12/8/17

Mari Kita Bersinergi Membangun Wisata Lampung di El's Creative Hub

Lampung yang memiliki Seribu Distinasi Wisata
Lampung merupakan provinsi dengan selogan “Sai Bumi Ruwai Jurai”  yang terletak paling ujung  timur pulau Sumatera dan paling dekat dengan pulau Jawa memiliki banyak tempat –tempat wisata unggulan dan layak diperhitungkan di dunia.  

Sudah tidak asing lagi objek-objek wisata Lampung  sudah menjadi salah satu distinasi kunjungan wisata bagi para pecinta darmawisata di Indonesia bahkan dunia. Lampung  memiliki tempat wisata unggulan lainnya dari wisata pegunungan hingga lautan, dari wisata budaya hingga wisata sejarah, serta wisata pendidikan / edukasi.  Dimulai paling barat Lampung  terdapat Kebun Raya Liwa yang hari Kamis (7/12/17) lalu baru saja diresmikan oleh pemerintah dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang merupakan kawasan konservasi alam,  Gunung Pesagi (2.262 m) dan gunung Seminung (1.881 m),  danau Ranau, Wisata pantai di Lampung bagian barat cukup banyak dan eksotik tepatnya di Kabupaten Pesisir Barat,  pantai-pantai  yang langsung menghadap samudera Hindia. Selain pantai Tanjung Setia yang sudah terkenal tempat peselancar dunia  terdapat juga pantai lain meliputi : Pantai Labuhan Jukung, pantai Madiri, pantai Jambu, pantai Melasti, pantai Batu Tihang, pantai Tembakak dan Pantai-pantai sekitarnya yang masih alami, selain itu adanya pulau Pisang dengan memiliki hamparan pasir yang sangat indah, ombak yang bergulung indah dan juga dapat menjadi wisata mancing yang menjanjikan bahkan terkadang dapat menyaksikan ikan lumba-lumba berloncatan kala berperahu menuju pulau ini. Untuk wisata budaya di bagian barat  Lampung  banyak sekali dan sangat romendasi yaitu adanya adat Lampung  saibatin, pergelaran pesta topeng sekura, rumah-rumah panggung asli Lampung Barat, dan tradisi adat serta kuliner yang perlu banyak diekflore.  Sedangkan untuk wisata sejarah adanya situs megalitikum Batubrak yang terletak di kecamatan Kebun Tebu Lampung Barat. 

Selanjutnya  di Lampung bagian timur , terdapat Taman Nasional Way Kambas, paling terkenal di disini sebagai kawasan konservasi gajah (Elephas maximus sumatranusTemminck.), selain itu juga konservasi hewan hewan lain yang terancam punah seperti badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis).  Di Lampung Timur juga terdapat situs purbakala yaitu Situs Megalitikum Pugung Raharjo, tempat ini selain menjadi wisata budaya juga menjadi wisata edukasi bagi pelajar. Kemudian di Lampung Bagian selatan terdapat distinasi unggulan lainnya yang meliputi : adanya menara siger di Bakauhuni, makan Pahlawan Raden Intan, adanya gunung Rajabasa,  air terjun Way Kalam, Air Terjun Pangkul Way Tayas dan air terjun lainnya. Masih di Lampung Selatan banyak terdapat pantai-pantai yang indah seperti pantai Guci Batu Kapal, Pantai Canti, Wartawan, Pantai Kahai dan Pulau Mengkudunya serta pantai-pantai Lainnya. tidak kalah indah ketika kita dapat menikmati keindahan laut dengan menyeberang ke pulau Sebuku, Sebesi hingga ke Gunung Krakatau.   Di kawasan Teluk Lampung banyak distinasi wisata yang sudah di kelola meliputi: pantai Pasir Putih, Selaki, Dutawisata, Tirtayasa, Mutun, Sari Ringgung, Dewi Mandapa, Klara dan pantai-pantainya lainnya. Masih di kawasan Teluk Lampung, dapat menikmati wisata laut dan pulau-pulau indah seperti : pulau Kubur, Tangkil, Tegal, Pahawang, Tanjung Putus, Balak dan pulau-pulau lainnya.  selanjutnya ke arah Teluk Kiluan dan Pantai Batu Gigi Hiu (menjadi primadona fotografer) semuanya tersaji untuk mengisi liburan dan berepresing santai.


Produk Lokal yang Perlu Dijaga dan Lestarikan
Lampung terletak di wilayah yang sangat srategis, dengan luas areal dataran sekitar 35.376 km2 termasuk pulau-pulau dan garis pantai  lebih kurang  1.105 km (termasuk beberapa pulau) memiliki sekitar 69 buah pulau serta terletak di 2 teluk dan berbatasan langsung  dengan samudera Hindia sehingga potensi potensi wisata bahari, kemaritiman dan produksi ikan sangat besar sekali, semua jika terkelola dengan baik akan meningkat demi kesejateraan masyarakat Lampung.  Selain itu penting juga menerapkan ekowisata dimana modal utama dari ekowisata adalah kelestarian keindahan alam serta kenyamanan tempat wisata. Salah satu faktor penting penopang kelestarian dan kenyamanan tempat wisata adalah kepedulian masyarakat di sekitar tempat wisata terhadap lingkungan.

Dari segi  kesenian Lampung memiliki alat musik tradisonal Gamolan / Cetik yang berupa gamelan khas yang terbuat dari bambu,  Selanjutnya dari seni pertunjukan khas misalnya pesta topeng sekura,  tarian-tarian yang indah: tari sembah, bedana dll.  Untuk  wisata kuliner menjadi pelengkap jika para wisatawan berkunjung ke Lampung adanya masakan khas seperti : gulai taboh, seruit, pindang ikan, kemplang, dan bermacam rasa keripik pisang, dan  masih banyak lagi yang perlu digali. Namun yang paling terpenting lampung merupakan provinsi yang menghasilkan kopi robusta terbesar di Indonesia. Disini merupakan peluang yang sangat besar dan menjanjikan untuk mendatangkan para pencinta kopi ke Lampung. 
Semakin berkembanganya wisata tentunya sudah pasti akan mendukung meningkatnya ekonomi dan pembangunan masyarakat, semakin munculnya lapangan pekerjaan baru, sehingga akan mengurangi pengangguran. Selanjutnya dalam meningkatkan tersebut semua pihak harus sinergi saling mendukung, sehingga ketika ada suatu hajat besar atau yang berhubungan pariwisata, semua pihak harus berani melibatkan diri sehingga akan menambah sukses kegiatan tersebut.  Peran promosi baik secara langsung dan tidak langsung harus terus digalakan, disamping terus meningkatkan sapta pesona sehingga pariwisata semakin meningkat. Program sapta pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah atau wilayah  Lampung terdiri dari tujuh unsur yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan.

Kopi, Kreativitas dan  El's Creative Hub

Lampung sudah dikenal lama sebagai provinsi penghasil kopi robusta bahkan merupakan provinsi penyumbang devisa negara terbesar dari eksport kopi. Cukup banyak petani di Lampung berprofesi dibidang perkebunan sebagai  petani kopi, ini menjadi salah satu peluang usaha untuk terus memajukan para petani dan  masyarakat Lampung umumnya  dengan terus meningkatkan produk dan kualitas kopi. Dimana selama ini banyak para petani  kopi di Lampung, menghasilkan  kopi kemudian dijual dalam bentuk biji kopi green bean saja. Hal tersebut langsung dijual ke perusahaan besar atau langsung eksport dalam bentuk green bean. Oleh karena itu dengan semakin banyaknya kreativitas para anak muda atau warga Lampung  diharapkan akan menjadi pemicu untuk terus mengembangkan hasil produk kopi di Lampung. Lalu dimanakan kita dapat mengembangkan ide kreative itu? Ya solusinya mari kita bersenergi berpikir serta berkreativitas  

Apa itu El's Creative Hub?
El's Creative Hub yang hari ini baru saja di louncing oleh El's Coffee House, dimana secara langsung dibuka oleh ketua Apindo dan yang sekarang menjabat wakil walikota Bandar Lampung bapak  Yusuf Kohar.


El's Creative Hub sendiri didirikan oleh pengusaha muda yang bernama Elkana  Ari Riswan. Beliau menyampaikan tujuan didirikannya  El's Creative Hub adalah sebagai berikut: “Munculnya Timbul ide ini karena kreativitas, ada kopi ada kreativitas. Mengundang masyarakat luar Lampung untuk datang ke Lampung, lalu di Lampung itu ada apa? Sehingga perlu wadah kreativitas, misalnya dengan menggunaan IT dan Banyak peluang-peluang lainnya.  sehingga tujuan utama dari El's Creative Hub menyediakan tempat / wadah tempat berkreasi dan berkreativitas. Untuk wadah bertemu, tanpa harus menyewa kantor-kantor dan mengeluarkan dana lebih.  Di tempat ini para warga Lampung dapat mengembangkan ide kreativitas dengan adanya pelayan kopi dan lainnya”.

Dari pernyataan owner El's Coffee House  tersebut, dimana kita dapat saling bersenergi memajukan Lampung, disini kita dapat berdiskusi dan bersama-sama membangun wisata Lampung dengan mengopi santai. sekarang sudah banyaknya para wisatawan berkunjung ke Lampung sehingga kita perlu terus berpikir dan berkreativitas bersama. tentunya dengan sudah adanya wadah ini, kita akan semakin cepat untuk maju dan berkesinambungan.

Selanjutan sambutan dari dalam sambutan bapak Yusuf Kohar. Beliau menyampaikan bahwa  “beliau bangga kepada Bapak Alikana yang merupakan pendiri  dan pemilik El's Coffee House, sejak tamat kuliah dari Australia, bapak Elkana jauh berkembang sebagai  CSR yang berkembang pesat dengan mengembangkan potensi  Lampung”.  Selanjutnya bapak Yusup menyampaikan  perlunya warga Lampung saling berintegrasi dan kolaborasi sehingga muncul ide-ide berkembang dan membangun ide ide kreative.  Kemudian yang saling berkolaborasi tersebut Perguruan tinggi  (PT),  pemerintah dan dunia usaha harus jadi satu kesatuan.  Tanpa kreativitas kita akan ketinggalan.  Kreativitas semua bidang harus dikembangan, Nantinya jika bandara di Lampung sudah international maka peluang kerjasama dengan luar negeri akan semakin  terbuka. Kita warga lampung harus semakin menggali kreativitas di lampung sehingga pendatang luar akan banyak untuk datang dan membeli. Pelajaran SMA , prakarya bukan hanya untuk dipajang saja disekolah tetapi harus mampu dijual seihingga mendapatkan diut, membangun jiwa kewirausahaan di sekolah. Menambah lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran.

Di El's Creative Hub disediakan ruangan-ruangan khusus yang sangat menunjang untuk berdiskusi, bertemu, menulis, dan kegiatan-kegiatan lain yang akan membuat ide kreative muncul. di sini juga disediakan fasilitas untuk menyewa harian, mingguan yang lengkap dengan kamar mandi yang bersih. 

Untuk informasi lebih lengkapnya dapat mengunjungi website El's Creative Hub silahkan KLIK  SINI  atau dapat berkunjung langsung ke alamat  El's Coffee House di jalan mayor Batu Bara no 134 A, Kupang Teba Teluk Betung Utara. Lampung 35221

Berikut ini foto-foto bagaimana di El's Creative Hub
Suasana di El's Coffee Housesumber foto : Rasuane Noor

santai menulis di El's Coffee House
sumber foto : Rasuane Noor


di El's Coffee House dapat merasakan kopi asli Indonesia
sumber foto : Rasuane Noor
produk yang ada di gerai cafe el's coffee
sumber foto : Rasuane Noor

Produk  Kopi luwak yang ada di gerai cafe els coffee
sumber foto : Rasuane Noor

produk yang ada di gerai cafe els coffee
sumber foto : Rasuane Noor



produk yang ada di gerai cafe els coffee
sumber foto : Rasuane Noor

produk yang ada di gerai cafe el's coffee
sumber foto : Rasuane Noor

suasana santai di El's Creative Hub
sumber foto : Rasuane Noor

 salah satu ruang di  El's creative hub
sumber foto : Rasuane Noor

terdapat ruangan yang luas untuk banyak orang di di  El's creative hub
sumber foto : Rasuane Noor
kondisi di salah satu sudut ruangan di  El's creative hub
sumber foto : Rasuane Noor
suasana lagi sibuk dengan aktivitas para penulis di salah satu 
ruangan di  El's creative hub
sumber foto : Rasuane Noor
terdapat ruangan yang lesehan di  El's creative hub
sumber foto : Rasuane Noor
kondisi kamar mandi yang bersih dan nyaman di  El's creative hub
sumber foto : Rasuane Noor

Load disqus comments

0 komentar