Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

1/1/20

Pemandian Air Panas Alami Gemburak Air Putih Way Tenong Lampung Barat

Pemandian Air Panas Alami atau Gemburak salah satunya terdapat di dusun Air Putih, desa Sukananti kecamatan Way Tenong kabupaten Lampung Barat. Lampung Barat memiliki banyak sumber panas bumi atau geotermal tercatat dari kawasan Gunung Sekincau hingga ke Suoh selanjutnya di daerah Ranau Gunung Seminung. Sumber panas bumi muncul bercampur dengan air yang tampak seperti air mendidih yang menjadi suatu aliran air sendiri. Masyarakat setempat sering  menyebutnya Gemburak dalam bahasa Indonesianya yaitu Pemandian Air Panas. 

 Pemandian air panas / Gemburak, diwilayah Lampung Barat ini belum banyak dikelola, yang sudah menjadi salah satu mwnjadi tujuan wisata adalah Danau Suoh dan sekitarnya, sedangkan daerah lain belum dikembangkan, termasuk  Pemandian Air Panas Alami Gemburak Air Putih Way Tenong. 

Dulu di Pemandian Air Panas Alami Gemburak Air Putih Way Tenong Lampung Barat,  masyarakat setempat sering melakukan mandi di air panas dengan tujuan untuk berobat yaitu untuk mengobati gatal-gatal dan jamuran yang ada di tubuh. Bahkan warga sering memasak telur di sumber air panas tersebut dan telur tersebut dipercaya dapat memberikan khasiat kesehatan bagi yang memakannya. 
Namun kebiasaan tersebut sudah jarang sekali dilakukan masyarakat sehingga sumber air panas atau gemburak ini jadi sepi. Saat  di Pemandian Air Panas Alami Gemburak Air Putih Way Tenong Lampung Barat ini aroma bau belerang /sulfur begitu menyengat bahkan air dan lumpurnya juga begitu menyengat bau belerang/sulfur. 

Akan tetapi berkaca dari tempat-tempat pemandian air panas di Jawa atau tempat lain sehingga Pemandian Air Panas Alami Gemburak Air Putih Way Tenong Lampung Barat  dapat menjadi salah satu potensi wisata yang memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat setempat. Masyarakat dapat bereakreasi sambil terapi kesehatan di pemandian air panas. 

Semoga Pemandian Air Panas Alami Gemburak Air Putih Way Tenong Lampung Barat kedepannya akan berkembangan dan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat setempat. Apalagi di Lampung Barat begitu kayak dengan sumber geotermal seperti di Talang Bukit Gunung Sekincau, Kayuare dan sekitarnya, serta Suoh. 


No comments: