Sunday, October 1, 2017

Goa Pandan : Desa GiriMulyo Kecamatan Marga Sekampung, Lampung Timur

Satu lagi keajaiban alam yang kali ini berada di Kabupaten paling timur Lampung, yup, kabupaten Lampung Timur dengan ibu Kotanya Sukadana. Beberapa minggu ini tempat ini menjadi naik atau hit di kalangan para pecinta petualangan dan wisata di Lampung. Apa itu?? 

Yaa... GOA PANDAN 

DIMANA nih letaknya terus gimana sih goanya? Atau Sudah perna dengar kah?
Tepat minggu lalu Genpi Lampung timur bersama jajaran pemda serta bupati Lampung Timur mengadakan kegiatan camping dan jelajah goa ini, saya belum mendapatkan infonya secara detail karena masih terkulai lemas di rumah sakit, tetapi saat sobat petualangku menjengukku di rumah sakit, dia bercerita baru saja menjelajah goa Pandan tersebut. 

Yuk lanjut.. Jika teman-teman pembaca belum tau tentang goa pandan, ini sedikit cerita dari teman yang lagi hoby-hobynya menjelajah Lampung, mas Afriliansyah dan mas Rahmad Ronaldo, mereka bedua dan kadangan rombongan, tidak bosan bosannya menjelajah wilayah lampung, dari tenggara, barat hingga timur Lampung. Tentu sampailah di Goa ini.

Dari informasi mereka berdua, saat menjelajah goa pandan ini berbagai perasaan jadi satu dari "kagum, takjub, hingga ada perasaan serem" 

Mengapa demikian? Cerita mereka karena goa ini cukup besar dan panjang, serta panjangnya sampai sekarang belum ada yang mencapai ujungnya.. Waw.. Perlu penelitian dan ekpedisi khusus ke goa ini.. Ayoo kita jelajah hingga dapat informasi yang sangat manfaat. Nantinya bakal jadi salah satu distinasi wisata unggulan di Lampung Timur. 

Selanjutnya dari cerita Mas Afri "goa ini berdinding batu keras yang khas, bukan pasir atau tanah", menurut pengamatan mereka mungkin goa ini terbentuk adanya campur tangan manusia karena bentuknya yang beda dengan goa goa biasanya, ujar Mas Afri. 

Selanjutnya, Saat masuk goa tersebut mereka menemukan ada beberapa cabang di goa tersebut, setelah masuk sekitar 50 meter kedalam mereka tidak berani memaksakan diri karena pelengkapan yang seadanya. Di dalam goa juga mereka dapat menimati cahaya matahari yang muncul di atas sela-sela goa, seperti di foto.

Rute untuk menuju goa Pandan yaitu 
Ke goa bisa lewat lapangan Sribawono, selanjutnya ke Arahkan ke desa Wana yang berada  Kecamatan Melinting, dari desa Wana ada pertigaan arahkan ke exs desa Mojopahit terus aja nanti ketemu desa Girimulyo Kecamatan Marga Sekampung, nah letaknya di desa ini, goa tersebut tidak jauh dari perkampungan warga, bahkan sepeda motor bisa mencapai bibir goa.


Berikut ini dokumen foto koleksi mas Afri dan mas Rahmad
Sumber foto : Afriliansyah 
Untuk tempat tempat terbaru dijelajah mas afri dapat Lengkapnya bisa visit atau follow Ig berikut. 
Load disqus comments

0 komentar