Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

6/20/23

Sawah Jaring laba-laba di Cancar Pulau Flores sebagai Lambang Persatuan

Ketika tiba di perkampungan ini, Kami melihat banyak perbukitan dan hamparan sawah serta perumahan. Hingga sampailah di salah satu rumah warga, di sanapun tidak begitu spesial. Namun setelah turun dari mobil, terlihat jalan setapak di samping rumah tersebut dengan jalan menanjak, dalam benak saya pasti itu jalan menuju puncak untuk melihat sawah yang lagi blooming di sosial media, sawah jaring laba laba bahasa kerennya field rice spider web

Pada saat itu terlihat langit nampak menggelap, dalam pikiran Saya "kondisi cuaca ini tidak begitu mendukung, agak berawan mendung, sehingga kita harus cepat cepat ke lokasi yang indah itu", dengan bergegas keluar mobil dan menuju jalan disamping rumah tersebut naik meniti tangga tanah disana, lalu setelah beberapa tangga saya naiki, terdengarlah sahutan dari bapak - bapak yang ada di sekitar rumah, tersebut, "jika mau ke atas harus bayar dulu" saya yang terlebih dahulu berangkat ke atas, kembali turun dan mendekati bapak tersebut. Kebetulan teman-teman juga sudah menghampiri bapak itu yang sedang duduk di pendopoh samping rumah itu, dari percakapan teman dengan bapak tersebut, ternyata untuk ke atas harus bayar 15 ribu perorang. Dari bapak tersebut kita bertanya-tanya tentang  sawah jaring laba laba ini. 

Selanjutnya melihat kondisi cuaca makin mendung, kita bergegas untuk naik ke atas. Sambil menaiki tangga, teman team leader kita, bang Noel bercerita ke tempat tersebut dulunya tidak bayar, ternyata sekarang sudah bayar. Setelah selesai bayar biaya masuk, kita segera menanjak ke atas, cukup melelahkan sekitar 10 menit. dipuncak bukit setelah menanjak kami sudah dapat melihat pemandangan sawah yang membentuk jaring laba-laba. Kami disana langsung beraksi dengan foto-foto dan video, serta salah satu teman juga menggunakan dronenya. 

Ini fotonya setelah kami diatas bukit sawah jaring laba laba, saya dokumentasikan dengan kamera saya. 

Saya asik membuat video sendiri ala muter muter serta foto. Dari percakapan kami, terdapat 7 lingkangan jaring laba laba pada pemandangan sawah tersebut. kembali teringat apa yang disampaikan oleh bapak asli sana, Dari info yang saya terima, tujuan pembuatan sawah dengan bentuk jaring laba laba adalah sebagai simbol persatuan semua warga di daerah ini.  

Rute jalan menuju ke sawah jaring laba laba di cancar ini adalah jika dari Labuhan Bajo adalah menuju ke letak objek wisata yang sangat indah ke Cancar Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur ditempuh dengan kendaraan sekitar 3 jam lebih sekitar 120 kilometer. 

Berikut ini video bagaimana keadaan aslinya di lokasi wisata di Manggarai ini diawali dari Kampung adat Bena lalu ke 
sawah jaring laba laba bahasa kerennya field rice spider web

No comments: