Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

6/18/23

Tempat Wisata Unggulan di Kabupaten Lampung Barat

Tempat - tempat Wisata Unggulan di Kabupaten Lampung Barat terdapat cukup banyak dan sangat berpotensi sekali. dari wisata alam, budaya, seni, sejarah bahkan ke wisata konservasi. sebelum kita bahas satu persatu, yuk kita kenali dulu tentang Lampung Barat.

Lampung Barat merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Lampung, kabupaten yang terletak paling barat Lampung ini berbatasan Langsung dengan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu. Lampung Barat dikenal wilayah yang terletak di pegunungan Bukit Barisan Selatan dengan suhu yang sejuk dan memiliki jalan yang berliku-liku. Lampung Barat sudah mulai dikenal karena memiliki tempat tempat wisata UNGGULAN yang khas dan berbeda. 

Bagi pecinta petualang dan wisata, daerah / tempat ini wajib untuk anda kunjungi karena daerah ini memiliki sejuta pesona unggulan yang menjadi khasanaH kekayaan Nusantara, berikut ini tempat - tempat di Kabupaten Lampung Barat yang memiliki potensi wisata untuk dilestarikan dan dikembangkan ke depan. Yuk kita simak satu persatu:

1. Situs Megalitikum Batu Brak Kebun Tebu. Tempat Wisata Unggulan di Kabupaten Lampung Barat merupakan Situs prasejarah, yang terletak di kecamatan Kebun Tebu, tepatnya di belakang pasar Kebun Tebu. untuk mencapai lokasi ini dari Kota Bandar Lampung kurang lebih 4 jam terus ke arah Kecamatan Sumber Jaya (sebelumnya melewati Kota Bumi – Bukit Kemuning – terus Ke arah Liwa), ketika sampai di Sumber jaya di pertigaan jalan mengambil arah ke kiri menuju Kebun Tebu. Jika ke arah kanan menuju Liwa. Dari pertigaan kebun tebu tersebut terus menanjk kurang lebih setengah jam sampai ke lokasi. Ketika sampai di pasar Kebun Tebu tanya saja ke Warga sana, Kerna plank-situnya tidak begitu besar. lengkapnya bisa kunjungi link KLIK SINI
situs Megalitikum Batu Brak Kebun Tebu 
2. Rest Area Puncak Bodong di Kecamatan Sumberjaya. Tempat Wisata Unggulan di Kabupaten Lampung Barat yang satu ini, Jika anda setelah mengunjungi situs megalitikum batu Brak Kebun Tebu, anda balik lagi ke arah Sumber Jaya, di pertigaan di sana anda teruskan ke Arah Liwa, setelah melewati Pusat Kecamatan Sumber Jaya akan disajikan jalan yang berliku dan menanjak, hingga sampailah di Rest Area Puncak Bodong, disini anda akan melihat Tulisan Besar BUMI SKALA BRAK, disini terdapat masjid puncak yang cantik, patung Muli dan pemandangan dipegunungan yang indah. Jika pagi hari anda akan disajikan kabut dan matahari terbit yang indah.
Pemandangan di Rest Area Lampung Barat 
Puncak Rest Area Lampung Barat 
Patung di Rest Area Lampung Barat 
3. Sawah di Mutar Alam Kecamatan Way Tenong. Tempat Wisata di Kabupaten Lampung Barat ini, dicapai setelah di puncak Rest Area, perjalanan anda lanjutkan ke arah kota Liwa, namun di sepanjang perjalanan akan disajikan jalan yang berliku, menanjak dan turunan. Setelah di Kecamatan Sumber Jaya, anda akan memasuki kecamatan Way Tenong, kecamatan ini terkenal dengan Produk kopi organik. Namun di kecamatan ini anda bisa menikmati teras siring sawah yang bertingkat-tingkat di perbatasan antara desa Mutar Alam dan Tanjung Raya. Sangat indah bagi anda yang ingin berselfi, tempat ini belum di kelola untuk tempat wisata. foto-foto yang lain bisa simak di KLIK SINI 
sawah di Mutar Alam Way Tenong 

4. Rumah adat dan Kerajaan Skalabrak serta Lembah Skalabrak. Selanjutnya   tempat Wisata unggulan di Kabupaten Lampung Barat yang lain dari perjalanan anda menuju Kota Liwa, selain disajikan jalan yang berliku, juga disajikan jejeran rumah panggung khas suku yang ada di lampung Barat yaitu suku Lampung dan Semendo. Setelah Lewat Way tenong, Sekincau, Giham, hingga tiba di Kenali, di Kenali terdapat bentuk rumah adat lama suku Lampung yang sudah berusia ratusan tahun. Setelah itu selanjutnya perjalanan hingga tiba di Kota besi atau skala brak, disini terkenal kerjaan Skala brak, anda bisa menikmati bentuk rumah adat dan istana tua kerajaan skala brak, di belakang kerajaan ini terdapat pemandangan yang indah yang di kenal dengan lembah skala brak dan adanya tempat mandi Alami dengan nama salui pitu (pemandingan 7 pancuran).
 

istana kerajaan skalabrak Liwa Lampung Barat 
Rumah panggung di Lampung Barat 
rumah adat Lampung di Lampung Barat 
lembah skalabrak Lampung Barat 


5. Kebun Raya  Liwa
. Kota Liwa dikenal dengan selogan Liwa Kota Berbunga, sebelum memasuki kota Liwa, Tempat  Wisata  ini di tepi jalan terdapat masjid yang besar dan megah, anda bisa beristirahat dan beribadah di mesjid tersebut. Di kota liwa sendiri sedang dikembangkan Kebun Raya Liwa yang terletak di Jantung Kota tersebut. 
Tugu di Jantung Kota Liwa 
6. Taman Nasional Bukit barisan Selatan, Tempat   Wisata ini menjadi kebanggaan  Warga Lampung Barat dengan Air Terjun Sepapah Kiri dan Sepapah Kanan. Ketika anda berada di pusat kota Liwa, anda akan tiba di Tugu Kota Liwa, Jika ke arah kanan anda akan menuju Danau Ranau, dan jika ke kiri anda akan menuju Taman Nasional Bukit barisan Selatan terus ke Krui pesisir Barat. Dari liwa anda menuju  Taman Nasional Bukit barisan Selatan akan tiba di Kubu Perahu, disini terdapat kantor pengelola taman nasional dan disini juga mengurus izin masuk taman nasional. Untuk capai daerah ini kurang lebih setengah jam dari Kota Liwa. Jika anda ingin masuk taman nasional bisa mengunjungi air terjun yang ada di dalam hutan yaitu dengan Air Terjun Sepapah Kiri dan Sepapah Kanan, rute ke air terjun tersebut kurang lebih 1 jam.


Kebun Damar di wilayah taman nasional Bukit Barisan Selatan 
7. Danau Ranau Lumbok Seminung. Danau Ranau adalah danau yang terbesar ke dua di pulau Sumatera, danau ini terletak di perbatasan antara provinsi Sumatera selatan dan Provinsi Lampung menjadi tempat Wisata di Kabupaten Lampung Barat yang diandalkan. Di daerah Lampung dikembangankan wisata di daerah Lumbok Seminung. Di tepi danau anda akan disajikan pemandangan danau yang indah dan gunung Seminung yang megah, untuk mencapai daerah ini kurang lebih 1 jam dari Kota liwa.
 
Tepi Danau Ranau dengan  GUnung Seminung yang Menjulang 

8. Suoh, dengan 3 danau dan pesonanya, tempat Wisata yang sekarang sudah blooming dan pemerintah Kabupaten Lampung Barat sangat fokus dalam mengembangkan daerah ini. Daerah ini terletak di pedalaman Bagian   Taman Nasional Bukit barisan Selatan. Dan akses menuju kecamatan ini perlu perjuangan yang ulet karena jalannya yang masih sebagian besar jalan tanah. Sehingga cocok bagi pecinta adventure, di Suoh terdapat  3 danau yang indah dengan pemandangan ilalang yang lebat.
Kramikan Suoh Lampung Barat

Untuk menyaksikan bagaimana indahnya pemandangan souh dapat disimak video berikut ini:


9. Gunung Pesagi dan Gunung Seminung. Gunung ini adalah gunung tertinggi di Lampung, sering dikunjungi oleh para pendaki gunung. Sedang kan gunung seminung terletak ditepi Danau Ranau. kedua tempat ini  dikembangkan menjadi Wisata bagi pendaki gunung. Tempat wisata di Kabupaten Lampung Barat yang satu ini adalah surganya bagi pendaki gunung pemula. 
Serunya di Puncak Gunung Seminung Lampung Barat

10. Beberapa Air Terjun. Tempat Wisata di Kabupaten Lampung Barat yang tidak kalah kerennya adalah banyak air terjun seperti air terjun Mbah Gimo, air terjun semantung,  Air Terjun Cengkaan, Air Terjun Sepapa kiri dan Sepapah Kanan, air terjun subhan, air terjun mabar jaya dan air terjun lainnya. 

Berikut ini Video lokasi-lokasi wisata di Lampung Barat 
Demikianlah catatan saya tentang tempat Wisata Unggulan di Kabupaten Lampung Barat, Silahkan bagi teman-teman lain yang ingin menambahkan tempat-tempat wisata yang ada di Lampung Barat. 

6 comments:

Unknown said...

keren keren dah jadi pengen main kesana hihi

Unknown said...

Mantabbb,,keren-keren ternyata tempatnya.
jadi pengen kesana.

Rasuane Noor said...

Ayo klw ke lampung kabari aja ya..

Rasuane Noor said...

Ayoo ditunggu di lampung

adi.blogspot said...

Puncak sumber jaya tempat nongkrong sore hari. Wah bapak gak mau ngajak2 klo fto2 hehe

adi.blogspot said...

Puncak sumber jaya tempat nongkrong sore hari. Wah bapak gak mau ngajak2 klo fto2 hehe