Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

8/12/20

Kampung Wisata Talang Bali Serasa Suasana di Bali?

Mau Menikmati Suasana Bali ?  Di Kampung Wisata Talang Bali saja. Ya mungkin begitulah sebagai ajakan karena rasa kagum dan terpesonanya ketika menginjakan kaki di Talang Bali ini. Mengapa demikian, karena Talang Bali ini merupakan. Kampung Wisata yang ada di daerah pegunungan yang berhawa sejuk dan diantara perkebunan kopi. Talang Bali Merupak an suatu dusun yang terletak di Desa/pekon Srimenanti kecamatan Air Hitam kabupaten  Lampung Barat .


Seluruh penghuni talang atau kampung Bali ini adalah umat hindu, sejalan dengan namanya talang ini bernuansakan Bali, yang mana terdapat gapura, pura dan di depan rumah warga talangnya bercirikan khas Bali. Di talang ini suasana hawa sejuk dengan pemandangan hijau dan asri. Ketika berada disini desanya sangat bersih dan tertata rapi.


Saat ini lagi trend talang Bali sebagai kampung wisata, dimana  terdapat sebuah taman yang disebut taman wisata tri hita karana,  taman ini pas didepan pura, di taman ini sudah lengkap area parkir dan area berjualan. Tempat parkir motor dekat dengan lokasi taman wisata ini, tetapi untuk parkir mobil berada di bagian atas tepat diantara rumah warga.  Di taman ini terdapat sebuah kolam renang serta taman bermain untuk anak-anak.  Di taman ini juga terdapat pondok-pondok untuk duduk santai.  Kolam renang yang langsung menghadap pemandangan pegunungan di sekitarnya.  Anak sangat senag sekali jika bermain di kolam ini.


Rute untuk mencapai Kampung Wisata Talang Bali : jika dari jalan utama  lintas Liwa, di kecamatan way tenong, ambil jalur ke arah Air Hitam, di Ar Hitam tepatnya di desa atau pekon Semarang Jaya, ambil jalur ke arah Desa Srimenanti, di Desa Srimenanti akan menemukan perempatan Datar mayan, tepat diperempatan tersebut ambil jalur ke talang Baharudin, melewati talang Baharudin dengan menanjak terus ke arah barat mengikuti jalan underla, hingga sampai ke talang Bali.  Memang masih ada badan jalan saat menuju Talang Bali ini belum di aspal, melainkan dalam bentuk batu underla, tetapi secara keseluruhan jalannya bisa diakses oleh mobil.


Pada musim kopi atau musim bunga kopi jika berkunjung ke Talang Bali akan disuguhkan pemandangan yang indah, bahkan tidak sedikit pengunjung berhenti di jalan untuk berfoto-foto diantara pohon kopi, paling banyak pengunjung berfoto di perkebunan kopi Talang baharudin. Disebut diatas, jalan baharudin ini adalah talang yang dilewati saat menuju ke Talang Bali.


Selain Talang Bali di Air Hitam terdapat tempat-tempat wisata yang lain yaitu Temiangan Hill, Air terjun Mbah Gimo, Agrowisata Kebun Salak, dan Agrowisata Kebun kopi di bukit Rigis. Untuk spot wisata Temiangan Hill dan Air terjun Mbah Gimo tidak bisa ditempuh dengan mobil, melainkan harus menggunakan motor. Sedangkan Agrowisata Kebun Salak, dan Agrowisata Kebun kopi di bukit Rigis dapat tetapi nanti dilanjutkan dengan jalan kaki. Agrowisata Kebun Salak terletak di pintu / gapura masuk ke desa/pekon Srimenanti untuk lengkapnya dapat menyimak artikel berikut ini: Agrowisata Kebun Salak Pondoh Air Hitam Lampung Barat. Jadi jika ke talang Bali tidak ada salah berkunjung ke spot wisata agro ini.


Demikanlah cerita saya tentang Talang Bali, semoga artikel ini dapat membantu dan menambah referensi bagi teman-teman pecinta wisata. Semoga Talang Bali di Desa Srimenanti ini semakin asri, bersih, maju dan masyarakatnya makin makmur. Salam Lestari. Untuk menyimak lengkapnya bagaimana  Talang Bali dapat disemak pada video berikut ini:


No comments: