Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

3/9/19

Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata

Bumi Perkemahan sering disingkat oleh anak muda dengan kata BUPER. Dari kata Bumi Perkemahan tentunya kita sudah mengerti bahwa itu adalah tempat yang biasa digunakan untuk berkemah atau camping. Bumi perkemahan paling banyak digunakan oleh kepanduan / kepramukaan. Di Kota Metro memiliki tempat Bumi Perkemahan yang disebut Bumi Perkemahan Sumbersari. Bumi Perkemahan ini berlokasi di Kelurahan Sumbersari, Bantul, Kecamatan Metro Selatan. Letak bumi perkemahan ini sangat strategis yaitu letaknya di daerah persawahan yang bertingkat/teras sering serta di tepi sungai Sekampung. Selain itu bumi perkemahan ini berdekatan dengan Jembatan Gantung Pelita yang menjadi Hit karena salah satu tempat Instagramamble anak-anak kekinian di Lampung. 


Bumi Perkemahan Sumbersari Metro ini sudah dibangun sejak puluhan tahun silam tetapi belakangan ini baru dikembangkan lagi menjadi lebih baik. Sedangkan dilihat dari Fasilitas di Bumi Perkemahan ini telah ada 13 kandang satwa, di sini juga terbilang sudah lengkap. Air bersih ada, termasuk WC dan Mushola. Juga telah ada enam gazebo. Namun ada yang masih kurang, seperti lampu penerangan jalan umum (LPJU). Yang mampu menarik minat pengunjung dalam jangka panjangnya, dan masih perlu peningkatan wahana-wahana lain yang lebih menarik. Yang akan mampu meningkatkan PAD melalui sewa gedung dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. 

Pengembangan wilayah ini sangat penting sekali untuk dimanfaatkan oleh khalayak ramai dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat, juga tidak kalah pentingnya untuk penjagaan kelestarian lingkungan. Maka dari itu pengembangan Bumi Perkemahan Sumbersari Metro ini sebagai tempat wisata perlu mengedepankan ke arah ekowisata. 

Dilihat dari konsep sapta pesona, potensi ekowisata bumi perkemahan (buper) Sumbersari, Bantul Kecamatan Metro Selatan, memenuhi konsep dunia pariwisata Indonesia dengan mengedepankan konsep pariwisata yaitu sapta pesona yang terdiri dari kemanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan. 

1. Keamanan 
Tempat wisata Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata sangat aman karena ada penjaga tempat itu, dan masyarakatnya juga sangat membantu keamanan tempat dan wilayah sekitar. Serta dekat dengat Polsek setempat diwilayah itu. Maka dari itu tempat wisata ini akan sangat cocok untuk berlibur karena wisatawan akan merasa aman disana. Tindak kejahatan, kekerasan, ancaman, seperti kecopetan, pemerasan, penodongan, penipuan dapat diminimalisir disini. Kecelakaan yang disebabkan oleh alat perlengkapan dan fasilitas yang kurang baik, juga tidak akan terjadi karena fasilitasnya dalam keadaan baik. Gangguan oleh masyarakat, antara lain berupa pemaksaan oleh pedagang asongan tangan jail, ucapan dan tindakan serta perilaku yang tidak bersahabat tidak akan pernah tejadi karena masyarakat sekitar sanagat mendukung kemajuan pembangunan tempat ini. 

2. Ketertiban 
Kondisi tempat Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata sangat didambakan oleh wisatawan karena tempat ini sangat tertib, Lalu lintas tertib, teratur dan lancar, alat angkutan datang dan berangkat tepat pada waktunya. Tidak nampak orang yang berdesakan atau berebutan untuk mendapatkan atau membeli sesuatu yang diperlukan. Bangunan dan lingkungan ditata teratur dan rapi. Pelayanan dilakukan secara baik dan tepat. Informasi yang benar dan tidak membingungkan. 

3. Kebersihan 
Kebersihan di Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata sudah cukup baik karena ada petugas yang membersihkan lingkungan ditempat ini, namun secara continue harus lebih ditingkatkan kembali. 

4. Kesejukan 
Lingkungan ditempat wisata Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata serba hijau, segar, rapi memberi suasana atau keadaan sejuk, nyaman dan tenteram. Kesejukan yang dikehendaki tidak saja harus berada di luar ruangan atau bangunan, akan tetapi juga di dalam ruangan, misalnya ruangan kerja/belajar, ruangan makan, ruangan tidur dan lain sebagainya. 

a. Tempat Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata turut serta aktif memelihara kelestarian lingkungan dan hasil penghijauan yang telah dilakukan masyarakat maupun pemerintah 

b. Berperan secara aktif di Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata untuk menganjurkan dan memelopori agar masyarakat setempat melaksanakan kegiatan penghijauan dan memelihara kebersihan, menanam berbagai tanaman di halaman rumah masing-masing baik untuk hiasan maupun tanaman yang bermanfaat bagi rumah tangga, melakukan penanaman pohon/tanaman rindang di sepanjang jalan dan lain sebagainya 

c. Membentuk perkumpulan yang tujuannya memelihara kelestarian lingkungan di Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata. 

d. Memprakarsai berbagai kegiatan dan upaya lain yang dapat membuat lingkungan hidup kita menjadi sejuk, bersih, segar dan nyaman di Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata. 

5. Keindahan 
Tempat wisata Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata terbilang sudah indah karena letaknya sangat dekat dengan sungai, persawahan, sawah betingkat dikota Metro, dan juga terdapat jembatan gantung yang cantik nan eksotis untuk dikunjungi. Keadaan atau suasana yang menampilkan lingkungan yang menarik dan sedap dipandang disebut indah. Indah dapat dilihat dari berbagai segi, seperti dari segi tata warna, tata letak, tata ruang bentuk ataupun gaya dan gerak yang serasi dan selaras, sehingga memberi kesan yang enak dan cantik untuk dilihat. Semua itu bias kita temukan di tempat wisata yang masih dalam tahap pembangunan ini yaitu bumi perkemahan. 

6. Keramahan 
Ramah tamah merupakan suatu sikap dan perilaku seseorang yang menunjukkan keakraban, sopan, suka membantu, suka tersenyum dan menarik hati. Ramah tamah tidaklah berarti bahwa kita harus kehilangan kepribadian kita ataupun tidak tegas dalam menentukan sesuatu keputusan atau sikat. Ramah, merupakan watak dan budaya bangsa Indonesia pada umumnya, yang selalu menghormati tamunya dan dapat menjadi tuan rumah yang baik. Sikap ramah tamah ini merupakan satu daya tarik bagi wisatawan, oleh karena itu harus kita pelihara terus. Dari segi keramahan tempat ini sangat ramah karena adat istiadat dan kebiasaan masyarakat disini sangat menjunjung tinggi keramahan dan sopan santun. Bukan hanya tempat wisatanya yang ramah karena akan disambut serta disuguhkan dengan keindahan yang eksotis namun masyarakatnya juga akan membantu hal itu, agar wisatawan yang dating akan merasakan hal yang nyaman dan suatu saat akan memperbanyak wisatawan yang datang baik yang sudah pernah datang maupun yang belum sama sekali. 

7. Kenangan 
Kenangan adalah kesan yang melekat dengan kuat pada ingatan dan perasaan seseorang yang disebabkan oleh pengalaman yang diperolehnya. Kenangan dapat berupa yang indah dan menyenangkan, akan tetapi dapat pula yang tidak menyenangkan. Kenangan yang ingin diwujudkan dalam ingatan dan perasaan wisatawan dari pengalaman berpariwisata di Indonesia, dengan sendirinya adalah yang indah dan menyenangkan. Kenangan yang indah ini dapat pula diciptakan dengan antara lain : tempat ini memberikan suasana yang nyaman, bersih dan sehat, pelayanan yang cepat, tepat dan ramah, masyarakatnya yang sangat ramah, tempatnya yang sangat indah serta keunikan tersendiri dari keindahan yang disuguhkan oleh tempat wisata bumi perkemahan bantul ini. 


Bagi kawan-kawan yang belum pernah berkunjung ketempat wisata Bumi Perkemahan (Buper) Sumbersari, Kota Metro Ditinjau Dari Potensi Ekowisata ayo ramai-ramai kita berkunjung, dijamin tidak akan menyesal karena keindahannya yang sangat eksotis. 

Kontributor / Penulis : I Nyoman Sukaredana 
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi 
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Metro

No comments: