Tuesday, July 4, 2017

Perlengkapan Harus Dipersiapkan Mendaki Gunung Bagi Pemula

Hola sobat traveller, backpacker, sobat adventure dan sobat pendaki, Semoga dalam lindungan Allah Maha Esa dan selalu bahagia semangat dalam menikmati alam semesta.  Berikut ini saya akan berbagi pengalaman dalam mempersiapkan perlengkapan saat akan naik gunung. Semua ini dari pengalaman pribadi saya saat saat mempersiapkan seluruh perlengkapan pribadi untuk mendaki gunung.

1. Cerriel / tas gunung : ini sangat penting sekali karena semua barang bawaan harus ada wadah yang mupuni dan cukup, pilihan terhadap carier adalah paling tepat, karena tas ini didesain dan diciptakan untuk para pendaki dengan beban yang sesuai dengan tasnya, carier berbagai ukuran dan berat muatan, dari yang 10 kg hingga sampai 80 kg.

2. Jaket outdoor / jaket gunung : semua orang sudah tau kalau gunung adalah tempat yang berhawa dingin, jadi untuk melindungi diri dari dingin suhu dan suasana alam pegunungan, tubuh harus dibalut dengan jaket yang hangat dan melindungi diri dari kedinginan. Tentunya memilih jaket bukan sembarang jaket, kita semua harus benar-benar yang selektif sesuai dengan fungsi utamanya. Pilihlah jaket khusus ke gunung dengan salalu bahan yang sudah banyak digunakan  diusahakan yang bahan dalemnya polar / sejenisnya biar anget dan benar-benar melindungi tubuh dari kedinginan.

3. Kantong tidur / sleeping bag : Jika kita bermalam di gunung tentu kita inginkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, suhu malam di pegunungan akan bertambah dingin, walaupun terkadang sudah memakai jaket gunung tetapi dingin tetapi semakin menusuk tulang maka dari itu perlengkapan ini sangat penting untuk menghindari kedingian saat tidur. Semakin tebal dan bagus kualitas bahannya tentu akan semakin hangat. Untuk sleeping bag minimal cari yang berbahan dalamnya polar.  Perlengkapan ini  wajib bawa karena ada dipintu masuk regestrasi beneran dicek sama voulenter, contohnya ketika masuk ke gunung Semeru.

4. Sepatu / sandal gunung : nah ini juga kudu harus ada karena untuk melindungi kaki kita, kalau saya pribadi lebih menekankan untuk membawa keduanya, jika perjalanan jauh mending menggunakan sepatu selain lebih nyaman juga lebih aman dari benda-benda kecil yang bisa melukai kaki kita. Jikapun menggunakan sendal gunung, pake kaos kaki aja, karena pengalaman pribadi saat trecking perna terkena duri di mata kaki, karena menggunakan koas kaki jadi durinya tidak begitu langsung kenal kulit.

5. Jaz hujan / Ponco : ini harus ada juga, pengalaman pribadi saat mendaki di salah satu gunung, terjadi hujan badai, alhasil semua barang dan pakaian tetap terjaga karena ditutupi oleh jas ini. Jadi buat para pendaki kudu bawa dan disiapkan.  Selain itu juga pengalaman pribadi karena suhu sangat dingin sekali  padahal saat itu sudah memakan jaket, sleeping bag tetapi masih terasa dingin alhasil dengan memakai jas hujan saat tidur menambah hangat, dan bisa tidur sampai pagi..

6. Pakaian ganti ; yuhuu ini kudu ada juga ya karena kita tidak akan nyaman jika memakai baju itu-itu aja, akan tetapi  bawa secukupnya aja karena kalau terlalu banyak ntar yang ada tas kita penuh sma baju, ribet bawanya. Ada solusi dengan menggunakan atau memepersiapkan pakaian dalam sekali pakai, serta jika ke distinasi wisata terkenal jangan mikirin baju buat pulang karena biasanya pada beli baju buat kenang2an, nah pake itu aja buat pulang biar lebih ringan serta ada wangi baru baru gitu.. ckckckck..

7. Peralatan makan : biasanya dibawa, gelas pribadi, piring pribadi, sendok, pisau pribadi, cukup satu aja, bawa yang bahannya awet dan tahan panas.  

8. Botol minum pribadi : selalu sedia tumbler, kalw bisa yang ukuran agak banyak sekitar 1- 1,5 liter jadi pas untuk minum diperjalanan, atau wadah minum terbaru khusus pendaki yang sekarang sudah didesain unik sehingga ringan dan fleksibel. 

9. Matras : agar tidur dan duduk nyaman alas ini sebagai solusi jitu, sekarang matras ada yang lebih keren dan tidak makan tempat, matras yang bahannya dibuat khusus dan dikencangkan dengan ditiup, lebih embuk, ringan dan praktis.

10. Sarung tangan : ini sangat membantu sekali saat kondisi panas dan dingin, bawa atau persiapakan sarung tangan yang tebal, membawa lebih dari satu itu lebih baik.

11. Masker / buff :  Pada kondisi track tidak selamanya basah atau lembab terkadangan sepanjang jalur terdapat tracknya pasir jadi debunya ooh mantep, jadi dengan menggunakan masker kita tetap aman, selain itu juga menghindari terkena sinar matahari berlebih agar muka tidak porong..hehehehe..

12. Topi Kupluk  dan topi rimba : nah yang ini tentunya topi rimba buat melindungi kepala dari teriknya matahari dan Topi Kupluk  melindungi kepala saat dinginnya temperatur.

13. Headlamp & senter
: ini wajib bawa, kedua-duanya harus ada, bawalah yang berkualitas dan daya baterainya lama, serta kalau bisa yang anti air. Saat gelap gulita inilah penolong kita pertama.

14. Kaos kaki : bawalah  lebih dari 1 pasang,  jangan pelit bawa kaos kaki karena akan membantu banget buat ngurangin dingin waktu tidur,kemudian jika basah / kotor tinggal langsung ganti, keren kan..

15. Obat - obatan pribadi : ini wajib ini  jadi kalo sakit ya bawa obat sendiri, pengenalan diri itu paling utama, so bawa obat luka, perban, plaster, obat sakit kepala, penurun panas, multivitamin, pengurang rasa sakit, obat asma, dan obat pribadi lainnya.

16. Gaiter & trekking poll : sebenarnya ini tinggal nyaman ato tidaknya saja si kalau saya pribadi cukup membantu saat nanjak tempat berpegangan agar tetap kokoh.

17. makanan serba siap saji ; Bawalah makanan yang berenergi tinggi dan praktis, mislanya bawa madu, gula merah, susu, multivitamin,  sereal, biskuit gandum, jadi saat lapar diperjalanan menjadi penyelaman perut pertama. Hindari makanan yang mengandung MSG tinggi karena akan memicu rasa haus berlebih.


Kalo ada yang mau nambahin monggo biar semakin lengkap.. terima kasih.. salam lestari

Berikut video indahnya Ranukumbolo di Semeru 

Load disqus comments

0 komentar