Monday, September 11, 2017

Tapis Blogger Menggelar Acara Pelatihan Fotografi di Taman Wisata Wira Garden


Tapis Blogger: Siapa yang Belum Kenal? 
Tapis blogger adalah salah satu komunitas blogger yang ada di provinsi Lampung. Komunitas ini dibentuk oleh Nagiyyah Syam dan ke tiga temannya yaitu Heni Puspita, Izzah dan Fitri Restiana. Mereka berempat yang sebelumnya tergabung di blogger perempuan. Atas dasar keinginan untuk menyatukan para blogger Lampung hingga tercetuslah pendirian tapis blogger yang diadakan pada tanggal 31 Agustus 2016 di hotel Horison Kota Bandar Lampung. Saat itu bekerjasama dengan JNE bersamaan dengan pengenalan aplikasi My JNE. Acara yang dihadiri sekitar 20 blogger Lampung sepakat untuk menjadi satu dalam mewadahi para penulis online yang ada di Provinsi Lampung.

Sekarang komunitas ini sudah memiliki anggota sekitar 70 blogger yang di ketui oleh Nagiyyah Syam sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan seperti pelatihan menulis, review produk dan beberapa kegiatan yang lainnya. 
Mb Nagiyyah Syam sebagai founder dan ketua Tapis Blogger 
Tapis Blogger Menggelar Acara Pelatihan Fotografi di Taman Wisata  Wira Garden
Pada  hari minggu  yang ceria ini, dalam rangka memperingati hari lahir atau milad pertama Tapis Blogger, Kami dari Tapis Blogger mengadakan kegiatan pelatihan fotografi di aula meeting Taman Wisata Alam & Cottage Wira Garden Kota Bandar Lampung. Pada kesempatan ini pelatihan fotografi yang mana sebagai nara sumbernya om  Yoppy Pangkey, seorang fotografer kondang yang sekaligus admin Keliling Lampung yang sudah menggeluti dunia foto sejak tahun 1992.  Peserta pelatihan ini adalah anggota tapis blogger sekitar kurang lebih 40 orang (termasuk anggota keluarga).  Kegiatan berlangsung dari pagi hingga menjelang ashar.
Om Yoppie Pangkey sebagai pemateri dalam pelatihan fotografi tapis blogger
Kegiatan pelatihan ini  diadakan dalam rangka memperingati Milad 1 tahun Tapis Blogger Lampung, kegiatan yang diadakan selama sehari di taman Wira Garden sangat ramai dan seru.  Kegiatan milad tapis blogger yang pertama ini ketua pelaksananya adah Yoga Pratama, seorang penulis yang ahli berpuisi. Pada acara ini rangkaian kegiatan meliputi pertama-tama persiapan dan regestrasi peserta, dimana masing – masing peserta diberikan kartu nama, selanjutnya acara berlangsung dipandu oleh Tri Sujarwo yang merupakan anggota tapis blogger yang sangat frinedly dan seru. Awal pembukaan kemudian doorprize dengan memberikan 3 hadiah buku bagi 3 peserta yang bisa menjawab pertanyaan MC, kemudian acara games ringan membuat suasana makin seru dan hangat. Setelah itu masuk ke acara inti penyampaian materi oleh om  Yoppy Pangkey tentang trik dan tips dasar fotografi.

Dari materi pelatihan fotografi tersebut point yang mampu sayang tangkap yaitu :
  • Fotografi berasal dari 2 kata yaitu foto dan grafis, foto artinya cahaya sedangkan grafis artinya lukisan, jadi secara gamblang arti fotografi adalah melukis cahaya.
  • Dalam mengambil foto harus memperhatikan tiga unsur utama  yaitu Rule of thirds (hukum sepertiga bagian), angle of view (sudut pemotretan) dan background (latar Belakang). Masing-masing dari ketiga unsur tersebut secara garis bersar adalah Rule of thirds (hukum sepertiga bagian) yaitu jika pada kamera, baik slr dll atau Handphone terdapat 6 petak garis, jadi titik objek diletakan pada 4 titik di tengah pada pertemuan 4 petak di tengah bingung ya? Lihat gambar , selanjutnya angle of view (sudut pemotretan) adalah kita dapat mengambil gambar dari berbagai sudut, dari depan, atas, bawa, samping, bahkan berbagai macam posisi, hal ini dikatakan angle of view (sudut pemotretan). Selanjutnya background (latar Belakang) adalah setiap hal yang ada di belakang objek foto, baik itu pemandangan, benda lain, cahaya lampu dll.
  • Foto itu bagus jika bisa dinikmati oleh semua orang.
  • Pencahayaan sangat penting sekali dalam foto, karena jika tidak ada cahaya maka foto tidak akan terbentuk. Pengaturan cahaya, sumber cahaya, cahaya pantul dan penggunaan lighting. Jika kurang cahaya dapat menggunakan cahaya pantul dengan menggunakan kertas putih, banner dan bahan lainnya, yang banyak digunakan dengan steroform. Untuk mengurangi cahaya flash dari kamera dapat ditutup dengan kertas tisue atau kertas putih.
  • Tips untuk maraknya plagiatisme dan pembajakan foto, ambil positifnya pajanglah foto yang sudah rela untuk dibajak.
  • Untuk mengambil foto tidak mesti harus pakai kamera DSLR, kamera hp juga bisa.
  • Jika objek bergerak jika menggunakan kamera HP memang sulit untuk mendapatkan hasil yang bagus. Jika di kamera DSLR diatur dengan hight speed.
Dalam menyampaikan materi om Yopie banyak memberikan contoh - contoh foto hasil jepretannya dari berbagai tempat dengan sudut pandang dan tehnik pengambilan yang berbeda-beda. Selanjutnya diisi dengan diskusi tanya jawab. yang kemudian para peserta begitu antusius untuk praktek dalam memfoto tumpeng yang begitu cantik dari papatomscafe. coba lihat tumpengnya bagus bangat kan?
Setelah menjalang juhur materipun selesai selanjutnya setelah acara foto bersama dan praktek  foto dengan objek tumpeng dan makanan ayam kodok, Satu persatu dan bahkan bersamaan para peserta unjuk kebolehan dalam memainkan kamera di depan objek yang membuat perut kroncongan dan ludah tertelah banyak sudah. Bagaimana tidak tumpeng dan ayam bakar yang sangat menggugah selerah tersebut. Para peserta tidak hanya menggunakan kamera DSLR tetapi juga mahir dengan kamera HP masing-masing. Selanjutnya acara pun usai hingga kita semua ISHOMA.
tumpeng yang begitu cantik dan lezat dari papatomscafe
Kegiatan potong tumpengpun terlasanakan juga yang mana sang ketua dan sekaligus founder Tapis blogger memberikan potongan tumpeng pertama kepada pemateri pada siang itu. rasa dahaga dan laparpun terobati sudah setelah selesai pemotongan tumpeng 
Setelah istirahat, sholat dan makan, kita berlanjut kegiatan selanjutnya yaitu hounting foto untuk produk-produk yang telah mensponsori kegiatan milad tapis blogger yang pertama ini : yaitu susu segar hometown diary yang di produksi di Humasjaya Lampung Tengah ini, tumpeng yang enak dan cantik oleh papatomscafe, ubi yang legit dan bikin meleleh Ubi celembu Griya Obie, serta berkeliling  Taman Wisata Alam & Cottage Wira Garden. Selain itu juga diadakan lomba foto instagram dimana akan dipilih foto terbaik selam kegiatan hounting foto di lokasi tersebut dengan syarat emberi hastaq @tapisblogger dan taq #milad1tapisblogger #lombafototapisblogger.




Pada acara hounting ini saya sempat menjadi model dadakan dengan disuruh tidur di rumput dengan samping kiri susu segar hometown diary, melihat praktik kita tersebut ternyata teman-teman yang lain menawarkan diri untuk menjadi model juga yaitu Yoga, Vitarinda dan sang ketua  miss Naqiyah Syam.  Kesuran demi keseruan kami lakukan pada kegiatan tersebut hingga menjelang pulang. Sebelum pulang pengumuman pemenang lomba foto instagram tapis blogger milad pertama.

Dimana dipilih 6 foto terbaik, dan foto terbaik tersebut dipilih langsung oleh om Yoppy Pangkey dimana pemenangnya adalah Yoga pratama, Tri yuliawan, Hermawan, Neni Suswati dan saya Razone (beruntung karena yang menang lain pada udah pulang) dimana kita mendapatkan hadiah  vocher 50 ribu di perut bulat atau jilbab dari .

Barakallah buat Tapis Blogger, happy milad yang perdana semoga semakin jaya dan semakin melambung demi terciptanya komunikasi yang ukhuwah islamiyah di muka bumi .... 

Setelah itu acara penutup dan kita pulang dengan masing masing peserta disangui  1 liter susu segar hometown diary.

Kita pulang, sayunara sampai ketemu lagi di lain kesempatan...


Load disqus comments

1 komentar: