7/22/18

Disini Pusat Oleh Oleh Terlengkap di Lampung, Banana Foster

"Lampung" merupakan salah satu propinsi yang terletak paling ujung di pulau Sumatera, yang paling dekat dengan pulau jawa. sehingga akses ke pulau paling padat tersebut sangat mudah. Lampung memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat khas menjadi pewarna bhenika tunggal ika. Lampung dengan slogan "treasure of sumatera" memiliki icon yang khas diantaranya Gajah Lampung yang sudah terkenal sejak lama terdapat pusat konservasinya di Taman Nasional Way Kambas,  selanjutnya adanya kain Tapis yang merupakan salah satunya kain Nusantara dengan rajutan benang emas dan motif khas Lampung, Siger yang merupakan mahkota pengantin khas Lampung, selanjutnya dari segi kuliner adanya makanan seruit, selain seruit, Lampung juga terkenal dengan kopi dan keripik pisangnya. keripik pisang sudah menjadi jajan oleh oleh khas dari Lampung, banyak para pelancong bahkan warga di luar Lampung membeli oleh-oleh ini. Nah ternyata dengan berkembangnya dunia kuliner Lampung ditambah lagi dengan maraknya selibritis yang terjun ke dunia kuliner menjadi daya tarik sendiri, salah satunya yang sudah hadir sejak tahun lalu yaitu Banana Foster Lampung.

Banana foster adalah merupakan makanan khas seperti kue bolu yang berbahan dasar pisang, sebagian besar masyarakat menyebutnya bolu pisang akan tetapi dalam bentuk dan tampilannya memiliki ciri tersendiri. Banana Foster Lampung adalah salah satu makanan bolu yang berbahan dasar pisang yang berada di Lampung dan menjadi oleh-oleh khas Lampung, kue ini terdiri darai beberapa varian rasa yaitu : keju, coklat, pandan, kacang, karamel, pisang original.  Pencetus /owner banana foster ini adalah seorang aktor tampan yang sudah terkenal di Indonesia yaitu Hengky Kurniawan, beliau sejak setahun lalu merintis bisnis kuliner ini hingga sekarang sudah memiliki 4 outlet yaitu di jalan woltermangunsidi teluk betung, di kota Metro di jalan jendaral Sudirman / samping Inul Fiesta, MBK (Mall Bumi Kedato) dan Bandara Radin Inten II. 

Wajah baru di Outlet Banana Foster Lampung : "Pusat Oleh-oleh Lampung
Hari saya bersama istri datang dari Kota Metro ke outlet Banana Foster Lampung di Jalan Wolter Mangunsidi Teluk Betung untuk menghadiri acara meet anda greet Banana Foster Lampung. saya datang untuk memenuhi undangan sebagai anggota Tapis Blogger Lampung. Pada acara tersebut saya dan istri menjadi tamu undangan datang paling awal, dimana suasana masih sepi, hanya ramai akan para costumer banana foster saja, selanjutnya saya dan istri langsung duduk di tempat yang sudah disediakan panitia, Kemundian saya mengamati suasana outlet ini. Dimana terdapat wajah baru didalam outlet ini, saya diberikan suasana yang berbeda, yang mana beberapa bulan silam saya berkunjung ke outlet ini belum selengkap sekarang, sedangkan sekarang sudah seperti minimarket/swalayan dimana banyak sekali terpajang berbagai makanan/ jajanan bervariasi dari macam-macam kripik, kue dan cemilan-cemilan yang lain. ternyata banana foster makin melebarkan sayapnya, yang dulu terfokus pada kue banana foster sekarang sudah makin maju menjadi pusat jajanan oleh-oleh khas Lampung, Luar Biasa... 

Serunya Meet and Greet di Banana Foster Jumpa Hengky Kurniawan 
Setelah cukup lama para tamu undanganpun sudah berdatangan, setelah kami berdua tibalah sekelompok gadis-gadis cantik dengan selempang khasnya tepat di belakang kami duduk, lalu saya sapa mereka dan ternyata mereka adalah para pemenang dan finalis putri Hijab Bandar lampung. Selang beberapa menit teman-teman dari tapis blogger juga sudah berdatangan dan duduk di bagaian belakang. Setelah sapa menyapa ternyata acara ini selain para blogger dan para putri Hijab juga dihadiri oleh para selebgram Lampung. waw senang ya bareng gadis-gadis cantik.. hehhehe.. 
Selanjutnya setelah 1 jam menunggu acarapun dimulai, acara langsung disapa oleh owner banana foster lampung, Hengky Kurniawan,. dipandu pembawa acara dan doa selanjutnya diacara ini Hengky menyampaikan bahwa dia minta maaf atas keterlambatan hadir pada acara ini karena baru saja menghadiri kegiatan dengan UMKM. selanjutnya beliau menyampaikan bahwa disini ada wajah baru di outlet banana foster karena pihak mereka ingin mengembangkan banana foster menjadi pusat oleh-oleh di Lampung. selanjutnya beliau menyampaikan untuk mengajak para UMKM untuk memasarkan atau menjual produknya di outlet banana foster. sehingga unik kegiatan masyarakat menengah kebawa dapat makin berkembang.   waw keren sekali nihh.. masyarakat jika ada produk khas Lampung bisa dijualan disini.. selanjutnya menghubung pihak manajemen banana foster Lampung.

Setelah panjang lebar yang disampaikan oleh owner banana foster Lampung tibanya waktu diskusi/ tanya jawab, berikut ini pertanyaan yang saya tampung dengan jawaban dari pihak banana foster Lampung.  
Pertanyaan 1: 

dari Yoga (anggota tapis Blogger Lampung): Dengan literasi produk dari tingkat desa dapat  dititipkan di banana poster?

Jawab : Bulan april sudah posting di instagram banana foster Lampung, jika ada produk dari UMKM / masyarakat dapat di jual di outlet banana poster dengan menghubung pak Satria / Manajemen banana foster Lampung.
Produk yang dijual di banana foster Lampung tersebut ada standar yang dapat dijual di banana poster sehingga dapat menghubungi langsung manajemen. dimana tujuan dari banana foster Lampung  adalah pusat oleh oleh terlengkap di Lampung.

P2rtanya 2 : dari Yadinsyah (anggota tapis Blogger Lampung)

Standarisasi produk, produk apa saja yang di jual di banana poster, Ada masukan ada perpustakaan kecil.

Jawaban : 

Selain makanan bisa juga sovenier dan juga bisa juga bumbu juga. Masukan untuk literasi akan didiskusikan  para owner.

Produk untuk layak dijual atau tidak atau ada perbaikan maka akan ada diskusi dengan manejer dan pihak UMKM.

Pertanyaan ke 3:  Wakil dari dinas Pariwisara Bandar lampung

Apa visi dan misi untuk objek wisata di Lampung, dengan harapan para wisatawan semakin bertambah kunjungan ke Lampung?.

Jawaban; dari awal tujuan banana foster selain tujuan jualan  tetapi juga berkontribusi langsung untuk lampung.  Misalnya adanya biasiswa dan Hengky juga berkunjung ke distinasi wisata di Lampung share/berbagi di instagram sehingga followernya tau kalau Lampung memiliki wisata yang bagus seperti kemaren ke Gunung Krakatau. Rencana ke depan manejemen bekerjasama dengan tempat wisata dimana ada bonus untuk tiket wisata di tempat wisata.

Pertanyaan ke 4 : dari Putri hijab Lampung 

Apakah ada rencana Banana poster untuk membuka outlet di daerahnya ?

Jawaban : Sekarang baru 4 outlet, di Woltermangunsidi, di kota Metro, MBK dan Bandara Radin Inten.  Rencana akan dipelajari atau survei tempat yang berpotensi maka insyaalah akan membuka disana. dan sebagai peluang untuk bekerjasama dengan owner dan dapat hubungi pak Edi.

Setelah sesi tanya jawab dilanjutkan dengan sesi foto Bersama, kemudian acara ditutup kamipun pulang dengan membawa banana foster tentunya.. waw seru ya acaranya.. 

Yukk bagi para warga masyarakat yang memiliki produk UMKM dapat dijual di outlet banana foster selanjutny bagai para pelancong atau masyarakat mencari oleh-oleh lengkap solusinya adalah di  banana foster Lampung. 


Foto bersama kami Tapis blogger di banana foster Lampung 
Load disqus comments

0 komentar