Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

6/16/23

Istilah istilah Bagi para Pendaki Gunung

Para Pendaki Gunung Semeru asal lampung 

Mengaku seorang pendaki gunung, ups... yakin?? hmhmhm apa buktinya?  nah tentu dung harus ada bukti, dijaman era jaman now atau era anak melenial ini, no pict is hoak, misal foto lagi di puncak gunung adalah bukti real yang menjadi bukti bahwa perna mendaki gunung. Lalu ngga sampai disitu aja dunk, seorang pendaki harus mengerti benar bagaimana karakter seorang pendaki gunung, harus mengerti tata cara dan kesiapan dalam pendakian, termasuk mengenali istilah-istlah dalam pendakian, nah bagi para pendaki pemula harus mengerti istilah-istilah pendaki gunung berikut ini:  

1. SIMAKSI artinya Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi. Seorang pendaki harus tercatat oleh pihak yang berwenang dalam menjaga tempat kawasan / gunung sehingga dinyatakan legal. Surat ini harus dibuat / diurus sebelum melakukan pendakian, sekarang sudah ada via online. 

2. LOGISTIK artinya Persediaan bahan makanan / perbekalan. Nah ini sangat penting sekali bagi para pendaki biar tetap bertenaga ketika mendaki gunung. 

3. TREKKING artinya Perjalanan panjang dengan berjalan kaki. Pendaki saat menaiki gunung, tentu dengan berjalan kaki, misalnya ada teman menyatakan "waw trakking nya sangat panjang"

4. HIKING artinya Berjalan kaki di alam bebas. istilah ini sering kita pakai saat di kepanduan pramuka. mungkin bagi pendaki sudah tidka asing lagi ya.

5. TEKTOK artinya Naik turun gunung dalam waktu sehari tanpa bermalam. istilah tektok selain bagi pendaki, istilah ini bagi traveller juga sering dipakai dengan berkunjung ke tempat wisata datang, terus di lokasi tercapai tujuan langsung pulang, nah hampir sama juga istilah dipakai oleh pata pendaki gunung. 

6. LEADER artinya Seorang pemimpin dalam rombongan pendakian. sama dengan istilah  biasa leader adalah pemimpin.

7. SWEEPER artinya Posisi penjaga rombongan paling belakang untuk memastikan tidak ada anggota yang tertinggal.

8. RANGER artinya Penjaga Taman Nasional.

9. PORTER artinya Pemandu perjalanan sekaligus orang yang membantu membawa barang. Jika pendaki terlalu banyak membawa barang atau sudah cape tidak kuat membawa barang tidak ada salahnya menyewa porter.

10.GUIDE artinya Pemandu perjalanan / pendakian. 

11. EKSPEDISI artinya Perjalanan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, umumnya untuk pengkajian suatu hal.

12. MOUNTAINEERING artinya Kegiatan mendaki gunung dengan menerapkan materi-materi yang dibutuhkan selama pendakian serta persiapan yang matang.

13. SHELTER artinya Tempat istirahat yang biasanya bisa digunakan untuk lokasi bermalam.

14. POS / POST artinya Tempat singgah atau lokasi istirahat sementara.

15. BIVAK artinya Sebuah tenda sederhana yang digunakan sebagai tempat istirahat sementara saat mendaki gunung.

16. SURVIVAL artinya Bertahan hidup dalam kondisi tak menentu.

17. SURVIVOR artinya Orang yang bertahan hidup.

18. HIPO artinya Hipo termasuk singkatan dari Hipotermia.

19. OPSI artinya Operasi bersih-bersih gunung.

20. ROCK artinya Menandakan adanya batu yang jatuh dan meluncur dari atas.

21. BONUS artinya Trek landai tanpa tanjakan.

22. RANJAU artinya Biasanya mengacu pada kotoran manusia. kadang disebut juga ranjau darat.  nah siapa nih pendaki yang suka buang air besar sembarangan?

23. SB artinya sleeping bag /kantong tidur. Pendaki wajib membawa ini demi terhindar dari hipotermia atau kedinginan di Gunung. 

24. SUMMIT ATTACK artinya perjalanan menuju puncak. 

25. SAR (Search and Rescue) artinya Kegiatan kemanusiaan untuk mencari dan memberikan pertolongan kepada manusia yang dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam musibah.

26. BACKPACKER artinya Istilah untuk orang yang suka melakukan perjalanan kesuatu tempat dalam waktu tertentu namun dengan biaya seminimal mungkin 'gratis malah lebih baik'.

27. PA artinya Singkatan dari Pencinta Alam. 

28. DIKSAR artinya Singkatan dari Pendidikan Dasar adalah sejenis pembekalan dasar bagi anggota Komunitas.

29. Ekplore artinya ekplorasi atau menjelajah tempat yang baru. 

30. Pendaki Jones merupakan Semacam "Penyakit Sendi" Sendirian, Tuman !!! sampai kapan mau Jomblo??

Demikianlah Istilah istilah Bagi para Pendaki Gunung yang saya kutif dari instageram @pendakiIndonesia.  Ada Tambahan Istilah istilah Bagi para Pendaki Gunung?? Silahkan di kolom komentar.

Berikut ini keseruan kita saat mendaki Gunung Semeru via Ranu Pane 

No comments: