kecamatan Air Naningan, Tanggamus. Lampung.  Trip perjalanan kita kali ini waw.. sangat spektakuler dimana ketika kita bisa mencapai air terjun ini, dengn pengalaman yang tidak kalah seru dengan trip trip sebelumnya. Air Terjun Sukamarga Datar Lebuay  belum banyak tau tentang air terjun ini, air terjun in terletak masih satu aliran dengan air terjun Jarum atau air terjun Talangcurup Lebuay, yaitu aliran sungai Sang Arus. sungai berarus deras dengan warna kuning ini bagian hulunya terdapat air terjun ini.  


Bersama teman yang sudah beberapa kali mengantar kita menjelajah air terjun di wilayah Datar Lebuay yaitu Wawan dan Hakim. Wawan dan Hakim adalah anak muda asli desa Datar Lebuay dan rumahnya tiak begitu jauh dengan air terjun jarum, jika teman-teman ingin minta bantuan saat akan atau ingin berkunjung ke air terjun di daerah Datar Lebuay dapat menghubungi teman tersebut dengan no kontak ( Hp .....) pada saat menghantarkan mereka dengan senang hati dapat menhantarkan kita menembus indahnya air terjun ini. bahkan kita bagai mendapatkan keluarga baru didaerah ini. kita menginap dan akrab dengan keluarga mereka. 


Pada trip ini niat sebelumnya untuk berkunjung ke air terjun Tirai/misteri yang ada pada jalur lain di Desa Datar Lebuay tersebut. setelah hasil dari diskusi dan kesepakatan kita menuju ke air terjun Air Terjun Sukamarga. rute untuk menuju  Air Terjun Sukamarga Datar Lebuay, 
satu arah ke air terjun Jarum, selanjutnya setelah di jembatan air sungai Sang Arus, ada jalan menanjak, dimana ke arah kiri menuju ke dusun talang curup sedangkan ke arah kanan menuju ke dusun Sukamarga, terus menanjak akan tiba di dusun pertama, terus lanjut jalan ke arah dusun ke dua. di dusun Sukamarga ini tanya ke warga arah jalan menuju ke air terjun, karena jalannya pas di belakang rumah warga di dusun ini, merupakan jalan setapak. setelah masuk jalan setapak tersebut motor dapat dititpkan di rumah awaarga atau diparkirkan di kebun warga pas di atas air terjun. 

Setelah parkir motor di kebun warga, kita menyusuri jalan turunan, disini suasana misteri dan mengerikan sudah mulai terasa, dimana masih banyak pohon yang besar serta suara binatang hutang sangat kental sekali. setelah terus turunan curum akan menemukan sungai Sang Arus, terus turun hingga di bibir sungai, setelah di tepi sungai, kita berjalan ditepi - tepi sungai yang ternyata licin dan sempit, suasana yang unik dan misteri ini menambah suasana menjadi lebih seru, setelah melewati dinding-dinding yang licin tepat di tepi sungai ini, alhasil saya mendapatkan kejadian dimana kurang kuat berpegang pada batu dinding, hingga saya tercebur di air sungai, alhamdulillah saya bisa menepi dengan baik, akan tetapi seluruh tubuh dan perlengkapanku basah semua.  Perjalan terus dilanjutkan, dan kami menemukan air terjun yang besar bagai di dalam goa dan terdapat sinar matahari yang pas diatas air terjun, suasana disana bercampur baur, antara, serem, angker, eksotik dan indah.. pokoknya seru aja deh, tapai karena kita ramean jadi suasana jadi indah aja.. tapi seandainya berjalan sendiri, saya pribadi tidak akan mau lama lama di air terjun ini.. 

Ayo teman teman adventure buktikan kalau anda bisa survive di sini.. selamat berpetualang. 

Load disqus comments

0 komentar