Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

9/20/20

Danau Souh : Sisa Negeri yang Hilang di Pedalaman Lampung Barat

Danau Suoh terletak di dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat. Jarak lokasi danau Souh sekitar 250 km dari Bandar Lampung (Ibu kota Provinsi Lampung) dan jaraknya 40 km dari kota Liwa ( Ibu kota Kabupaten Lampung Barat. Danau Souh terletak di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan tepat di pedalaman Lampung Barat.  Danau Souh berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Danau ini dapat dicapai melalui beberapa rute. Rute pertama melalui via Batu brak : Kota Besi, atau sering disebut juga rute Liwa. Selanjutnyavrute diambil dari Tanggamus melalui Kecamatan Wonosobo sejauh 60 kilometer. Sementara itu, rute lain ditempuh melalui Kecamatan Sekincau atau melalui Kayuare / Datar Lebar, rute ini lebih dekat akan tetapi jalannya masih jalan tanah merah dan hanya adventure yang bisa lewat jalan ini. 

Menurut cerita  sejarah, Danau Suoh terbentuk atas letusan gunung berapi pada saat purbakala. Letusan dahsyat itu kemudian menciptakan cekungan di daerah yang kini dinamai Suoh. Cerita rakyat Lampung Barat, Souh merupakan salah satu tempat yang paling awal terdapat peradapan di Lampung Barat karena terjadinya gempa dan letusan sehingga Souh ditinggalkan. Sekarang ini Souh sudah kembali dihuni para pendatang dan menyisakan beberapa danau yang cukup luas yang masih ada sisa aktivitas vulkaniknya.  

Danau Suoh terdiri dari empat danau, yaitu: Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Nama-nama dilaporkan diambil dari kondisi di sekitar danau. Misalnya, nama yang diberikan ke danau Asam) adalah karena air danau rasanya sangat asam. Sekitar 300 meter di sebelah selatan danau ada danau minyak yang permukaan airnya seperti minyak mengambang. Selanjutnya, nama Danau Belibis diambil dari kawanan belibis yang sering datang untuk mencari ikan. Kondisi Danau Belibis tidak terpelihara dan ditumbuhi rumput liar di sekitar danau. Sementara itu, Danau Lebar tidak dikenal untuk arti atau kondisi tetapi jika dilihat danau ini merupakan danau yang paling lebar/luas. 

Saat ini Danau Suoh ini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang favorit dikalangan masyarakat baik masyarakat sekitar atau di luar daerah.  Seiring berkembangnya jaman lama-kelamaan wisata ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar Suoh, para wisatawan tertarik dengan keindahan alam yang masih alami, mereka mengetahui informasi dari beberapa sosial media yang sering diupload oleh masyarakat sekitar, melalui Facebook, Instagram dan YouTube. Dengan kondisi yang masih alami dan tidak banyak campur tangan manusia sehingga membuat tempat wisata ini memiliki keistimewaan tersendiri. 

Ketika berkunjung ke lokasi Danau Souh ini kita akan disambut oleh hamparan padang ilalang atau yang sering disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan padang savana yang berwarna hijau luas menghampar yang sangat indah dan menakjubkan. Padang savanna akan terlihat sangat indah jikadalam keadaan penghujan atau musim hujan, rerumputan dan ilalang akan tumbuh subur dan terlihat lebih hijau dan subur. Berbeda jika dalam keadaan yang kering atau musim kemarau padang ilalang akan terlihat menguning bahkan jika terjadi kemarau panjang ilalang akan mengering. Selain itu jika musim kemarau air danau akan sedikit surut sehingga akan mengurangi keindahannya.

Menurut pengamatan dan data pengunjung atau wisatawan dari pengelola wisata danau Suoh bahwasannya setiap tahun mengalami peningkatan pengunjung yang sangat drastis, yang mana dari tahun-tahun sebelumnya wisata danau Suoh ini masih minim pengunjung, sekarang mulai ramai berdatangan para wisatawan untuk berkunjung ke wisata danau tersebut. Saat ini juga banyak para wisatawan dari luar suoh bahkan dari luar kota mulai berdatangan untuk berkunjung dan menikmati keindahannya. Seiring meningkatnya para wisatawan tim pengelola dari wisata danau tersebut juga mulai membuat sarana prasarana supaya tempat wisatanya semakin menarik, semakin indah dan semakin membuat nyaman para pengunjung. Sarana prasarana yang dibuat atau disediakan oleh tim pengelola berupa gubuk-gubuk kecil untuk berteduh dan untuk duduk-duduk santai, selain itu tersedia juga toilet dan mushola dan warung-warung yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman.

1. Danau Lebar
Danau lebar merupakan danau yang paling luas dan paling lebar diantara 4 danau yang ada. Danau lebar memiliki puncak yang apabila dilihat dari tasa danaunya terlihat sangat indah. Dari hasil pengamatan dan observasi bahwasannya wisata Danau Suoh Lampung Barat ini memiliki atau menerapkan konsep sapta pesona, yang mana beberapa komponen dari sapta pesona terdapat disekitar aera danau tersebut. Danau ini nampak lebih lebar dari danau yang lain sehingga disebut danau lebar. Danau ini memiliki air jernih namun bila dilihat dari kejauhan pada saat cerah berwarna biru pekat. Di danau lebar ini tidak pengunjung tidak dapat melihat atau turun langsung ke airnya, karena posisi yang sulit dijangkau, pengunjung hanyabisa melihat dan menikmati keindahan danau dari punvaknya saja. 

2. Danau Asam
Danau yang kedua adalah danau asam yang letaknya dekat tak jauh dari danau lebar. Di danau ini telah dibangun spot untuk berfoto oleh masyarakat sekitar. Spot tersebut berbentuk jembatan yang terbuat dari bambu, dengan banyak hiasan bunga-bunga kecil dan air mancur. 

3. Danau Minyak
Danau ini dengan luas sekitar 15 Ha. Pada tepi danau ini di tutupi padang rumput ilalang,dan pohon-pohon kecil. Danau Minyak disebut demikian karena pada permukaan air danau tampak seperti terdapat minyak yang mengambang. Menurut informasi dan cerita dari warga dan penjaga disekitar danau bahwasannya danau terkadang memiliki warna yang unik, selin kadang berwarna minyak terkadang membentuk tiga warna. Namun keunikan dan keindahannya tidak semua orang dapat menikmatinya, karena akses menuju danau ini lumayan ekstrem. Para pengunjung atau wisatawan biasanya hanya berkunjung ke dua danau saja yaitu danau lebar dan danau asam, karena lokasi dari kedua danau ini yang berada di pinggir jalan dan tidak susah untuk menujunya.

Hasil pengamatan dan observasi bahwasannya wisata Danau Suoh Lampung Barat ini memiliki atau menerapkan konsep sapta pesona, yang mana beberapa komponen dari sapta pesona terdapat disekitar aera danau tersebut. Wisata danau terutama di danau lebar dan danau asam suasananya ramah tamah, dari mulai tukang parkir, penjaga tiket dan pedagangnya. Lokasi wisata temasuk tempat yang nyaman, tidak khawatir akan terjadi hal-haal yang tidak diinginkan. tempat wisatanya juga sejuk dengan beberapa tumbuhan yang adadi sekeliling danau membuat suasana lebih sejuk dan nyaman, dandengan tambahan sarana prasarana gubuk-gubuk kecil yangdapaat digunakan untuk berteduh saat hujan dan panas matahari. Selain itu tempat wisata disana juga aman tidak membuat khawatir akan kehilangan benda atau barang yang kita bawa. Dan juga di area tempat wisata yang bersih dengan menyediakan beberapa kotak sampah di setip sudutnya dan terdapat larangan membuangsampahsembarangan, sehingga tempat ini selalu terjaga 

Kontributor :  Agus Setiawan 
Mahasiswa Pendidikan Biologi 
FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 

No comments: