loading...

Monday, June 20, 2016

Taman Blambangan dan Taman Sritanjung Kota Banyuwangi “Merakyat dan Bermanfaat”

Tiba di Banyuwangi dengan via pesawat, landing di bandara Blimbingsari, kita dari bandara langsung  menggunakan taksi ramayana ke Kota Banyuwangi dengan tujuan salah satu penginapan yang ada di Ibu Kota Kabupaten yang sekarang lagi populer dengan slogan “The sunrise of java”, Hingga tertujulah ke penginapan yang bernama Blambangan Hotel.  Setelah cek in, badanpun sudah meminta untuk istirahat karena perjalanan yang ditempuh dari sore hingga pagi start dari Kota Metro Lampung menuju Banyuwangi cukup membuat mata harus terpejam manja ;) .  hehehe..

Kali ini pergi ke kota Banyuwangi bukan sekedar traveling tetapi mengemban tugas penelitian yang diamanahkan ke tim kami, penelitian yang diketuai oleh Bapak Dr. Handoko Santoso, M. Pd.  Saya dan Bapak Rahmatul Ummah, diberi tugas untuk pergi ke Banyuwangi kabupaten paling timur di Pulau jawa ini guna mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penelitian yang berjudul “Strategi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Lampung Timur” lalu mungkin ada pertanyaan mengapa ke Banyuwangi, ya hal tersebut karena Kabupaten Banyuwangi adalah salah satu daerah yang berhasil mengoptimalkan potensi pariwisatan di daerah setempat. Pariwisata menjadi sektor yang diandalkan Banyuwangi untuk meningkatkan pendapatan daerahnya, Kabupaten Banyuwangi mendapatkan penghargaan atau Awards for Exellence and Innovation in Tourism untuk kategori Inovasi Kebijakan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan. Penghargaan tersebut yang dikeluarkan  The United Nations World Tourism Organization (UNWTO) sebuah Organisasi dibawah PBB yang menangani pariwisata.   Jadi dalam penelitian ini kita mencoba menggali ilmu yang telah diterapkan oleh Kabupaten yang paling dekat dengan pulau bali ini.  Adapun data yang perlu kami hounting cukup berat, namun semua harus kami jalankan, karena sudah diamanahkan ke kami berdua. Secara garis besar data yang perlu kami dapatkan meliputi  (1) Kebijakan, Strategi dan kelembagaan pengembangan pariwisata (2) Persepsi masyarakat dan komunitas (3) Persepsi pelaku usaha pariwisata.

 Menjelang ashar body kembali fit, walau kondisi puasa namun semangat masih tinggi. Rencana semula untuk hari pertama di Kota Banyuwangi berkunjung ke tempat distinasi wisata yang ada di dekat Pusat kota Banyuwangi, alhamdulillah terlaksana dengan baik. Saya berkunjung ke tiga tempat destinasi wisata yang berdekatan yaitu berkunjung ke Taman kota atau alun alun yang disebut Taman Blambangan, Pantai pelabuhan boom dan taman Sritanjung.

Kali ini saya ingin membahas rasa kagum dan terpesonanya terhadap hasil kinerja dan pengelolaan Pemda Bayuwangi yang telah didapatkan dan dirasakan sekarang, ya saya akan membahas tentang kedua taman Kota yang ada di Kota Banyuwangi yaitu Taman Blambangan dan taman Sritanjung.  Taman Blambangan terletak di Jl. RA. Kartini Pusat Kota Banyuwangi dan taman Sritanjung terletak di Jalan Sritanjung, kedua berada di jantung Kota Banyuwangi.

Ketika berada di Taman Blambangan, rasa damai dan sahdu begitu terasa karena taman yang area utama, dibagian tengah adalah lapangan rumput ini begitu rapi dan bersih, pada taman ini di bagian timur ditepi lapangan rumput terdapat tiang-tiang bendara mungkin digunakan untuk kegiatan-kegiatan tertentu. Secara keseluruhan taman ini dikelilingi oleh jalan Aspal hingga nampak berbentuk persegi, setelah jalan aspal lalu terdapat trotoar yang diisi juga pepohonan yang rindang dan pohon sawit, lengkap dengan beberapa gazebo, serta terdapat beberapa fasilitas umum untuk olahraga, mulai dari area joging, lapangan basket, skateboard, panjat dinding, dan alat-alat kebugaran sederhana. Di taman ini pada bagian barat terdapat sebuah bangunan yang mirip candi dan  terdapat 2 pendopo untuk masyarakat beristirahat dan duduk. 

Aktivitas masyarakat yang saya amati sore ini adalah dari usai manula hingga anak-anak bercampur dengan aktivitas masing-masing, dari yang duduk duduk santai, berolahraga, bermain sepeda dan sebagainya, yang memperlihatkan sebuah kota yang asri tanpa adanya perbedaan kasta.

Dari apa yang saya amati pada taman Blambangan ini, pihak pengelola sudah mendesain dari tata ruang dan arsetekturnya supaya bisa menjadi tempat berkumpulnya masyarakat dan memiliki multifungsi, luar biasaaa.... Selain multifungsi taman ini juga tetap mempertahankan keasrian alam dengan banyak tumbuhan pepohonan dan juga memperlihatkan ciri budaya asli setempat dengan adanya bangunan mirip candi khas di wilayah jawa timur dan bangunan pendopo. Baru kali ini saya menemukan taman yang lengkap  multifungsi ini. Semoga alun alun di kota lain bisa mencontoh taman ini hingga bisa menjadi tempat masyarakat berkumpul dan sehat.

Selanjutnya untuk memperkuat keyakinan saya terhadap taman blambangan kota Banyuwangi saya searching di internet hingga sampailah di situs resmi milik pemda daerah Banyuwangi yaitu banyuwangitourism.com, dari situs tersebut ternyata apa yang saya lihat ternyata sudah terdesain oleh pemda bahwa taman Blambangan memiliki multi fungsi dengan luas taman 32.000 Meter persegi   Berbagai kegiatan diselenggarakan di taman ini kegiatan pemerintahan maupun umum. Di taman ini masyarakat dapat bersantai, olahraga, bermain di area permainan, maupun menikmati kuliner di sepanjang lapak yang berada di sebelah utara. Pada taman ini terdapat gelanggang Seni dan Budaya atau GESIBU Blambangan yang ditandai degan sebuah bangunan candi. Gesibu Blambangan ini juga di gunakan sebagai acara event , konser musik dan kegiatan - kegiatan lain. Area pementasan yang terdapat di Taman Blambangan setiap malam minggu diadakan sebuah pertunjukan seni tari atau aktualisasi seni tari yang dipentaskan oleh seluruh sanggar yang ada di Banyuwangi, dan pada minggu pagi di sekitar jalan taman blambangan diadakah Car Free Day.

Waw begitu excite terhadap taman blambangan ini. Yuk kita ketaman satu lagu yaitu taman Sritanjung.  Untuk mencapai taman ini saya berjalan kaki ke arah barat dari taman Blambangan dengan melewati pasar tradisional pasar Banyuwangi, taman ini   berbeda dengan taman Blambangan, taman ini nampaknya lebih dikhususkan untuk bersantai dan menikmati keindahan taman yang dipenuhi oleh tumbuhan-tumbuhan taman dan arsetekturnya, di tengah-tengah taman terdapat air mancur, aphiteater mini sebagai tempat pertunjukan dan ditaman ini terdapat areal khusus parkir dan area khusus jajanan makanan. Taman Sritanjung terletak di jalan Sritanjung depan masjid Agung Baiturahman. sebelah selatan adalah Pasar Tradisional Banyuwangi, dan di sebelah utara adalah Pendopo Sabha Swagata Blambangan yang merupakan rumah dinas bupati Banyuwangi.

Melihat taman ini saya begitu salut dan bangga terhadap pemerintah daerah Banyuwangi dan sayapun tergerak untuk daerah yang lain membuat taman semacam ini, selain tempat bersantai juga bisa menjadi ajang tempat pembelajaran bagi anak-anak untuk dekat dengan alam yang bersih dan rapi.


Semoga saja sedikit catatan ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian..  

Berikut video Pantai Dermaga Boom banyuwangi 

thumbnail
Judul: Taman Blambangan dan Taman Sritanjung Kota Banyuwangi “Merakyat dan Bermanfaat”
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Catatanku, Pendidikan, tempat wisata, Video dan youtube :

0 komentar:

 
Copyright © 2015. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz