loading...

Sunday, March 27, 2016

Air terjun Sinar Tiga Padang Cermin Pesawaran Lampung

Air terjun Sinar Tiga  yang terletak di dusun Sinar Tiga Desa Harapan Jaya Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, indah dan tinggi. Debit air terjun ini tidak begitu besar tetapi karena jatuh dari ketinggian sekitar 20an meter ini (perkiraan saya) sehingga menampilkan suasana cukup indah dan sejuk. Tempat ini belum banyak orang yang tau, terutama anak-anak alay, tetapi mungkin ke depannya bisa menjadi tempat kekinian bagi anak muda, khususnya anak-anak alay di wilayah Pesawaran dan Kota Bandar Lampung.  Di tempat ini belum dikelola oleh pihak yang berkompeten di daerah ini, saat kita masuk kesanapun belum ada biaya / tiket masuk dan parkirpun masih menumpang di rumah warga. Semoga aja tetap gratis jadi makin banyak yang datang.  Hehe..  


Saya mendapatkan informasi air terjun ini kira-kira 3 tahun yang lalu oleh Rico Royco, saat itu dia memposting foto air terjun tersebut di media sosial facebook, saat itu saya tertarik untuk berpergian ke air terjun ini, tetapi berjalannya waktu akhirnya terlupakan juga, hingga 2 minggu lalu teman di group coucsurfing Lampung : Mamik Mimiko dan Reni Muliana, berbagi foto saat mereka di air terjun ini. dari foto tersebut cukup membuat saya terpacu untuk segera pergi kesana, serasa ada ego sendiri, masak ketinggalan dengan anak-anak alay Lampung, hehehe.. Lalu saya coba searching di internet dan mencari informasi tentang air terjun tersebut termasuk ke blog miliknya om Yopie Pangkey yaitu : Keliling Lampung.   daripada itu Alhamdulillah tercapai juga keinginan untuk merasakan sensasi di air terjun Sinar Tiga ini. Subhanallah.. Bagus dan sensasi baru..

Rute ke air terjun Sinar Tiga Padang Cermin tersebut yaitu:  jika dari Kota Bandar Lampung mengambil jalur ke arah Kecamatan Padang Cermin atau jalur jalan utama ke arah tempat wisata pantai mutun / pahawang/pantai Klara hingga tiba di Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Menuju air terjun atau curup ini terus mengikuti jalan utama hingga sampai di pertigaan Padang Cermin, di pertigaan tersebut akan menunjukan arah, jika ke kiri akan menuju Punduh Pidada / Kiluan, sedangkan ke arah kanan menuju ke Kedondong. Jika tiba di pertigaan ini maka ambil jalur ke arah Kedondong, dari pertigaan tersebut akan melewati desa Khepong, setelah itu masuk ke desa Way Urang, dari perbatasan Desa Khepong dan desa Way Urang sekitar 500 meter ada jalan masuk ke arah kanan, ikuti jalan tersebut lurus  hingga melewati dusun sinar satu, sinar dua hingga sampai di dusun sinar tiga, kondisi jalannya  masih banyak underla dan menanjak tetapi bisa dijangkau oleh kendaraan beroda 4. Untuk mencapai air terjun yang terletak di dusun sinar tiga ini, kendaraan hanya bisa mencapai ujung dusun ini, di ujung dusun ini terletak rumah terakhir dengan nama pemilik adalah Ibu Fatimah (kalau tidak salah) dan suaminya ada pak RT dusun tersebut. Kendaraan biasa menumpang parkir di rumah tersebut. Selanjutnya dari rumah itu untuk menuju air terjun harus jalan kaki yang ditempun sekitar 20 menit (jika para petualangan bisa dengan waktu tempuh sekitar 10 menit). Kondisi jalannya setapak dan menanjak, dalam jalan kaki ini bagi yang hoby selfie tidak terasa sudah mencapai air terjunnya karena di sepanjang jalan yang menyusuri tepi sungai  ini,  disajikan perkebunan kakao/coklat, perkebunan kopi dan hutan. Kondisi tersebut begitu dekat dengan alam diiringi banyak suara serangga dan burung. 
Untuk mencapai ke dusun Sinar Tiga ternyata bisa juga di jangkau dari pasar kluwih. Jika dari pasar kluwih masuk kanan tepat jalan samping kantor kecamatan di pasar kluwih tersebut. Sama kondisi jalan yang menanjak dan beberapa masih underla.

Setelah tiba di air terjun tentukan anda akan disajikan pemandangan yang begitu indah, air yang jatuh dengan hembusan embun yang sejuk, selain mendapatkan pemandangan air terjun anda juga bisa merasakan sejuk dan jernihnya air tersebut, sehingga hasrat ingin mandipun begitu menggebu.

Pengalaman saya pada saat mandi di air terjun tersebut saking asiknya menikmati air yang sejuk dan hembusan embun dari air terjun tersebut serta bermain dibatuan, seketika kaget karena di tubuhku banyak ditempeli semacam binatang kecil hitam mirip lintah / pacet, seukuran lidi dengan panjang sekitar 1 cm, ada yang lebih kecil lagi, sentak diri langsung kaget, pikiran langsung langsung apakah ini lintah, tapi ukurannya kecil, saat itu langsung saya bilas badan dengan air sehingga binatang kecil tersebut banyak hayut, yang tersisa di badan langsung saya buang dengan tangan. Pada saat itu juga saya langsung berhenti mandi dan segera mengganti pakaian.  Dalam benak selalu terpikir binatang apakah itu? Hingga ketika turun dari air terjun dan berdiskusi dengan ibu Fatimah, beliau menyampaikan bahwa nama binatang tersebut warga sekitar menyebutnya LINGSEP dari penjelasan ibu tersebut “binatang itu juga sama dengan Lintah suka menghisap darah manusia akan tetapi binatang tersebut jika menghisap darah, jika kenyang maka tidak akan lepas dari tubuh tapi memuntahkan darah yang dihisap, lalu akan menghisap lagi. Berbeda dengan lintah atau pacet, jika menghisap darah dan kenyang akan melepaskan diri dari inangnya” lanjut tutur ibu tersebut “ binatang itu ditakutkan jika masuk kebagian lobang tubuh manusia, seperti hidung, telingah, bahkan lubang kemaluan, binatang itu tidak mau keluar”. Waw serem..  Saya saat itu langsung merasa takut, karena yang menempel di tubuh saya tadi cukup banyak mungkin puluhan. saya itupun saya langsung menumpang  ke kamar mandi untuk memeriksa lagi seluruh tubuhku, khawatir ada yang tersisa di tubuh. Alhamdulilah setelah saya periksa tidak ada, dan saya juga merasa tenang karena saya saat mandi di air terjun tersebut menggunakan pakaian dengan dalaman celana renang sehingga sempit dan aman.

Selanjutnya dari obrolan dengan Ibu RT tersebut berlanjut kegiatan atau aktivitas warga sekitar dan status lokasi tersebut. Ternyata letak dusun sinar tiga ini berbatasan langsung dengan hutan kawasan/ hutan lindung dan terletak di lereng gunung Pesawaran. Letak air terjun itupun masih dalam kawasan hutan lindung.


Saat di air terjun tersebut ada rasa kecewanya karena banyak ditemukan sisa-sisa sampah non organik seperti sampah plastik, sisa botol minuman dan lainnya. Alhamdulillah beberapa peserta trip kali ini, tanpa perintah dengan inisiatif sendiri mengumpulkan dan mengambil sampah tersebut serta dibawa turun. Semoga tempat ini tetap lestari dan bisa menambah ekonomi masyarakat sekitar. 
Berikut foto-foto selama di air terjun tersebut: semoga bermanfaat..
sepanjang jalan menuju air terjun kita bisa menyusuri sungainya
airnya yang sejuk dan jernih 
bagian atas air terjun 
foto lengkap badan air terjun sinar tiga padang cermin
embun dari air terjun yang sejuk 
maju terus
kerja sama harus selalu dijaga
Berikut ini video bagaimana keadaan asli air terjun sinar tiga Pesawaran Lampung, selamat menikmati:
thumbnail
Judul: Air terjun Sinar Tiga Padang Cermin Pesawaran Lampung
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Catatanku, Foto, tempat wisata :

0 komentar:

 
Copyright © 2015. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz