Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

3/1/16

Air Terjun Curup Mabar Jaya Di Desa Sukaraja Kec. Way Tenong Lampung Barat

Air Terjun atau Curup Mabar Jaya yang terletak Di Desa Sukaraja Kec. Way Tenong kabupaten Lampung Barat belum banyak diketahui orang, mungkin hanya sebagian kecil warga Way Tenong yang tau jika di atas bukit mabar terdapat sebuah air terjun yang tinggi dan tersebunyi. Potensi air terjun ini kedepannya bisa menjadi tempat kekinian atau tujuan wisata lokal di wilayah Way Tenong dan Lampung Barat umumnya. 

Jika jalannya dibersihkan untuk mencapai Air Terjun Curup Mabar Jaya tidak begitu sulit. Kedepannya diharapkan tempat ini bisa menambah pendapatan bagi warga sekitar. Keasikan di air terjun Air Terjun Curup Mabar Jaya Di Desa Sukaraja Kec. Way Tenong Lampung Barat  adalah airnya yang segar dan bentuknya yang memancur menjadi sensasi sendiri saat mandi dihempasan air tersebutbisa jadi pijit alternatif.. hehe, serta sumber air terjun ini adalah merupakan sumber air yang kecil sehingga pada saat musim hujan tidak khawatir terjadinya air bah, karena salah satu yang menjadi sumber waspada saat berkunjung ke air terjunnya yaitu terjadinya air bah. Air bah biasanya muncul ketika terjadi hujan d hulu. tetapi di air terjun ini sepertinya jauh dari itu. 

Sumber mata air di Air Terjun Curup Mabar Jaya Di Desa Sukaraja  Way Tenong Lampung Barat  tidak begitu besar akan tetapi karena jatuh dari ketinggian memberikan percikan yang begitu indah. dari kejauhan air terjun ini sudah tampak, sewaktu saya kecil air terjun ini adalah salah satu tempat bermain saya dengan teman-teman sekolah, pada saat itu air terjun ini 7 tingkat akan tetapi saat saya kunjungi tinggal 2 tingkat, sedangkan tingkat yang dibawahnya sudah dibuat oleh warga setempat untuk pembangkit listrik tenaga air.

Untuk mencapai air terjun Air Terjun Curup Mabar Jaya Di Desa Sukaraja  Way Tenong Lampung Barat  jika anda dari dari Kota Bandar Lampung ditempuh kurang lebih 4 jam, terus ke arah kota Liwa dengan melewati Kota Bumi terus Bukit Kemuning lalu Ke arah Liwa ketika sampai di kecamatan Way Tenong, anda sebaiknya tanya dimana desa Suka Raja (di daerah ini pada umumnya rumahnya bentuknya sama yaitu rumah panggung) setelah di desa Suka Raja anda cari simpang Mabar, setelah di persimpangan ini (simpangnya samping Indomart) anda masuk jalan ini dengan rute pertama turunan ke sungai, setelah lewat sungai kondisi jalan menanjak hingga puncak, setelah di puncak anda akan disajikan pemandangan alam yang begitu indah, di bagian bawah akan terlihat perumahan warga di Kecamatan Way Tenong. setelah anda di puncak anda akan melewati sekolah SD dan beberapa rumah warga, anda terus jalan hingga bertemu turunan kecil, di turunan ini akan ada jalan setapak ke arah kiri, anda ikuti jalan setapak tersebut, untuk kendaraan roda dua bisa sampai hingga di atas air terjun, anda bisa menitipkan motor ke rumah warga yang ada di atas air terjun tersebut. untuk mencapai air terjun anda harus turun ke bawah hingga nanti tampak air terjunnya. semoga info tentang Air Terjun Curup Mabar Jaya Di Desa Sukaraja Kec. Way Tenong Lampung Barat  dapat menjadi referensi tempat jelajah baru anda.

Selamat berpetualang... 

Berikut ini foto-foto Air Terjun Curup Mabar Jaya Di Desa Sukaraja Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat 

    











Video lengkapnya silahkan simak Air Terjun Curup Mabar Jaya Di Desa Sukaraja Kec. Way Tenong Lampung Barat 


Berikut ini Bumi Perkemahan Puncak Mabar Jaya Sukaraja Way Tenong Lampung Barat saat belum dibangun.

2 comments:

arsul said...

wah keren.. kapan ane bisa kesitu ?

Rasuane Noor said...

@arsul : ayo bisa kapanpun tinggal atur waktu