Friday, January 27, 2017

Sawah Jaring laba-laba di Cancar Pulau Flores sebagai Lambang Persatuan

Ketika tiba di perkampungan ini, aku melihat banyak perbukitan dan hamparan sawah dan perkampungan. Hingga sampailah di salah satu rumah warga, di sanapun tidak begitu spesial. Namun setelah turun dari mobil, terlihat jalan setapak di samping rumah tersebut dengan jalan menanjak, dalam benak saya pasti itu jalan menuju puncak untuk melihat sawah yang lagi blooming di sosial media, sawah jaring laba laba bahasa kerennya field rice spider web

Pada saat itu terlihat langit nampak menggelap, Saya lihat kondisi cuaca ini tidak begitu mendukung, agak berawan mendung, sehingga kita harus cepat cepat ke lokasi yang indah itu, dengan bergegas naik meniti tangga tanah disana, terdengarlah sahutan dari bapak - bapak yang ada di sekitar rumah, tersebut, "jika mau ke atas harus bayar dulu" saya yang terlebih dahulu berangkat ke atas, kembali  turun dan mendekati bapak2 yang sedang duduk di pendopoh samping rumah, dari percakapan teman dengan bapak2 disana, ternyata untuk ke atas harus bayar 15 ribu perorang. Dari cerita teman ke tempat tersebut dulunya tidak bayar, sekarang sudah bayar. Setelah selesai bayar biaya masuk,  segera menanjak ke atas, cukup melelahkan sekitar 10 menanjak kami sudah dapat melihat pemandangan sawah yang membentuk jaring laba-laba. Kami disana langsung beraksi dengan foto-foto dan video, serta salh satu teman juga menggunakan dronenya. 

Saya asik membuat video sendiri ala muter muter serta foto. Dari percakapan kami, terdapat 7 lingkangan jaring laba laba pada pemandangan sawah tersebut. kembali teringat apa yang disampaikan oleh bapak  asli sana, Dari info yang saya terima, tujuan pembuatan sawah dengan bentuk jaring laba laba adalah sebagai simbol persatuan semua warga di daerah ini.  

Rute jalan menuju ke sawah jaring laba laba di cncar ini adalah jika dari Labuhan Bajo adalah menuju ke letak objek wisata yang sangat indah ke Cancar Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur ditempuh dengan kendaraan sekitar 3 jam lebih sekitar 120 kilometer. 

berikut ini video bagaimana keadaan aslinya di lokasi wisata di Manggarai ini.

Load disqus comments

0 komentar