12/10/18

Desa Cugung dan Curup Citiis, Pelengkap Buka dan Sahur Bareng Backpacker Lampung


Tahun ini kita kembali mengadakan acara buka puasa bersama dan sahur bareng di Desa Cugung, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Acara yang tahun lalu kita mengadakan acara yang sama dengan menginap di rumah mas Zaqi Hidayat. Tiga tahun berturut kita berkunjung kesini. Sebagai host, mas Zaqi selalu siap sedia ketika  kami untuk menginap dan menjelajah tempat wisata yang ada di daerahnya. Bahkan dia dengan terbuka untuk teman teman yang ingin berkunjung ke tempatnya. Tahun lalu kita selain menjelajah alam di desa Cugung kita juga berpetualang ke Pulau Sekepel, artikelnya dapat disimak yang berjudul : PULAU SEKEPEL KEINDAHANMU TIDAK SEKEPEL

Pada kegiatan ini kita adakan buka puasa bersama di rumah sang host mas Zaqi, menjelang berbuka puasa kita habiskan menikmati pantai dan setelah itu kita langsung ke rumah sang host berbuka puasa bersama dan makan malam bersama selanjutnya kita bercengkrama bersama hingga sahur bareng. Selanjutnya paginya kita habiskan menjelajah alam desa Cugung. 
suasana buka bersama di rumah mas Zagi di desa Cugung Rajabasa
Pada kesempatan ini kita yang terdiri 8 orang dari group Backpackers Indonesia Chapter Lampung, sudah merencanakan dari jauh hari untuk mengadakan buka puasa dan sahur bareng sekaligus trip. Namun yang akhirnya hanya bisa ikut 8 orang plus teman dari couchsurfing warga negara Spayol yaitu Marco. Walau hanya sebagian kecil member BPI Lampung yang hanya bisa bergabung tetapi tidak mengurangi semangat untuk bersama. Keelokan dan keramahan warga Desa Cugung menjadi pelengkap acara ini.

Desa Cugung desa yang dengan penduduknya mayoritas suku Sunda, terletak di Kecamatan Rajabasa, yang tepatnya pas di kaki gunung Rajabasa Lampung Selatan. Desa ini sungguh mempesona diberi kesuburan dan keindahan alam yang damai. Sepengamatan saya, desa Cugung merupakan desa yang cukup modern yang letaknya sekitar 500 meter dari jalan raya pesisir rajabasa Lampung Selatan. Desa ini pada saat musim musim tertentu diselimuti hawa sejuk, namun kadang berhawa sedang. Desa ini selain banyak persawahan juga banyak perkebunan, kebun buah-buahan yang campur meliputi kopi, cengkeh, durian, bahkan buah tahunan lainnya.
Persawahan yang bertingkat di desa Cugung begitu mempesona
Desa ini diapet 2 area persawahan. Jika kita arah atas maka akan disajikan pemandangan persawahan bertingkat dari pinggir hutan hingga ke perkampungan, jika kita ke arah bawah desa maka disajikan persawahan bertingkat hingga ke area perkebunan. Di Desa ini disajikan pemandangan persawahan teras siring yang indah di desa ini kita dapat menikati keindahan pemandanga  laut dari atas yang tampak pulau mengkudu, pulau sebuku, pulau sebesi dan gunung krakatau. Selain itu di Desa Cugung terdapat 2 air terjun dan sungai yang airnya begitu jernih. 2 air terjun tersebut adalah air terjun Sarmun /cijuet dan air terjun Citeis.  Kedua air terjun ini mungkin sudah banyak dikunjungi oleh para backpackers Lampung.

Pada kesempatan ini kami menghabiskan waktu trip sambil ngabuburit puasa ke air terjun Citeis. Untuk mencapai air terjun Citeis tentunya melewati desa Cugung ini. Sambil menikmati pemandangan sawah, sungai dan hutan primer kita berjalan tracking santai untuk mencapai air terjun ini. Kurang lebih 30 menit dengan jalan kaki santai kita dapat menikmati indanya air yang jatuh dengan bebatuan yang penuh lumut hijau. Begitu alami dan sejuk.
Air terjun ini tinggi sekitar 10-20 meter dengan khas airnya jatuh terpercik diantara bebatuan. Airnya yang jernih dan berdinding penuh lumut hijau. Selama di air terjun kami habiskan dengan mandi dan berendam hingga puas, foto foto dan selfie menjadi pelengkap dalam perjalanan trip. Menjelang siang kamipun turun kembali ke desa Cugung untuk istirahat siang.

RUTE UNTUK MENCAPAI CURUP CiTIIS ATAU CURUP SARMUN 
Jika anda ingin berkunjung ke air terjun sarmun atau air terjun citeis. Tentunya dengan rute dari pasar  kota Kalianda terus menuju ke Kecamatan Rajabasa Pesisir terus ikuti jalan raya pesisir tersebut yang akan melewati banyak objek wisata pantai lainnya: dermaja  dan pantai canti, pantai banding, pantai wartawan terus hingga di kawasan Kahai Resort. Di daerah ini ambil jalan menuju ke atas hingga tiba di Desa Cugung.

Oke teman pembaca sekalian selamat berpetualang ke Desa Cugung dan alamnya yang terkenal dengan curup Citeis dan curup Cijuet.
Berikut ini video kami selama di curup citiis:

Berikut inifoto foto kita selama dalam acara ini


 

 


Load disqus comments

0 komentar