2/4/19

Batu Granit Tanjung Bintang Objek Wisata Beda Di Lampung

Wisata  Batu Granit Tanjung Bintang adalah wisata alam berupa kumpulan batu besar yang masuk kelompok batuan granit, ukuran batu di lokasi ini bervariasi bahkan ada yang besar seukuran kapal fery. Tempat wisata ini merupakan salah satu aset wisata di Kabupaten Lampung Selatan selain kebanyakan wisata pantai yang membentang di Teluk Lampung hingga ujung tanjung di Bakauheni.  Wisata  Gunung Batu Granit Tanjung Bintang tak kalah menakjubkan dibandingkan wisata lainnya yang ada di Lampung. Wisata batu ini menjadi khas, selain pemandangan yang indah dari tumpukan batu–batu yang kecil hingga besar sekali, objek wisata ini bisa menjadi objek wisata edukasi bagaimana proses terbentuknya batu ini. loasi batu granit ini terletak pada 2 lokasi jaraknya sekitar 500 meter. 

Wisata ini menyuguhkan pemandangan yang berbeda yaitu hamparan batu granit yang menghiasi setiap sisi bukit. Ditempat ini terdapat beberapa spot foto yang cukup banyak, wisatawan biasanya sering mengabadikan momen mereka di tempat tersebut dengan berfoto di atas batu-batu tersebut dan di balik bukit tersebut terdapat hamparan perkebunan yang indah jika di lihat dari bukit tersebut. Momen yang pas untuk berfoto pada bukit ini adalah pada sore hari di terbenamnya sinar matahari, kita dapat menikmati sunset dari atas bukit yang menakjubkan.

Tempat wisata Gunung Batu Granit ini tentunya sangat potensial untuk dijadikan tempat wisata terutama ekowisata, karena merupakan objek ekologi yang menakjubkan dan berbeda dari bukit-bukit lainya karena keberadaan batu granit yang menambah keunikan dari tempat tersebut. Dari segi geologi dan ekologi kita dapat belajar mengenai batu-batuan granit penyusun bukit tersebut yang membentuk batuan khas serta bagaimana ekosistem yang menarik untuk dipelajari, disekitar bukit tersebut masih terdapat hutan kecil dan perkebunan karet. Masyakat setempat juga sering juga mengadakan kegiatan balapan motor cross dan sepeda gunung  karena trek yang berbukit di daerah tersebut agar objek wisata ini bisa lebih di kenal.

Untuk pengelolaan tempat wisata ini sudah dikelola oleh masyarakat setempat dan sudah ada sistem keamanan melalui kartu masuk kendaraan sehingga kendaraan yang keluar masuk sudah di atur dan di kontrol oleh pengelola wisata tersebut, sementara untuk kebersihan di tempat tersebut belum terdapat tempat sampah sehingga masih ada beberapa sampah di sudut-sudut bukit tersebut dan kurangnya kesadaran kebersihan dari wisatawan yang datang. Mungkin untuk saran kedepanyya lebih ditingkatkan lagi yaitu terutama untuk kebersihan masih kurang mungkin harus diberi beberapa tempat untuk embuang sampah karena sampah-sampah dan ada coretan-coretan di batu-batu yang berada di sisi-sisi batu granit tersebut, dan menyediakan fasilitas lainya yaitu toilet karena belum terdapat toilet pada lokasi tersebut. Diharapkan masyarakat dapat lebih meningkatkan fasilitas-fasilitas yang ada di lokasi tersebut karena lokasi tersebut merupakan lokasi yang potensial untuk dikembangnkan menjadi wisata yang berbasis Ekowisata yang tentunya juga jika wisata dapat bejalan dapat meningkatkan penghasilan dari masyarakat setempat wisata Gunung Batu Granit Tanjung Bintang tersebut.

Melihat Potensi Wisata Gunung Batu Granit Tanjung Bintang berdasarkan 7 sapta pesona
Aman, faktor tersebutlah yang membuat daerah wisata Gunung Batu Granit banyak dikunjungi dan masyarakat sekitar daerah tersebut untuk berwisata di daerah tersebut masyarakat maupun wisatawan daerah lain tidak perlu merasa was-was dan hati-hati karena daerah tersebut merupakan daerah yang aman dan terdapat penitipan kendaraan yang aman. 

Tertib, untuk ketertiban mungkin masih terdapat perilaku pengunjung yang membuang sampah sembarangan karena belum disediakannya larangan dan sanksi kusus di bagian-bagian dari tempat tersebut dan masih belum dan kurangnya tempat untuk membuang sampah.

Bersih, untuk tempat sudah memenuhi kriteria keindahan terutama sebagai tempat untuk berfoto sudah bagus namun, tentu masih ada beberapa pengunjung yang tidak bertanggung jawab yang masih membuang sampah sembarangan yang menyebabkan di beberapan sudut masih kotor karena sampah.

Sejuk, tempat tesebut tentunya masih sejuk dan masih terdapat pepohonan yang berada di daerah tersebut ditambah terdapat keunikan batu-batu granit besar yang menghiasi perbukitan tersebut dari atas bukit tersebut kita bisa melihat hamparan pepohonan dan perumahan dari atas bukit tersebut dan ditambah suasana yang masih sejuk dan asri.

Indah, keindahan dari wisata Gunung Batu Garanit Tanjung bintang ini terletak pada batu-batu granit yang menghiasi bukit tersebut yang terhampar disetiap sisi bukit dan kita dapat berfoto di atas batu tersebut dan tentunya memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri dibandingkan tempat-tempat wisata yang lainya.

Ramah, masyarakat di daerah terebut cukup ramah terutama para penjaga masuk wisata tersebut dan warga pemukiman yang ada disekitar objek wisata tersebut. Aspek ini merupakan yang pendukung sebuah tempat wisata untuk di kunjungi wisatawan dan merupakan salah satu daya tarik dari sebuah tempat wisata.   

Kenangan.  Kenangan tentunya pada wisata ini memiliki keunikan sehingga memilki kesan tersendiri bagi wisatawan tentuyya memiliki kesan yang menarik karena sering dikunjungi masyarakat di daerah saya yang sering dijadikan wisata alternatif karena biyaya yang murah dan tentunya memiliki pemandangan yang bagus dan masih asri.

Lokasi dan Rute Wisata  Gunung Batu Granit   
Wisata  Gunung Batu Granit Tanjung Bintang berada di Tengah Kebun Karet di desa Srikaton, kecamatan Tajung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan. Tempat wisata ini berada sekitar 30 menit dari kota Bandar Lampung. Tempat wisata ini berada sekitas 5 menit dari pasar Tanjung Bintang yang mana tempat wisata ini berada di belakang pemukiman warga. Untuk tiket masuk cukup uang Rp10.000 sudah termasuk parkir, untuk pengelolaan wisata gunung batu dikelola langsung oleh warga setempat.

Yuk Ke Batu Granit  dengan Tiket Promo
Bagi pecinta jalan-jalan, baik itu wisata petualangan atau penikmat keindahan alam, tentunya belum lengkap jika belum menginjakan kaki ke wisata  Batu Granit ini. Apa alasan yang memperkuat para traveller yaitu dari keunikan batu ini serta wisata adventure yang melintasi perkebunan karet serta indahnya batu besar yang unik ini.

Para traveller yang berasal dari luar Lampung untuk berkunjung dan menjelajah wisata alam di Lampung,dapat memanfaatkan fasilitas Website  pencarian Tiket Pesawat yaitu dari Pegipegi, apalagi sekarang lagi ada promo besaran dari  maskapai  Air Asia yang dapat disimak lengkapnya Link TIKET AIR ASIA. Pada web tersebut temukan airasia booking online: fasilitas didapat sangat mudah, gampang dan praktis serta low bajet/harga bersahabat. Yuk kita kepo-in tiket murah tersebut. Terus sedikit dari pengalaman pribadi saya, ketika bajet pas-pasan ehhhh tiket promo air asia sangat membantu sekali. Dengan tiket-tiket promo dari maskapai AIR ASIA selalu saya manfaatkan untuk menjelajah wisata di asia: Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam dan negara asia lainnya. selain itu berkat tiket-promo air asia sejak 5 tahun lalu saya bisa menjelajah Indonesia bagian timur: sampai ke pulau Flores bagian timur . Yukkk kita kepoin lebih dalam di web pegipegi.com.

Di wesite pegipegi, fiturnya lengkap, dimana saya dapat mencari tiket hotel, pesawat, kreta api dan menu lainnya. pengalaman Saya bulan lalu ketika pergi ke kota Yogyakarta saya menggunakan aplikasi dari pegi-pegi.com dalam mencari dan booking tiket pesawat. Saya enjoy ketika mencari tiket pesawat di pegipegi.com, akses dan aplikasinya mudah bin gampang. Saya mendapatkan tiket pesawat air asia yang sudah terkenal sebagai maskapai yang berbayar murah, tanpa ribet. 
Nahh bagi temen-temen yang suka jalan atau lagi butuh tiket pesawat tidak salahnya dicoba di pegipegi.com. semoga bermanfaat dan happy journey.... 

Keys word :   wisata batu granit, Lampung,  tiket promo air asia

Kontributor : Arisiyantoro (Pendidikan Biologi, Univeristas Muhammadiyah Metro)

Load disqus comments

0 komentar