Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

5/23/16

Air Terjun Jarum di Talang Curup Datar Lebuay Tanggamus, petualang di Arus yang Besar

Air Terjun Jarum adalah air terjun yang letaknya di Talang Curup desa Datar Lebuay Kecamatan Naningan kabupaten Tanggamus. Air Terjun Jarum  sangat unik karena saya saat petualang  air terjun ini melihat airnya yang arus yang besar. 

Air Terjun / Curup Jarum Datar Lebuay menjadi sensasi terbaru bagi saya pribadi, karena sekian banyak air terjun yang telah saya kunjungi,  air terjun ini memiliki debit air yang lebih deras dibandingkan dengan air terjun yang perna saya kunjungi di provinsi Lampung. selain debit air-nya lebih besar untuk menuju ke air terjun Air Terjun Jarum di Talang Curup Datar Lebuay harus ekstra mengeluarkan energi karena rute untuk mencapai air terjun ini cukup adventure dengan jalan sejauh kurang lebih 12 km masih dalam bentuk jalan merah (belum di aspal sama sekali) sehingga pada saat musim hujan sekarang ini, kondisi jalan licin. keadaan jalan yang lincin tersebut membuat kendaraan rodo dua yang kita pakai selalu slip.

Asal usul nama Air Terjun Jarum di Talang Curup Datar Lebuay, saya tidak tau persis nama air terjunnya ada di beberapa sosial media menyebutnya air terjun Jarum, entah tidak tau dari mana asal muasal nama air terjun Jarum, ada juga menyebutnya air terjun Kembar, memang air terjunnya ada 2, satu lebih deras dan satunya lebih kecil dan lebih tinggi. sedangkan penduduk setempat meyebutnya air terjun Talang Curup. sedangkan sungai yang mengalir deras tersebut namanya adalah sungai SANGARUS. jadi Air Terjun Jarum di Talang Curup Datar Lebuay  berada di sungai Sangarus.

Ketika ke lokasi Air Terjun Jarum di Talang Curup Datar Lebuay kami mendapatkan cuaca yang cerah akan tetapi ketika tiba di dusun Talang Curup kami malah kehujanan, walaupun dalam kondisi hujan kami masih tetap menuju lokasi dan pada akhirnya kehujanan di tepi air terjun Jarum tersebut, akan tetapi hujan deras tersebut tidak lama, sehingga kami bisa mengabadikan foto air terjun ini, namun seiring berhentinya hujan rasa kawatir kembali muncul karena warna air sungai makin keruh dan debitnya makin meningkar, akhirnya kami putuskan untuk segera meninggalkan air terjun tersebut karena kawatir adanya air bah dari hulu. meskipun matahari mulai muncul kembali. 

Rute untuk mencapai air terjun jarum Lebuay kabupaten Tanggamus
Untuk mencapai air terjun Jarum ini dari Kota Bandar Lampung melalui rute jalan utama yaitu jalan raya menuju Kota Agung, Tanggamus, tentunya akan melewati Gedung Tataan dan Pringsewu, setelah tiba di Kabupaten Tanggamus, cari simpang menuju Bendungan Batu Tegi, simpang ini terletak di kecamatan Talang Padang. setelah masuk dari persimpangan Batutegi terus lurus ikuti jalan menuju bendungan Batutegi. bertemu simpangan ke bendungan batu tegi dan ke Ulubelu, terus ke kanan ke erah bendungan Batutegi, setelah sampai di Pertigaan Batutegi dan Naningan, terus ambil jalan lurus ke ujung dari kecamatan Naningan, dari ujung jalan Naningan akan bertemu jalan tanah merah. terus ikuti jalan merah ini hingga bertemu jembatan kuning, lewati jembatan kuning hingga ke desa Datar Lebuay. setelah dari sana tanya ke warga arah ke curup atau air terjun yang terletak di Talang Curup / Bawang. 
derasnya air yang jatuh membuat tidak berani untuk mandi lebih dekat dengan air yang jatuh

Menjelang sore hari di Air Terjun Jarum di Talang Curup Datar Lebuay 

Lengkapnya dapat simak video berikut ini 

2 comments:

bestinaction said...

mantab bro...

Rasuane noor said...

@ bestinaction : Terima kasih mas bro.. semangat jalan jalan