Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

7/15/19

Peninjauan Taman Merdeka Kota Metro Sebagai Ekowisata


Taman Merdeka Kota Metro terletak di jantung Kota Jl. AH Nasution, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro. Lampung. Dalam Pengamatan Peninjauan Taman Merdeka Kota Metro ini, yang ingin diketahui adalah pengelolaan ekowisata yang ada di Kota Metro. Terdapat kriteria dalam pengelolaannya yaitu Infrastruktur, Ekonomi, Kebijakan Pemerintah, Pendidikan dan Manajemen. Sehingga pada akhirnya mampu menjadi rujukan untuk perkembangan potensi ekowisata di kota Metro. 

Ekowisata merupakan salah satu kegiatan parawisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konversi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. 

Metro adalah sebuah kota kecil dan nyaman, yang menjadi bagian dari provinsi Lampung. Luas wilayah kota Metro yaitu sekitar 68 km2. Metro tertata dengan cukup rapi. Di kota Metro terdapat beberapa taman dan ada satu taman letaknya di jantung kota. Namanya yaitu Taman Merdeka. Taman tersebut dikelilingi oleh Jalan utama, yaitu jalan AH Nasution di sebelah utara, Jalan Ahmad Yani di sebelah timur dan Jalan Z.A. Pagaralam di sebelah selatan. 

Taman Merdeka bagi masyarakat Metro dan sekitarnya, bukanlah suatu hal yang asing. Taman Merdeka merupakan salah satu tempat wisata andalan warga. Ada banyak pohon besar di taman, membuat taman ini berfungsi layaknya paru-paru kota. Begitu juga banyaknya tanaman hias yang terdapat di dalamnya. Taman ini juga dihiasi oleh tugu dan prasasti yang merupakan ikon dari kota metro. Tugu tersebut dinamakan tugu meter yang berarti pusat. Selain itu taman ini juga dihiasi oleh spot-spot foto yang menarik dan bangku- bangku taman untuk istirahat. Taman ini disertai dengan tempat parkir motor dan mobil yang dipastikan terdapat penjaga-penjaga kendaraan tersebut yang akan menjaga dengan baik. Selain itu biasanya terdapat satpol PP yang menjaga di sekitaran post taman tersebut sehingga untuk berekriasi di taman ini sangatlah aman dan tertib. Di dalam taman tersebut juga terdapat toilet yang selalu dijaga kebersihan oleh petugasnya. Taman ini juga dekat dengan pusat perbelanjaan dan kuliner. Sehingga memungkinkan wisatawan yang akan berkunjung ke taman ini dapat juga berwisata belanja dan berwisata kuliner. Untuk hal kebersihannya pun sangat terjaga karena di taman ini selain ada petugas kebersihan disediakan juga tempat-tempat pembuangan sampah dari berbagai jenis-jenis sampah. Berikut ini adalah tujuh sapta pesona berwisata yaitu: 

1. Aman 
Wisatawan akan senang berkunjung ke suatu tempat apabila merasa aman, tentram, tidak takut, terlindungi dan bebas dari : Tindak kejahatan, kekerasan, ancaman, seperti kecopetan, pemerasan, penodongan, penipuan dan lain sebagainya. Daerah tujuan wisata dengan lingkungan yang membuat nyaman wisatawan dalam melakuakan kunjungan, dan menolong,melindungi, menjaga, memelihara memberi dan meminimalkan resiko buruk bagi wisatan yang berkunjung. Jadi, aman berarti tejamin keselamatan jiwa dan fisik, termasuk milik (barang) wisatawan. 

2. Tertib 
Definitas yang mencerminkan sikap tertib disiplin teratur dan propesional, sehingga memberi kenyamanan kunjungan wisata. Kondisi yang tertib merupakan sesuatu yang sangat didambakan oleh setiap orang termasuk wisatawan. Kondisi tersebut tercermin dari suasana yang teratur, rapi dan lancar serta menunjukkan disiplin yang tinggi dalam semua segi kehidupan masyarakat, misalnya : Lalu lintas tertib, teratur dan lancar. 

3. Bersih 
Bersih merupakan suatu keadaan/kondisi lingkungan yang menampilkan suasana bebas dari kotoran, sampah, limbah, penyakit dan pencemaran. Wisatawan akan merasa betah dan nyaman bila berada di tempat-tempat yang bersih dan sehat seperti Lingkungan yang bersih baik di rumah sendiri maupun di tempat-tempat umum. 

4. Sejuk 
Lingkungan yang serba hijau, segar, rapi memberi suasana atau keadaan sejuk, nyaman dan tenteram. Kesejukan yang dikehendaki tidak saja harus berada di luar ruangan atau bangunan, akan tetapi juga di dalam ruangan, misalnya ruangan kerja/belajar, ruangan makan, ruangan tidur dan lain sebagainya. Untuk itu hendaklah kita semua : 

Turut serta aktif memelihara kelestarian lingkungan dan hasil penghijaun yang telah dilakukan masyarakat maupun pemerintah Berperan secara aktif untuk menganjurkan dan memelopori agar masyarakat setempat melaksanakan kegiatan penghijauan dan memelihara kebersihan, menanam berbagai tanaman di halaman rumah masing-masing baik untuk hiasan maupun tanaman yang bermanfaat bagi rumah tangga, melakukan penanaman poho/tanaman rindang di sepanjang jalan di lingkungan masing-masing di halaman sekolah dan lain sebagainya Membentuk perkumpulan yang tujuannya memelihara kelestarian lingkungan. 

5. Indah 
Keadaan atau suasana yang menampilkan lingkungan yang menarik dan sedap dipandang disebut indah. Indah dapat dilihat dari berbagai segi, seperti dari segi tata warna, tata letak, tata ruang bentuk ataupun gaya dan gerak yang serasi dan selaras, sehingga memberi kesan yang enak dan cantik untuk dilihat. Indah yang selalu sejalan dengan bersih dan tertib serta tidak terpisahkan dari lingkungan hidup baik berupa ciptaan Tuhan Yang Maha Esa maupun hasil karya manusia. Karena itu kita wajib memelihara lingkungan hidup agar lestari dan dapat dinikmati oleh umat manusia. 

6. Ramah Tamah 
Ramah tamah merupakan suatu sikap dan perilaku seseorang yang menunjukkan keakraban, sopan, suka membantu, suka tersenyum dan menarik hati. Ramah tamah tidaklah berarti bahwa kita harus kehilangan kepribadian kita ataupun tidak tegas dalam menentukan sesuatu keputusan atau sikat. Ramah, merupakan watak dan budaya bangsa Indonesia pada umumnya, yang selalu menghormati tamunya dan dapat menjadi tuan rumah yang baik. Sikap ramah tamah ini merupakan satu daya tarik bagi wisatawan, oleh karena itu harus kita pelihara terus. 

7. Kenangan 
Kenangan adalah kesan yang melekat dengan kuat pada ingatan dan perasaan seseorang yang disebabkan oleh pengalaman yang diperolehnya. Kenangan dapat berupa yang indah dan menyenangkan, akan tetapi dapat pula yang tidak menyenangkan. Kenangan yang ingin diwujudkan dalam ingatan dan perasaan wisatawan dari pengalaman berpariwisata di Indonesia, dengan sendirinya adalah yang indah dan menyenangkan. 

Berdasarkan sapta pesona yang berpotensi di Ekowisata Taman Merdeka telah mewujudkan ketujuh unsur sapta pesona berikut. diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke ekowisata ini. Sapta Pesona terdiri dari tujuh unsur yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan. Dilihat dari segi aman, taman ini telah membuat pengunjung merasa aman karena, dari segi penitipan kendaraan sudah terdapat penjaganya, dari segi lingkungan terdapat post sat polPP yang berda di sekitaran taman. Dari segi tertib, dapat dilihat dari lalu lintas yang teratur saat memasuki taman, tidak nampak orang yang berdesakan. Dari segi bersih dapat dilihat dari terdapatnya kotak-kotak sampah yang disediakan di sekitaran taman, dan terdapat penjaga kebersihan taman tersebut. Dari segi sejuk dan indah dapat dilihat dari banyaknya perpohonan rindang beserta tanaman-tanaman hias yang tumbuh disekitaran taman yang memberikan rasa enak dipandang ketika kita berada disana. dari segi ramah tamah, dapat dilihat dari sekitaran orang-orang yang berada disana, yang penduduk-penduduk asli kota metro memiliki sifat ramah, keakraban, dan juga sopan. Dan yang terakhir dari segi kenangan dapat dilihat dari kesan yang melekat pada diri seseorang setelah dari taman tersebut, perasaan senang seseorang saat setelah berada dari taman tersebut.

Penulis/ Kontributor : Indriyani Putri (mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro)

No comments: