Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

9/8/19

Demi Istri dan Tapis Blogger !!

Asalamuaialkum wrwb. 
Halo sobat pembaca sekalian.. apa kabarnya hari ini? semoga selalu dalam lindungan Allah SWT .. aamiin ya robbilalamin.. 

Berikut ini saya akan bercerita dengan judul Demi Istri dan Tapis Blogger, mengapa saya menulis dengan judul demikian? Berikut ini akan saya jabarkan sampai akhir kegiatan milad tapis blogger yang ke 3. simak yuk.. 

Oh iya sobat sekalian, sudah pada tau belum apa itu tapis blogger? 
Nah berikut ini saya singgung dulu apa itu tapis blogger. 
Tapis Blogger adalah suatu komunitas blogger yang ada di Lampung yang memiliki misi : Menjadi wadah komunikasi blogger yang ada di Lampung, Mengenalkan Lampung lewat blog, dan mendukung dan ikut menyukseskan kemajuan literasi di Lampung.  
Sejarah berdirinya Tapis Blogger tepatnya tiga tahun yang lalu, awal cikal bakalnya terbentuk tapis blogger diawali dari beberapa penulis Lampung yang tergabung di emak-emak blogger dimotori Naqiyyah Syam, Fitri Restiana, Izzah Annisa, dan  Heni Puspita dengan ide dan pemikiran yang mulia sehingga tercetuslah untuk membentuk komunitas blogger Lampung yang mupuni. Selanjutnya peresmian atau pendirian Tapis blogger yang diadakan di hotel Horizon Lampung pada tanggal 31 Agustus 2016, yang saat itu disponsori oleh JNE (kurir pengiriman terkemuka di Indonesia) lengkapnya simak artikel berikut ini: Kumpul Perdana Tapis Blogger Lampung bersama JNE Pada saat itu saya ikut bergabung dan senang sekali bisa bertemu serta berkenalan dengan para blogger dan penulis kece di Lampung. Ketika itu merupakan awal kenal dengan mbak Naqiyyah Syam (founder dan ketua Tapis Blogger), bang  Adian Saputra (wartawan, dosen dan pemilik portal jejamo dot com), bang Rangga (blogger Lampung yang handal, info BDL), bang Yandigsa, mbak Fitri Restiana, mbak Izzah Annisa, mbak Heni Puspita, Neni Suswati, Yoga Pratama dan blogger-blogger lainnya.  Saat itu kita sharing tentang my JNE selanjutnya peresmian pendirian Tapis Blogger.

Sampai saat ini Tapis Blogger sudah milad ke 3, banyak sekali kegiatan yang sudah dilaksanakan Tapis Blogger dari pelatihan-pelatihan penulisan, blog, foto dan video, kerjasama dengan kementerian dan MPR, serta kegiatan endorse produk dan lainnya. Pokoknya keren dan mantap Tapis Blogger. 

Nah udah pada tau ya apa itu tapis blogger? yuk kembali ke judul, Demi istri dan Tapis Blogger!! Kuy dipantengi ceritanya. 

Minggu pagi tanggal 1 september 2019 tepat juga tanggal 1 muharram 1441 Hijriah, Jam sudah menunjukan pukul 8, saya baru saja selesai memandikan sang pangeranku Altraz Rahend Mahdiramadhan, yang sebelumnya saya ajak keliling komplek dan sunbathing di depan rumah, segera saya serahkan ke istri yang sedang sibuk masak dan beres-beres rumah. "Dek, abang telat ini, acara milad tapis blogger sudah dimulai" istri langsung menggantikan tugas yang biasa saya kerja setiap hari libur ini. setiap hari libur saya selalu mengajak putra tersayang tersebut berjalan-jalan komplek, menjemurnya, dan memandikan hingga mengajaknya bermain. 
Sang pangeranku Altraz Rahend Mahdiramadhan memberi salam nih
sumber foto: dokumen pribadi 
Saya bergegas mandi dan berbenah untuk berangkat ke Bandar Lampung. Waktu sudah menunjukan pukul 8.30 WIB, saya buka group whatapps, ternyata group WA milad tapis blogger masih sepi. Saya lihat istri masih sibuk memberi ASI jagoan kami, saya mengeluarkan motor dan mengambil sepatu untuk siap berangkat, namun saya lihat dapur masih berantakan, masakan istri belum kelar dan baju cucian belum dijemur. Terpaksa saya letakan sepatu dekat motor di depan rumah. Saya angkat jemuran baju untuk dijemur dibawah sinar matahari, saya ke dapur untuk menyelesaikan masakan istri dan membereskan dapur, walau beberapa kali istri menyampaikan "bang ayo berangkat nanti adik yang beresin semua, abang sudah telat" saya jawab "ya dek gpp nanti abang walau telat tapi hadir di milad tapis blogger". Dalam benang paling dalam, saya harus tetap membantu dan membereskan pekerjaan istri karena saya tau begitu repotnya jadi seorang ibu sekaligus istri. Wanita itu super mom, yangmana Mereka tanpa mengeluh tetap semangat dan tangguh menjalani kehidupan, apalagi sudah sibuk bekerja di kantor, tetap dalam menyusui dan mengurus anak, membereskan rumah dari memasak, menyapu, mengempel, mencuci, mensetrika, dan mengurus suami. Tidak mungkin saya pergi meninggalkan istri dengan pekerjaan rumah yang menggunung. Walaupun tidak membereskan setidaknya mengurangi beban kerja istri. Terpaksa saya korbankan datang ke milad tapis blogger dengan hadir telat. 
Suami terbaik adalah pembawa sakinah, mawadah dan warahmah di keluarga 
Saya dan Istri serta dengan putra tercintakami  Altraz Rahend Mahdiramadhan
Sumber foto: Koleksi Pribadi 
Jam 9 tepat, alhamdulillah dapur selesai saya bereskan, dengan menyelesaikan masakan istri, mencuci piring dan menyapu dapur. Istri ternyata sudah selesai memberi ASI jagoan kami "abang kok belum berangkat?" Ujar istri sambil membereskan baju-baju yang akan disetrika. Saya menjawab dengan santai "gpp abang sudah sampaikan bahwa abang datang telat, gimana jagoan sudah tidur?", istri menjawab "sudah kenyang dan tidur pulas, adik mau sarapan dulu". "What adik belum sarapan? Tadi pagi belum sarapan?" Pertanyaan lanjutan saya ke istri "tadi saat abang ajak Altraz jalan-jalan keluar, adik ngga jadi makan karena nanggung kerjaan masih banyak" jawaban istri. Dalam pikiran yang terdalam waduh demi semuanya kerjaan beres, istri menunda sarapan paginya, dia lakukan ini demi siapa? Ya siapa lagi kalau bukan demi keluarga. "Adik jangan nunda-nunda makan, nanti adik sakit, kasihan adik dan dedek Altraz, ayo sana segera makan, makan yang banyak ya, ingat ya harus makan ikan, jika tidak nanti ditenggelamkan oleh bu Menteri Susi Pudjiastuti hehehe" ujar saya.  
meme tidak makan ikan saya tenggelamkan dari Ibu Menteri  Susi Pudjiastuti
sumber foto: bombastis,com

Seorang ibu menyusui harus terpenuhi semua nutrisinya demi perkembangan tumbuh anak bayi, sejak awal menikah saya selalu memaksa istri untuk menyukai dan selalu makan ikan. Ikan kaya akan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, terlebih untuk bayi agar menjadi bayi yang sehat dan cerdas. semoga anakku menjadi anak yang sehat, kuat dan cerdas. 
Kemudian Istri bergegas sarapan dan saya masuk kamar untuk pamitan dengan sang Jagoanku Atraz, dalam lelap tidurnya saya bisikan "anakku sayang, ayah pergi dulu ke Bandar Lampung untuk kegiatan Milad Tapis Blogger, sayang di rumah sama bunda ya, doakan semoga semua lancar, tetap cerdas dan sehat selalu ya sayang" kemudian saya cium kening putraku tersebut.Jagoanku tersebut dengan antengnya pulas tidur. 

Selanjut saya temui tulang rusukku yang lagi makan di meja makan untuk berpamitan berangkat ke Bandar-Lampung, saya cium pipi kanan dan kiri serta keningnya. "abang berangkat dulu ya" Sambil melangkah keluar saya diiringin oleh istri, beliau menyampaikan "hati-hati di jalan, semoga semua lancar dan jangan lupa kabari jika sudah sampai lokasi" saya jawab dengan manis "siap sayangku" sembari saya engkol kuda besi dan saya terngiang lirik lagu yang sering dinyanyikan oleh istri: 
“Berangkatlah sayang hati hati di jalan,
Do'a kusertakan mohon kepada Tuhan
Semoga tiada arah melintang,
Macam-macam godaannya setan
Restu cintaku untukmu, Oh pujaan
Berangkatlah sayang hati hati di jalan,
Aku Tidak minta oleh-oleh
Emas permata dan juga uang,
Tapi yang kuharap engkau pulang
Tetap membawa kesetiaan
Dirimu bagaikan layang layang,
Kulepas tali benang ku genggam
Semakin melayang kau di awan,
Semakin aku takut kehilangan”

Ada yang tau lagu siapa ini? ya lagu Rita Sugiarto yang judunya Oleh-oleh, yang belum mendengarkan lagu tersebut?  selamat mendengarkan.
  
Yuk lanjut ke cerita..
Kuda besi revo fit menghantarkanku dari Kota Metro menuju Kota Bandar Lampung, 1 jam lebih perjalanan melewati jalur lintas via Metro Kibang - Karang Anyar - Sidomulyo. Demi menghadiri milad tapis blogger ke 3 saya yang sudah terlanjur telat dengan kecepatan maksimal saya pacu motorku menuju Warung Sudirman yang ada di Jalan sudirman Pahoman Bandar Lampung. 

Pukul 10.30 pagi saya tiba di Warung Sudirman, saya langsung parkir motor dan menuju ke area tempat pelaksanaan acara milad tapis blogger ke 3. Pada kesempatan ini acara sudah berjalan dan saat itu bang Yopie Pangkey sedang memaparkan tentang tips mengambil foto tema wisata Lampung. 
Suasana Milad Tapis Blogger ke 3  talkshow yang bertajuk Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi
Sumber foto: Koleksi Pribadi 
Saya yang telat hadir, langsung duduk di tempat yang masih kosong pada saat itu saya duduk samping Novriadi dan Arief, keduanya anggota tapis blogger yang aktif, disela-sela bersalaman dengan dengan mereka saya bertanya “acaranya sudah lama berlangsung?” Novri menjawab “belum bang baru dimulai” dan dia balik bertanya “kok terlambat bang?” saya menjawab “iya saya jauh dari Metro” mereka berdua memaklumi keadaan saya saat itu. Selanjutnya kami fokus apa yang dipaparkan oleh om Yopie. Sudah lama saya mengenal Om Yopie Pangky yang merupakan fotografer dan travelblogger terkenal di Lampung dengan akunnya @kelilinglampung_. 
Beberapa point penting yang saya serap dari penyampaian bang Yopie yaitu : dalam pengambilan foto sisi pengambilan foto sangat penting, beliau juga menyampaikan tidak perlu pusing dengan watermark pada foto karena akan mengurangi keaslian foto dan penikmat foto ada yang terganggu dengan adanya watermark tersebut, jika ada yang menggunakan foto tersebut maka akan lebih banyak amal ibadahnya, pada dasarnya foto dishare agar semua orang dapat menikmati foto tersebut. 
Suasana talkshow Milad Tapis Blogger ke 3 yang bertajuk Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi
Sumber foto: Koleksi Pribadi 
 Selanjutnya talkshow yang bertajuk Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi yang dimoderatori bang Yandigsa, yang merupakan anggota tapis blogger dan aktif sebagai youtuber. Bang Yandigsa membawa suasana talkshow jadi hangat dan seru. Setelah penyampaian materi dari bang Yopie Pangkey selanjutnya diisi oleh bang Adian Saputra yang merupakan dosen dan Pemred Jejamo.com. Beliau membagikan materi menulis artikel yang baik dan viral. 
Point penting yang saya tangkap dari penyampaian bang Adian yaitu saat menulis atau membagikan sesuatu buatlah dengan jelas dan selengkap mungkin sehingga para pembaca terpuaskan dengan konten yang lengkap dan berisi. 
Bang Aldian merupakan salah satu toko jurnalis yang saya kagumi di Lampung karena kepiawaian beliau menulis di media massa atau online membuat saya begitu suka dengan tulisan beliau. Semoga kedepan saya dapat menjadi penulis dengan konten terbaik seperti beliau, aamiin. 
Milad Tapis Blogger ke 3  menghadirkan 3 pemateri : Yoppy Pankey, Adian Saputra dan Naqiyyah Syam
sumber foto: dokumen pribadi 
Selanjut materi dari mbak Naqiyyah Syam, yang sudah tidak asing lagi bagi para blogger Lampung, karena beliau merupakan Founder Tapis Blogger. Mbak Naqiyyah menyampaikan dengan materi membangun personal branding. 
Point penting yang saya serap dari penyampaian mbak Naqiyyah adalah personal branding akan dinilai dari apa yang kita tulis, share, foto dan lainnya. sekarang era digital, apa yang kita bagikan di media sosial, itulah akan membangun branding personal kita. 

Setelah penjabaran materi dari ketiga narasumber selanjutnya dilanjutkan dengan sisi tanya jawab, pada kesempatan ini saya bertanya kepada bang Adian Saputra yaitu : “Apa trik dan tips dalam publish tulisan dengan cepat disela-sela kesibukan sebagai dosen?” 

Pertanyaan tersebut dijawab oleh bang Adian : “intinya karena adanya smartphone yang dipakai sehingga setiap dimanapun berada, sambil menulis, selain itu tulisan diedit, jika memangsudah bagus langsung diposting, kemudian jauhkan penyakit malas, jangan tunda-tunda tulisan sehingga idenya akan berlalu. Setelah menyeelsaikan satu karya, buatlah karya-karya yang lain, jangan terkungkung dengan karya yang sudah hasilkan”. 
Suasana pemotongan tumpeng Milad Tapis Blogger ke 3.
Sumber foto: Koleksi Pribadi 
Dari sekian banyak pertanyaan dan diskusi dari peserta acara Milad Tapis Blogger ke 3. Tiba saatnya Potong tumpeng bersama dan dilanjutkan sholat zuhur kemudian dilanjutkan makan siang. Diakhir acara ditutup dengan pengumuman lomba foto instagram on the spot acara Milad Tapis Blogger ke 3. Pemenang lomba foto adalah mbak Heni Puspita, Latifah dan Arief, foto mereka memang bagus dan keren baik dari segi konten maupun caption. Setelah itu dilakukan foto bersama kembali kemudian saya pamit untuk meninggalkan tempat acara karena saya harus menghadiri acara arisan keluarga. 
Foto bersama setelah acara Milad Tapis Blogger ke 3 bersama blogger dan penulis terkenal di Lampung.
Sumber foto: Koleksi Pribadi 
Perjuangan saya pada hari ini demi Istri dan Tapis Blogger membuahkan hasil yang sukses karena doa dan suport istri demi menghadiri acara Milad Tapis Blogger ke 3 saya mendapatkan ilmu tentang Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi dan menyambung silahturahmi dapat berkumpul dengan teman-teman blogger. 
Yang mana pada kesempatan sejalan dengan tujuan Milad Tapis Blogger ke 3 dalam merayakan hari jadi tapis blogger dan sebagai wadah silaturahmi sesama anggota, serta menambah pengetahuan anggota blogger dalam menyajikan konten baik berupa artikel maupun foto dalam menulis blog tentang Lampung. 

Ternyata demi tapis blogger hari ini saya tetap mendapatkan nilai plus bagi diri saya pribadi dalam menjadi blogger yang baik. Yangmana saya sudah rela melepas agenda lain untuk menghadiri acara milad tapis blogger yang ke 3. 
Mencintai Lampung tidak hanya berkata-kata dengan sanjungan indah tetapi juga diorbitkan dengan narasi tulisan dan fotografi. 
Demikianlah cerita saya yang berjudul demi Istri dan Tapis Blogger semoga berkenan dan semakin menambah motivasi untuk semuanya, terkhusus untuk saya pribadi.  
Selamat milad untuk tapis blogger semoga makin jaya!! 

Berikut ini saya tambahkan jika teman-teman ingin bergabung di komunitas Tapis Blogger dalam memenuhi persyaratan berikut ini: 
1. Domisli di Lampung atau pernah tinggal di Lampung (lagi merantau). 
2. Punya Blog atau berminat membuat blog. 
3. Mengisi Formulir Pendaftaran 
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScpdn-06A6lsWeTqyEDg39jyridJ8uWUqpIKtXiDsRngdubUQ/viewform 
4. Klik tautan ini dan isi biodatamu 
https://www.facebook.com/groups/272485709786108/ 
5. Konfirmasi pendaftranmu ke WA : 081379562508 

Mohon isi data berikut, kemudian kirim WA admin agar segera dikonfirmasi. 
Aturan Group WA Anggota Tapis Blogger : 
1. Sudah pernah hadir di acara kegiatan Tapis Blogger min 1x 
2. Memiliki blog dan media sosial aktif 
3. Bersedia memenuhi peraturan WAG Tapis Blogger 
Note : 
- Anggota akan mengisi Google Formulir Database anggota 

Silahkan simak website tapis blogger KLIK SINIFacebook/FB tapis Blogger  twitter: @tapisblogger Instagram: @tapisblogger 

Salam blogger dan salam lestari..
Walaiakumsalam wrwb. 

#Milad3TapisBlogger 
#LombaBlogMilad3TapisBlogger 
#TapisBlogger

No comments: