Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

4/21/19

Potensi berdasarkan Sapta Pesona Danau Tirta Gangga

Potensi wisata dalam Sapta Pesona Danau Tirta Gangga

Danau Tirta Gangga terletak / berlokasi : Desa Swastika Buana (Sb 13) Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah. 

Danau Tirta Gangga adalah salah satu objek wisata danau yang berada di Kec. Seputih Banyak, Kab. Lampung Tengah. Hari libur maupun akhir pekan, danau ini ramai dikunjungi warga setempat untuk menikmati panorama alam danau, dan sebagai sarana hiburan. Danau yang sangat cocok untuk digunakan sebagai lokasi piknik bersama teman ataupun untuk menghabiskan sore hari sambil memancing. Alam kehijauan yang ada di sekitar danau membuat mata kembali segar dan merasakan kesegaran udara yang masih tergolong asli. berikut ini pandangan saya akan Potensi berdasarkan Sapta Pesona Danau Tirta Gangga yaitu:

1) Indah 
Danau Tirta Gangga memiliki panorama yang menakjubkan. Air danau yang nampak hijau berpadu dengan rerumputan dan pepohonan hijau yang mengelilingi danau. Di tengah danau Tirta Gangga terdapat sebuah Pura dan Patung Hanoman. Yang tidak boleh dilewatkan adalah sunset sore di danau ini. Langit jingga diatas danau akan nampak sangat eksotis. 

2) Keamanan 
Tempat wisata Danau Tirta Gangga tidak dijaga khusus atau masuk kedalam area ini gratis tidak ada penjaga, tetapi di hari tertentu ada penjaga dan ada tarif untuk masuk kedalam area danau Tirta Gangga, hari tertentu itu biasanya saat Tahun Baru dan Galungan (Hari Raya Umat Hindu). Dalam berkunjung ke danau tersebut kita harus menjaga barang bawaan yang kita bawa karena di area danau ini tidak ada penjaga, sering terjadi kejadian kriminial di area danau Tirta Gangga. Oleh karena itu, para pengunjung harus waspada dalam berkunjung ke area danau Tirta Gangga. 
Pura yang ada di Tepi Danau Tirta Gangga
3) Tertib 
Pada danau Tirta Gangga terdapat pura yang terletak di tengah danau. Pengunjung tidak bisa sembarangan memasuki area pura sebab merupakan tempat ibadah. Di sekitar dekat pura sudah terdapat himpauan untuk para pengunjung di larang memasuki area pura. 

4) Ramah 
Danau Tirta Gangga dekat dengan permukiman warga. Pengunjung yang berkunjung ke danau tersebut akan menerima keramahan dari warga setempat, misalnya kebingungan saat ingin memasuki area danau Tirta Gangga warga setempat akan menunjukan jalan. Ada beberapa pengunjung yang datang dari luar kabupaten meraka ingin mengetahui tentang asal-usul dari danau Tirta Gangga mereka akan bertanya kepada warga setempat dan mereka akan bertemu dengan salah satu warga yang mengenal asal-usul dari danau Tirta Gangga. 

5) Kenangan 
Pada waktu tertentu di tempat ini sering diadakan upacara ritual dan tarian dengan tata cara adat istiadat tradisional Bali. Di lokasi Objek wisata Danau Tirta Gangga terdapat sebuah patung Bima yang sedang bertarung dengan Naga Nemburnawa, seperti kisah pewayangan dalam lakon Dewa Ruci. Dikisahkan sang Bima diperintahkan oleh Guru Dorna untuk mencari Tirta Prawita Adi. Diakhiri kisah, setelah mengalahkan sang naga, Bima malah bertemu dengan Dewa Ruci dan mengetahui bahwa Tirta Prawita Adi sebenarnya tidak ada dan perintah Dorna tersebut hanya merupakan siasat licik untuk menyingkirkan Bima. Diakhiri kisah, setelah mengalahkan sang naga 

6) Bersih 
Di danau Tirta Gangga ini pengunjung kurang menjaga kebersihan disekitar danau, masih banyak sampah yang dibuang sembarangan dan di dalam danau sendiri sering terlihat banyak genangan sampah-sampah terapung. Tetapi hanya di pojok-pojok danau tertentu yang terdapat banyak genangan sampah. 

7) Sejuk 
Alam kehijauan yang ada di sekitar membuat kesegarab udara yang masih tergolong asli. Hamparan air yang luas dan rindangnya pepohonan di sekeliling menambah kesejukan danau Tirta Gangga.
Bagian tepi disalah satu sudut danau Tirta gangga
Kontributor / Penulis : Ni Kadek Dewi Novianti
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi 
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 

Universitas Muhammadiyah Metro

No comments: