Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

7/18/20

Sapta Pesona Ekowisata Pantai Kerang Mas, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur

 Pantai di Pantai Kerang Mas, pantai yang terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur adalah salah satu pantai terkenal di wilayah Lampung Bagian Timur. Yang mana terletak di pesisir timur Lampung terkenal dengan wilayah berlumpur dan banyak dimanfaatkan sebagai tempat budidaya perikanan dan tambak udang serta wilayah hutan bakau. Akan tetapi terdapat juga pantai tempat wisata yaitu Pantai di Pantai Kerang Mas, Labuhan Ratu. Kali ini kita tinjau tempat ekowisata ini dari potensi sapta pesonanya.

Dikembangkannya  Pantai Kerang  Mas Lampung Timur ini sejalan dengan tujuan dalam ekowisata. Menurut The Ecotourism Society ( 1990) Ekowisata adalah suatu bentuk perjalanan wisata ke area alami yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat. Pengertian tentang ekowisata mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Namun, pada hakekatnya, pengertian ekowisata adalah suatu bentuk wisata yang bertanggung jawab terhadap kelestarian area yang masih alami (natural area), memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budaya bagi masyarakat setempat. 

Atas dasar pengertian ini, bentuk ekowisata pada dasarnya merupakan bentuk gerakan konservasi yang dilakukan oleh penduduk dunia. Semoga dengan adanya Pantai Kerang Mas, Kabupaten Lampung Timur menjadi salah satu ekowisata yang memajukan roda perekonomian daerah di pesisir timur Lampung Ini.  Konservasi wilayah pesisir timur Lampung terjaga,  Eco traveler ini pada hakekatnya konservasionis. Ekowisata tidak dapat dipisahkan dengan konservasi. Oleh karenanya, ekowisata disebut sebagai bentuk perjalanan wisata bertanggung jawab. 

Lampung sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi alam dan budaya yang bisa dikembangkan sebagai objek wisata. Potensi tersebut antara lain alam yang indah dan hawa yang sejuk yang dikelilingi banyak pepohonan dan keindahan lainnya yang terlihat unik dan menarik, demikian pula adat istiadatnya, dengan kondisi demikian maka Lampung bisa dijadikan mata rantai tujuan wisata. Masalahnya adalah potensi tersebut belum tergarap sepenuhnya oleh masyarakat sekitar maupun kepala daerahnya. Keindahan alam dan budaya di Lampung memang sebagian sudah digarap dengan baik, artinya sudah dijadikan sebagai tujuan wisata. Namun, bila dibandingkan dengan potensi yang ada tampaknya pariwisata dilampung belum digali secara optimal. Masih cukup banyak potensi alam dan budaya didaerah lampung yang belum digarap secara serius.  

Ada salah satu wisata yang terdapat di Lampung yaitu pantai Keras Mas tepatnya di Kampung Sero, Muara Gading Mas, Labuhan Maringgai, Kabupaten 8 Timur, Lampung yang memiliki wisata yang indah akan tetapi belum tergarap sepenuhnya, meskipun prasarana dan sarana sudah tercukupi seperti tempat berteduh, banyaknya penjual dalam lingkup pantai keras mas, di pintu masuk juga sudah tersedia pos dimana setiap pengunjung yang masuk akan di lakukan pembayaran berupa tiket masuk. Dengan begitu maka pantai kerang Mas memiliki potensi alam yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan wisata. Namun, terdapat pokok permasalahan yang diamana potensi daerah tersebut belum digali secara mendalam. Selain, itu kesadaran masyarakat sekitar akan kekayaan budaya yang mendukung industri pariwisata yang dirasa kurang, padahal kegiatan pariwisata sesungguhnya merupakan pariwisata social budaya yang melibatkan unsur manusia dodalamnya. Artinya perlu didukung oleh sikap perlakuan sadar wisata yang mendukung kegiatan tersebut agar kunjungan wisata menjadi tidak monoton , pengalaman pun menjadi lebih beragam karena banyak ragam jenis yang dapat dilihat.

Pantai Kerang Mas memiliki pemandangan indah dimana pantai tersebut memiliki keindahan berupa batu-batu karang yang memiliki bentuk beraneka ragam. Pengungjungnya pun sudah banyak terutama pada saat hari libur dan hari-hari besar. Bahkan beberapa wisatawan asing sudah pernah mengunjungi pantai ini. Namun destinasi wisatanya masih dalam tahap pengembangan dan penggalian potensi bila dibandingkan dengan Bandar Lampung, Tanggamus, Pring Sewu, Lampung Selatan, Pesisir Barat, dan Kabupaten lainnya masih tertinggal.  

Potensi wisata lainnya yang perlu digali yaitu dari fasilitas dibibir pantai tersebut dimana pantai tersebut belum banyak objek-objek yang menunjang pantai tersebut. Seperti jembatan yang terletak dibibir pantai yang kayunya sudah rapuh dan tidak layak untuk digunakan pengunjung karena akan membahayakan bagi pengunjung yang menaiki jembatan tersebut. Partisipasi, gotong royong, kerja sama dari Kepala Daerah dan masyarakat sekitar dengan membangun dan memperbanyak objek-objek dibibir Pantai Kerang Mas guna menunjang kaindahan dan keunikan yang khas pada pantai agar pengunjung lebih tertarik ketika akan berkunjung kembali ke pantai tersebut.

Ditinjau dari 7 sapta pesona yang ada di destinasi wisata Kampung Sero, Muara Gading Mas, Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Lampung yaitu:

1. Aman
Rasa aman yang diberikan oleh penduduk sekitar dengan adanya pos pada pintu masuk dimana terdapat beberapa penjaga pos untuk mengawasi pengunjung yang akan masuk ketempat wisata tersebut. Selain itu keamanan yang diberikan saat berada di destinasi wisata Pantai Kerang Mas tersebut terbilang cukup aman karena akses jalan untuk menuju tempat wisata ini mudah meskipun jalan yang ditempuh cukup jauh . Area parker yang diberikan ditempat iniluas karena pengunjung bisa memarkirkan motornya dimana saja saat didalam area wisata agar pengunjung dapat tetap mengawasi kendaraannya dan wisatawan dapat menikmati wisata dengan aman tanpa rasa was-was akan kehilangan kendaraannya.

2. Bersih
Kebersihan pada tempat wisata ini sudah baik dimana kondisi lingkungan ditempat ini cukup bersih karena pada setiap gazebo sudah diberikan kotak sampah agar pengunjug tidak sulit mencari kotak sampah saat akan membuang sampah.

3. Sejuk
Destinasi wisata ini sejuk karena di area wisata pantai ini sangat banyak pepohonan seperti banyaknya pohon kelapa yang besar di sekitar lingkungan wisata tersebut. Banyaknya pepohonan yang tumbuh di area wisata dan juga pepohonan dari lingkungan sekitar yang membuat tempat wisata ini menjadi terasa sejuk dan tenang. Jadi kalau kamu ingin menenangkan diri karena beban pekerjaan, tugas-tugas, wisata ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata untuk dikunjungi.

4. Tertib
Ketertiban dapat dilihat dari destinasi wisata Pantai Kerang Mas kondisi lingkungan dan pelayanan di destinasi wisata ini disiplin untuk larangan agar tidak membuang sampah sembarang yang bertujuan untuk menjaga lingkungan sekitar area konservasi agar tetap bersih, tertib dalam mengikuti peraturan yang ada. Agar dapat menciptakan rasa nyaman pada pengunjung itu sendiri ketika sedang menikmati destinasi wisata tersebut untuk mencerminkan keadaan yang bersih dan sehat.

5. Indah
Keindahannya dapat dilihat dari pemandangan yang disajikan berupa lautan yang membentang yang dapat memanjakan mata wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata Pantai Kerang Mas tersebut. Keindahan alam berupa hamparan lautan berwarna biru yang bersih yang dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Dengan keindahan pantai yang ada maka pengunjung banyak yang mengabadikan di hpnya dengan berfoto bersama maupun berselvi sehingga mendorong promosi ke pasar wisatawan yang lebih luas dan akan adanya potensi pada pengunjung untuk berkunjung kembali.

6. Ramah
Ramah tamah dapat di rasakan saat berkunjung ke destinasi wisata Pantai Kerang Mas yaitu, wisatawan yang datang atau yang baru berkunjung di tempat tersebut diterima dengan baik oleh warga dimana warga atau masyarakat sekitar memeberikan rasa akrab dan terbuka’an pada pengujung agar memberikan rasa nyaman kepada pengunjung tersebut.

7. Kenangan
Kenangan merupakan bentuk pengalaman yang berkesan di destinasi wisata Pantai Kerang Mas, berupa rasa senang, kenangan berupa foto di tempat yang instagrameble yaitu dibibir pantai dan rasa yang membekas bagi para wisatawan sehingga akan menarik kembali para wisatawan untuk berkunjung kembali ke destinasi wisata Pantai Kerang Mas, karena di pantai ini bukan hanya bisa menikmati dengan hanya memandang saja tetapi juga bisa dengan berenang menggunakan ban berenang juga bisa menikmati pantai dengan mengitari pantai dengan kapal nelayan.

Kontributor : Eka Ayu Aryani
Mahasiswa Pendidikan Biologi 
FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 

No comments: