loading...

Thursday, June 15, 2017

Konservasi Kurang Plastik Bersama Ruang Jingga Lampung : 1000 Tumbler

"Education is the most powerful weapon which you can use to change the world" (Nelson Mandela)

Pendidikan merupakan salah satu cara keluar dari kemiskinan. Berikan anak-anak kail bukan ikan, agar mereka mengetahui bagaimana berusaha mendapatkan ikan lebih banyak. Berikan anak-anak inspirasi dan kekuatan untuk bermimpi setinggi yang mereka inginkan sehingga akan memacu untuk mereka menjadi kenyataan. Ajak anak-anak untuk termotivasi untuk menjadi lebih baik, untuk bangkit dari keadaan yang menghimpit untuk melompat, untuk terbang meraih mimpi mereka setinggi langit dan bisa berdiri diatas awal. 

Bagaimana untuk mewujutkan semua itu ???? 
ya semua perlu usaha dan pengorbanan.. 

Bagaimana bentuk usaha atau pengorbanan tersebut?? 
Berikut ini adalah salah satu bukti nyata yang sudah dilaksanakan dan masih gencar digalakkan oleh komunitas ruang jingga Lampung. 

Apa itu komunitas Ruang Jingga ? apa aja nih kegiatannya? 
Yukk kita simak dan kita pantengi apa saja yang sudah serta yang akan direncanakan komunitas Ruang Jingga Lampung? 

Ini adalah kegiatan yang saya ikut turut menjadi relawan pertama bersama Ruang Jingga. 
Pada hari minggu tepatnya 11 Juni 2017 yang lalu saya ikut tergabung sebagai relawan dalam salah satu kegiatan komunitas ini, dari sana juga saya jadi lebih tau dan sangat terketuk untuk menjadi bagian dari komunitas ini. 

Di bulan seribu kemuliaan dan berkah ini, bulan ramadhan 1438 H, Ruang Jingga kembali hadir dalam gelaran spesial "1000 tumbler". Penuh rasa syukur atas pencapaian 1000 tumbler di gerakan #1000tumblers4lpg. Dimana waktu pelaksanaannya dimulai jam 13.00 WIB s.d selesai. Tempatnya di sekolah pesisir Umbul Asem, Teluk Betung Timur, Bandar Lampung.
Kegiatan minggu lalu terselenggara berkat kerjasama dengan beberapa komunitas meliputi Berkolaborasi dengan beberapa pihak yaitu: 
  1. Papaben Donut (toko donat di Kota Metro),
  2. Linescapade (komunitas Motor), 
  3. Tapis Blogger (komunitas Blogger Lampung), 
  4. Buy for Others (Komunitas sosial) dan 
  5. Beberapa blogger Lampung. 

Pada kesempatan ini, sekitar 60 anak-anak di pesisir Teluk Lampung tepatnya di Umbul Asem, Teluk Betung Timur, begitu antusias dalam mengikuti kegiatan hingga akhir acara selesai. 
Gelaran kegiatan dimulai dari bermain bersama hingga rangkaian acara tergapai dengan sukses, adapun susunan acara adalah sebagai berikut: 
  1. Icebreaking, Introduction, Games
  2. Sesi Inspirasi oleh Dokter Gigi.
  3. Puppet Show dan Review (Sesi Inti)
  4. Sesi Inspirasi oleh Chef, Penulis, Penterjemah
  5. Pembagian Tumbler/ Botol Minum dan Donasi
  6. Berfoto bersama dan jalan-jalan sekitar rumah pesisir.
Kegiatan ini telah membagikan sekitar 80an botol sehingga target 1000 botol tercapai. Adapun bentuk bantuan yang lain diberikan oleh sukarelawan yang tergabung dalam kerjasama ini adalah Papaben donut membantu 100 donat, Linescapade membantu buku tulis dan pulpen, Buyforothers membantu 120 kg beras, selanjutnya bantuan tas dan  teh kotak diberikan oleh  individu  personal.

Demikian ringkasan kegiatan yang diadakan pada hari minggu lalu.. untuk dokumentasi kegiatan dapat dilihat pada foto dibawah. 

Selanjutnya yuk kita kenali lebih dalam apa itu komunitas RUANG JINGGA LAMPUNG?

Komunitas Ruang Jingga Lampung adalah salah satu komunitas yang ada di Provinsi Lampung yang menggalakan pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan masyarakat dengan cara sosialisasi dan kampanye anti sampah plastik dan peduli kesehatan sejak dini terutama kepada anak-anak sekolah. dan meningkatkan taraf pendidikan dari segi peningkatan pendukung belajar dan kualitas pengajar di tingkat sekolah dasar.  Semua termaktub dalam visi dan misi komunitas ini. kita simak sebagai berikut: 

Visi dari komunitas Ruang Jingga adalah ikut mendukung dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan agar tetap bersih dan sehat.
Misi komunitas Ruang Jingga adalah  menyampaikan penjelasan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan masyarakat dengan cara sosialisasi dan kampanye anti sampah plastik dan peduli kesehatan sejak dini terutama kepada anak-anak sekolah. Dan meningkatkan taraf pendidikan dari segi peningkatan pendukung belajar dan kualitas pengajar di tingkat sekolah dasar.

Kapan dan apa cikal bakal terbentuknya Komunitas Ruang Jingga? 
Tercetus ide gerakan  berdasarkan pengalaman pribadi oleh  Delta Rahwanda (ketua ruang jingga saat ini). Founder ruang jingga sendiri atas dasar bersama trio CS :  Delta Rahwanda, Tri Yuliawan dan Sumami (Mamik). selanjutnya materi awal banyak digagas oleh ketua komunitas ini. Ruang Jingga berdiri 21 November 2015 

Adapun Apa yang melatar belakangi para penggerak komunitas Ruang Jingga ?  
Pendidikan merupakan kebutuhan setiap insan dan juga sebuah investasi jangka panjang bagi bangsa Indonesia. Oleh karna itu pendidikan harus mendapatkan perhatian dari seluruh komponen, baik masyarakat, cendikiawan, pemerintah, lembaga formal/ non formal, individu/ kelompok dll. Kami beberapa pemuda Bandar Lampung yang berkumpul dengan identitas Ruang Jingga tergerak untuk membantu adik-adik di sekolah dasar dari sudut yang berbeda. Ruang Jingga adalah sebuah komunitas pemuda yang bergerak di dunia sosial dan hadir untuk membantu anak-anak kurang mampu dengan membentuk beberapa gerakan yang berkaitan dengan kesehatan dan pendidikan. Adapun kegiatan komunitas ini mencakup beberapa aspek yaitu education, empowerment, information dan motivation. 

Gerakan yang telah dan sedang kami jalankan adalah #1000tumblers4lpg. Inti dari gerakan ini adalah membagikan tumbler (botol minum) kepada adik-adik di sekolah dasar yang telah kami survey sebelumnya. Beberapa fakta yang kami temukan di lapangan bahwa masih banyak adik-adik kita yang membawa air minum ke sekolah namun menggunakan wadah yang tidak seharusnya digunakan ataupun tidak layak digunakan. Hal ini bisa disebabkan karena dua faktor yaitu karena ketidaktahuan informasi tentang plastik dan ketidakmampuan membeli wadah minum yang layak. Disamping memberikan tumbler kepada para siswa kami juga menyampaikan kampanye tentang fakta plastik, logo-logo pada plastik, bahaya plastik dan manfaatnya. 

Fakta yang terjadi di lapangan adalah penggunaan botol minum tidak layak (berlogo plastik no. 1) secara berulang-ulang oleh anak-anak Sekolah Dasar. Sekolah yang menjadi survey kami dan menjadi dasar dari langkah komunitas kami adalah Sekolah Dasar Negeri 1 Sinar Waya, Kecamatan adiluwih, Kabupaten Pringsewu. Di sekolah ini hampir mayoritas siswanya menggunakan plastik gula sebagai wadah minum mereka setiap hari ketika ke sekolah. 

Dengan adanya fakta tersebut diatas, kami mengasumsikan bahwa pemahaman akan penggunaan wadah minuman atau makanan yang layak di masyarakat sangat minim. Kami berharap dengan gerakan #1000tumblers4lpg ini, masyarakat memahami pentingnya menjaga kesehatan dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Apa tujuan dari Komunitas Ruang Jingga dibentuk?
  • Mengembangkan kemampuan anak yang telah dimiliki sejak lahir dalam hal ini peran air minum yang sehat sebagai asupan inti sehari-hari. Membantu daya nalar, kreativitas, dan aktivitas siswa dengan penyediakan wadah air minum yang layak pakai.
  • Membantu pertumbuhan fisik dan psikis siswa agar menjadi anak yang sehat, baik dan taat. 
  • Ikut mendukung dan membantu Pemerintah dalam upaya meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat di provinsi Lampung.
 Selanjutnya sasaran yang dituju kegiatan kegiatan Komunitas ruang jingga?
  1. Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah yang mayoritas anak-anaknya tidak menggunakan wadah minum yang layak. 
  2. Orang tua murid, guru dan masyarakat umum yang secara tidak langsung terlibat dan mendapatkan pemahaman dari kegiatan ini.
Lokasi dan waktu kegiatan Komunitas ruang jingga? 
Lokasi sekolah dasar yang menjadi sasaran dari kegiatan gerakan #1000tumblers4lpg berada di seluruh kabupaten yang ada di provinsi Lampung. Kegiatan gerakan ini kami laksanakan di setiap bulannya dan disesuaikan dengan hasil survey tim komunitas yang telah dilaksanakan sebelumnya. 

Kegiatan - Kegiatan yang telah dilaksanakan Komunitas ruang jingga?
Hingga saat ini gerakan #1000tumblers4lpg sudah dilaksanakan sebanyak 10 kali di beberapa lokasi antara lain: 
  1. 3 kali di Kabupaten Pesawaran (SDN 3 Margodadi Way Lima, SDN 9 Teluk Pandan, MI Islamiyah Pahmungan Kedondong). 
  2. 3 kali di Bandar Lampung (MI Nurul Asyrof, MI Darrul Falah 3, Sekretariat JOB). 
  3. 2 kali di Kabupaten Pringsewu (SDN 1 Sinar Waya Adi Luwih dan SDN 2 Waringin Sari Barat). 
  4. 1 kali di Lampung Selatan (SDN 5 Sumur Pulau Rimau). 
  5. 3 Sekolah di Kabupaten Tulang Bawang Barat (SDN 1, 2 dan 4 Gunung Terang). 
Hingga saat ini Ruang Jingga telah membagikan dari target gerakan 1000 botol untuk Lampung akhirnya tercapai pada kegiatan terakhir di Umbul Asem, Teluk Betung Timur, lalu Pada tiap gelarannya komunitas ini memilih dan menyampaikan materi kepada anak-anak dengan media boneka tangan (Puppet) agar materi lebih mudah dicerna oleh mereka.

Lalu bagaimana Kepengrusan dari Komunitas Ruang Jingga?
Ketua :  Delta Rahwanda
Sekretaris:  Tri Yuliawan
Bendahara: Sumami
Divisi Pengembangan :    Fahma Abdurrahman, Andreas Gozali, Heri Riyato
Divisi Logistik:    Habi Septiawan, Ade Nurindah Sari.  
Divisi Publikasi:  Novi Syefriwanti WN, Nadirsyah                                                 

Siapa Saja yang dapat terlibat pada kegiatan-kegiatan Komunitas Ruang Jingga ? 
Orang yang terlibat di kegiatan disebutnya relawan.. Sebenarnya sama aja dengan anggota, siapapun bisa jadi relawan.

Siapa Saja yang sudah terlibat pada kegiatan-kegiatan Komunitas Ruang Jingga ? 
Relawan sudah sekitar 50an dari berbagai kalangan seperti dosen, dokter, pengusaha, guru, dan lain lain bahkan artis. Salah satu artis yang sudah banyak memberikan masukan buat komunitas adalah Aktor dan Pembawa acara : Robby purba. Beliau sebagai relawan  sangat membantu dalam mempopulerkan ruang jingga di masyarakat dan kalangan artis-Artis nasional. salah satu nya dalam lelang tumbler untuk galang dana ada beberapa artis aktor serta penyanyi meliputi  Judika,  Ariel,  Anang,  Nirina jubir, Sarah Sechan, Rossa dan lainnya. 

Apa saja  yang dapat dilakukan oleh relawan pada kegiatan-kegiatan Komunitas Ruang Jingga ?
Pertama kali kegiatan yang sudah dilaksanakan syarat jadi relawan adalah membawa dua tumbler saat ikut kegiatan, selanjutnya biasanya kita hanya iuran transportasi aja kalo lokasi jauh.
Tetapi untuk sekarang tidak sebatas tumblr, bisa dana atau perlengkapan sekolah atau hal hal yang dapat mendukung tujuan kegiatan-kegiatan komunitas. intinya kegiatan utama kita tumbler tapi komunitas menerima bantuan dalam bentuk apa aja bisa uang cash,  Buku, Media ajar dll. 

Kami masih menerima bantuan dan dukungan untuk suksesnya gelaran selanjutnya.. 

Kontak Komunitas Ruang Jingga   
Sekretariat  :    Jalan Seniman no. 1, Kavling Raya, Pramuka, Rajabasa, Bandar Lampung
HP :    0852-9212-4767 (Delta)
Email :   ruangjinggalpg@gmail.com
Facebook /Instagram  :    Ruang Jingga

Berikut ini Dokumentasi selama kegiatan pada tanggal 11 juni 2017 di sekolah pesisir Umbul Asem, Teluk Betung Timur, Bandar Lampung
Icebreaking, Introduction, Games




 Sesi Inspirasi oleh Dokter Gigi


Puppet Show dan Review (Sesi Inti)

  


Sesi Inspirasi oleh Chef, Penulis, Penterjemah


Pembagian Tumbler/ Botol Minum dan Donasi
  



Foto para Relawan Ruang Jingga sedang Santai 

#ruangjingga #kurangiplastik #tumbler #spesial1000 #kelasinspirasi #mariberbagi #bandarlampung #relawan #ramadhan
thumbnail
Judul: Konservasi Kurang Plastik Bersama Ruang Jingga Lampung : 1000 Tumbler
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Catatanku, Kegiatan, Pendidikan, Sponsor :

0 komentar:

 
Copyright © 2015. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz