Tuesday, September 12, 2017

Mau Jadi Blogger Handal? yuk kita Intip Mira Sahid

Dalam acara Flash Blogging yang diadakan di hotel Novotel pada hari selasa tepat tanggal 12 September 2017,  Mira Sahid dari Emak-emak blogger memberikan materi kedua yang berjudul  Blog Rekam jejak dan Perjalanan Makna.

Materi sebelumnya di sampaikan oleh Dokter Marina yang berkaitan erat dengan tema pertemuan hari ini yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Dalam Penurunan Prevalensi Stunting
Acara yang masih Dipandu moderator oleh ibu Yunita Syria dari dinas kominfotik provinsi Lampung, berjalan dengan semangat. Sebelum penyampaikan materi dimulai diawali adanya Sambutan pertama dari kepala bidang pengelolaan opini publik  yang diwakilkan oleh  sekertariatnya Ibu Antri Astuti  Natalia, beliau menyampaikan Pentingnya kesehatan bagi masyarakat, kesadaran kemampuan hidup sehat serta resiko stunting khususnya balita. kemudian acara resmi dibuka oleh Bapak Deden Suryahandika  dari  Direktorat Kemitraan Komunikasi pusat Jakarta.

Nah kita lanjut ke materi kedua ya..

Sebelum ke materi, pasti ada yang masih bertanya-tanya Siapa sih Mira Sahid?
Mira Sahid adalah seorang Ibu rumah tangga yang mengeluti dunia blogging sejak tahun 2008,  beliau merupakan pendiri atau bahasa keren Founder  Emak-emak Blogger. Sekarang beliau selain aktif ngeblog juga seorang Instruktur Yoga di Ibukota. Beliau merupakan pecinta traveling dan suka sekali kopi.  Nahh dah cukup dulu ya tentang beliau, jika mau lebih detailnya silahkan di searching di mbah google, pasti banyak, karena merupakan blogger nasional. 

Pada pertemuan di hotel termegah di Lampung ini, beliau menyampaikan materi tentang Blog Rekam jejak dan Perjalanan Makna yang isinya berikut:

Manusia mahkluk sosial? Artinya secara harfiahnya dapat di cek di wikipedia atau di sumber referensi yang lain, yang intinya kita selalu bersosialisasi, hidup bermasyarakat dan berinteraksi dengan yang lain.  Nah sekarang interaksi kita suda masuk ke dunia digital, jadi interaksinya di media teknologi seperti media sosial yang begitu banyak, facebook, blog, WA, twitter, instagram, line, path, dan sebagainya.  Walaupun sudah jadi rahasia umum dengan adanya dunia sosmed “mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” yang gimana itu.. yukk pahami...
Lanjut materi ya...

Ternyata terdapat 132,7 juta pengguna internet indonesia. Waw banyaknya... ya sesuai dengan jumlah penduduk ya, tapi memang dimana-mana sekarang sudah menggunakan internet.

Sejarah Blog Pertama Kali dan Apa Itu Blog?
Lalu selanjutnya apa itu webblog atau blog? Awal blog webnya ditemukan John Barger tahun 1997
Kemudian Justin Hall adalah blogger pertama dan Enda Nasotion adalah bapak blogger indonesia dimana awalnya beliau menulis blog pada tahun  tahun 2001.
Rumus : web + log = Weblog

Jadi pengertian weblog adalah halaman halaman  yang saling terkait dan dapat diakses dari mana saja. Catatan yang tersusun berdasarkan waktu dari masa ke masa, dan tersimpan di internet
Ternyata di Indonesia perna diadakana Pesta blogger yaitu diadakan pada 2007 hingga 2010, tapi sekarang tidak berlanjut lagi.

Mengapa Ngeblog / Why blogging?
Manfaat blog yaitu untuk : menemukan passion, rekam jejak digital, peluang, menambah pengetahuan, membaca, personal branding.
Dalam memblog yang tentu harus persiapan alat dan bahan  

Bagaimana blog yang bagus?
Ramah mata, informatif, spesifik, personal, berguna, unik.

Bangaimana Tips menulis di blog?
Menulis 3M = menulis, menulis, menulis.  selanjutnya perhatikan hal-hal berikut ini : Judul, viral, visual, inner link, positif, dan olahan kata.
Isinya : Intro, details, conslusion

 Kalimat penutup : Bijak bersosmed, berkreasi gerakan nasional literasi digital

Sesi tanya jawab :
Pertanyaan pertama dari Tri Sujarwo : tips untuk menang lomba blog? Jawaban tidak ada aturan baku, tergantung juru? Juru mempunyai sense sendiri, diperhatikan tema, visual di dalamnya. Tidak bertele-tele tapi point dapat. Faktor pendukung infografis dll.  Gaya bahasa tidak terlalu baku, keunikan permainan deksi dan visualnya.

Pertanyaan ke dua dari Razone : Pengalaman yang paling mendalam selama ngeblog, sisi tersulit selama ngeblog.  passion utama mb mira? Jawabanya membuat tulisan tentang MLM, yang mana teman teman blogger paling sulit untuk dimasuki ke dunia MLM. Passion adalah menulis. Menulis terapi jiwa saya selain  yoga.

Pertanya ketiga dari mas A, Pencitraan : hidup di kota untuk pencitraan, bagaimana membangun citra diri kita yang sesungguhnya. Pencitraan yang kita bangun apa? Jawabnya Jadilah diri sendiri kita, dalam ngeblog Saring sebelum sharing. 
Load disqus comments

1 komentar: