Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

7/23/19

Rintisan Wisata Edukasi Papringan Purwosari Kota Metro

Papringan Purwosari adalah salah satu taman wisata yang di khusus untuk edukasi / pembelajaran yang terletak di area pohon bambu di kelurahan Purwosari Kota Metro. 

Tempat wisata edukasi Papringan Purwosari ini masih dalam rintisan yang sedang dibangun dan digalakan oleh pemuda karang taruna Ksatria kelurahan Purwosari Kota Metro bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro dalam rangka kegiatan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) 2 Terpadu 2019 FKIP UM Metro.

Taman wisata Papringan Purwosari dibangun dengan tujuan sebagai Wisata Edukasi yang ramah lingkungan dengan ciri khas di rumpun bambu atau papringan yang teduh dan sejuk. Taman wisata Papringan Purwosari diharapkan menjadi salah satu tempat wisata digital yang lagi marak seperti contoh yang sudah populer terdahulu yaitu pasar Payungi Yosomulyo Kota Metro. 

Wisata edukasi Papringan Purwosari memiliki ciri khas yaitu sebagai tempat wisata untuk pendidikan yang mengusung tentang bambu/papringan. Panitia kegiatan mengharapkan kedepan segala bentuk jenis produk bambu dapat tampilkan di taman ini. 

Rencana kedepan di taman Papringan Purwosari ini akan dibentuk: Taman baca, Taman peliharaan, Kuliner dan Spot swafoto/selfie. 

Papringan Purwosari sebagai taman baca yaitu kedepan akan ada areal khusus untuk taman baca, para pengunjung akan disajikan banyak buku bacaan dari donatur, bahkan panitia menyampaikan bahwa mereka selalu open jika ada masyarakat yanh berniat untuk mendonasikan buku di taman ini. Buku bacaan yang tersedia di taman baca ini adalah buku hewan dan tumbuhan, buku pengetahuan, buku ilmiah, buku cerita anak, ensklopedia dan atlas, kisah 25 nabi dan lainnya selain buku pelajaran di sekolah. 

Taman Papringan Purwosari sebagai taman peliharaan dimana nanti akan memperkenalkan berbagai hewan peliharaan yang ada yang akan bermanfaat sekali bagi anak-anak dalam mengenal langsung hewan-hewan dipelihara oleh masyarakat. Kita sudah tau sekarang jarang sekali di rumah memelihara hewan apalagi di kota - kota. Sehingga pengenalan dini pada anak-anak sangat penting sekali. 

Di taman Papringan Purwosari juga menyajikan wisata kuliner sehingga , siapapun yang datang akan disajikan makanan khas di masyarakat. Wisata kuliner yang murah dan tradisional menjadi daya tarik pengunjung untuk berlama-lama di taman ini. 

Tidak kalah menariknya, taman Papringan Purwosari akan dibuatkan areal khusus foto-foto untuk berswafoto / selfie yang akan membuat anak muda kekinian ingin segera berkunjung ke taman ini.bPengunjung akan dapat menikmati kreasi tangan dan alam di rumpun bambu / papringan. 

Lalu kapan dan dimana letak taman wisata edukasi Papringan Purwosari ini? Rencana untuk pembukaan perdana /lounching pada awal Agustus 2019, yang diharapkan dibuka langsung oleh pemerintah. 

Letak taman wisata edukasi Papringan Purwosari di Kelurahan Purwosari 28 kecamatan Metro Utara, tepat di belakang rumah rektor Universitas Muhammadiyah Metro : bapak Jazim Ahmad, atau dekat pasar pagi Purwosari 28 Metro Utara.

Rintisan tempat wisata edukasi Papringan Purwosari masih dalam tahap persiapan yang kegiatan masih dilakukan setiap hari kecuali hari senin dari pagi hingga sore hari oleh karang taruna Ksatria Purwoosari dan mahasiswa PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) 2 Terpadu 2019 FKIP UM Metro.

Semoga semua lancar dan segera terwujud taman wisata edukasi Papringan Purwosari Metro.

No comments: