Berisi tentang cerita, foto, video, hoby, Aktivitas, dalam perjalanan petualang dan pencari pengalaman

2/22/18

Kisah Perjalanan Wisata Di Tahun 2017

Kisah Perjalanan Wisata ku di Tahun 2017, perjalanan wisataku tidak sebanyak tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan kesibukkan yang makin padat di pekerjaan serta adanya cobaan atas sakit yang saya alami yang mana harus menjadi penghuni rumah sakit selama 3 kali di rawat, biarlah ini menjadi cerita khusus Tentang Tumbangnya Sang Petualang. 

Namun semua pengalaman Kisah Perjalanan Wisata ku tersebut saya nikmati dengan indah sebagai buah atas hoby yang saya geluti. Dalam petualangan tahun ini kerjasama, kebersamaan dan rasa solidaritas sesama teman trip tidak bisa terlepas demi tercapainya lokasi dituju dan pulang dengan selamat ke rumah.  

Perjalanan wisata ku di tahun 2017 ini segi perencanaan dan persiapan tidak jauh berbeda dengan tahun 2016, hanya saja di tahun ini tidak ada target khusus yang harus saya capai, baik itu lokasi atau distinasi khusus yang harus saya kunjungi untuk berwisata. Namun spesial ketika berkunjung ke Gunung Semeru adalah cita-cita lama yang baru terpenuhi di tahun ini. 

Sedangkan perjalanan wisata ku yang lain semua berjalan bagai air, jika ada ide atau tawaran teman untuk berkunjung ke suatu lokasi, jika tidak bertentangan dengan acara keluarga dan kantor baru saya turut serta. Tidak saya pungkiri banyak kekecewaan dari teman-teman di group trip atau teman-teman trip  yang disampaikan langsung atau tidak tidak langsung kepada saya, lantara karena setiap diadakan trip, saya selalu  tidak dapat bergabung berpetualangan bersama mereka. ya semua karena acara selalu bersamaan waktunya.  ya harapanku semoga semangat berpetualangan dari teman-teman semua tidak surut. 

Oke, berikut ini saya kembali merangkum bagaimana perjalanan wisata ku di tahun 2017. semua senaja saya rangkum untuk mengenang bagaimana perjalananku tahun ke tahun dalam mengunjungi distinasi-distinasi surga dunia ciptaan Allah SWT. 

Dari sekian banyak tempat yang saya kunjungi di tahun 2017,  semua sangat berkesan dan memiliki pengalaman tersendiri akan tetapi yang paling lebih yaitu ketika aku dapat menginjakan kaki di kaki Langit di Bumi Para Dewa yaitu Gunung Mahameru, selanjutnya pengalamanku ketika dapat mencapai puncak gunung Seminung serta pengalaman ketika harus berjuang keluar dari Air Terjun Twin Talang Rambang Datar Lebuay, tanggamus, yang masing-masing ada cerita sendiri dalam artikel-artikel di blog ini. 

Yuk berikut ini ringkasan perjalanan wisata ku di tahun 2017: 
berawal dari tahun baru 2017, yang saya abiskan di Pesisir Barat Lampung bersama teman-teman Treveler / backpacker dunia Lampung yang dapat di simak di artikel : Menutup Tahun di Barat Lampung saat itu ekpektasinya ingin menyaksikan malam pergantian tahun di Pulau Pisang, tapi apa daya tidak sesuai rencana, yang mana akhir pergantian tahun 2016 saya habiskan dengan tidur di hammock bergelantungan di tepi pantai Tanjung Setia. Saat itu pihak cottage yang ada di sepanjang Pantai Tanjung Setia mengadakan acara sendiri-sendiri. Setelah lewat kegiatan wisata di pesisir barat, kemudian itu hampir sebulan tidak melakukan perjalanan wisata atau ngetrip karena masa / musim ujian Akhir semester dan sibuk dengan pekerjaan di Kampus.

Yuk kita lanjut perjalanan wisata ku tahun 2017 per bulan. 

Bulan Januari
Pada bulan januari tahun 2017, Kisah Perjalanan Wisata ku catatan saya hanya melakukan dua kali kegiatan perjalanan wisata yaitu pada saat pergantian tahun dan saat mendaki gunung Seminung di Lampung Barat. 

Tanggal 19 sampai 21 Januari Kisah Perjalanan Wisata ku: Mendaki Gunung Seminung dan Danau Ranau, Lampung Barat. perjalanan wisataku pada bulan ini yang termasuk  yang paling berkesan yaitu ketika pertama kali dapat menginjakan kaki ke gunung yang menjadi sejarah tersendiri bagi suku-suku yang ada di Lampung dan sumatera Bagian Selatan. yang mana sejarahnya bahwa asal usul suku Lampung Berasal dari gunung Seminung ini.  saat mendaki gunung ini saya bersama-sama dengan ikatan mahasiswa pecinta Alam Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.  untuk lengkapnya dapat dibaca artikel : Akhirnya aku Sampai di Muncak Seminung

Bulan Februari
Tanggal 18 Febuari Kisah Perjalanan Wisata ku : ke Pulau Pahawang bersama Backpackers Indonesia (BPI) chapter Banten, pada saat itu teman-teman dari BPI Banten mengajak untuk bergabung dalam acara trip bersama ke Pulau Pahawang, sebenarnya saya sudah sering berkunjung ke Pulau yang menjadi tempat Wisata paling Populer di Lampung saat ini, tapi demi kebersamaan dan menambah silahturahmi akhirnya saya ikut bermalam di Pulau ini. Keseruan perjalanan wisataku pada tanggal ini dapat dibaca di artikel : Sharecost Trip Pahawang Bersama Backpackers Indonesia Chapter Banten

Bulan Maret
Tanggal 4 Maret  Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke air Terjun Banyu Mandiri 1 dan 2. Pengalaman ketika di air terjun ini luar biasa airnya terasa dingin, dinginnya serasa mandi di air dalam kulkas atau air es dan hilangnya semua foto yang ada di kamera sehingga terbawa oleh cerita teman dimana di air terjun ini banyak unsur mistiknya. Perjalanan wisataku dapat disimak di artikel : Bagai Mandi Es di Air Terjun Banyu Mandiri Pesawaran Indah

Tanggal 19 maret Kisah Perjalanan Wisata ku : Ke Way Tenong Lampung Barat. kembali pulang kampung pada saat itu aku lupa dalam hari libur atau acara kegiatan apa akan tetapi saat itu saya manfaatkan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di sekitaran Kampungku. Potensi Wisata di Kecamatan Way Tenong dan Sekitarnya Kab. Lampung Barat

Bulan April
Tanggal 3 April  Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke air terjun Talang Rambang di Desa Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus Lampung. cerita perjalanan wisataku pada kesempatan ini sungguh memberikan pengalaman yang sangat luar biasa semua bercampur dari emosi, kebersamaan dan kesabaran. Sungguh semua sangat menakjubkan, yang paling berkesan itu adalah ketika unsur mistik mewarnai perjalanan kami tersebut, adanya anggota trip yang kesurupan dan berhalusinasi di tengah hutan yang gelap gulita di malam hari, pokoknya sangat menuras energi. untuk cerita lengkapnya dapat disimak di artikel :Ringan Masuk Susah Keluar Jelajah Air Terjun Talang Rambang, Lebuay


Tanggal 8 April : Ke air terjun Sukasari di tengah kebun sawit Natar dan bukit batu kapal  di Tigeneneng. Saat itu kita bingung ke daerah mana yang akan kita kunjungi akhirnya kita sepakat untuk berkunjung ke daerah ini. silahkan kunjungi artikelnya di link berikut ini : Foto eksis di Tebing Runtuh Bukit Batu Kapal Tigeneneng






Tanggal 13 April Kisah Perjalanan Wisata ku: Jogging bareng di Stadion Pahoman, dalam rangka mempersiapkan diri untuk mendaki gunung Semeru di jawa Timur, saya selalu menyempatkan untuk jogging atau latihan jalan lama demi meningkatkan fisik supaya pendakian nanti lancar dan kuat. pada saat itu teman-teman yang sering ngetrip ikut dalam kegiatan jogging ini yang ujung-ujungnya selfie/swafoto bersama, silahkan lihat foto berikut ini: 

Tanggal 14 April Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke pantai Sari Ringgung dan Masjid Terapung di Kabupaten Pesawaran, Dalam perjalanan wisataku kali ini sebagai guide mengantarkan paman yang ingin berwisata ke masjid terapung yang ada di kawasan pantai Sari Ringgung, Pesawaran Lampung. Keunikan dan sensasi masjid terapung yang ada di Lampung ini dapat disimak di artikel : Jumat Berkah Di Atas Laut, Mesjid Terapung Pantai Sari Ringgung

Tanggal 15 April Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Umbul Kuncil dan Muncak Teropong laut kala Malam Hari  : Bersama teman baru saat itu berkunjung ke sini dan mengabadikan dalam keadaan malam hari, namun saya teman tersebut menghilang tanpa ada kabar dan seakan menghilangkan diri begitu saja. tapi dibalik kisah teman yang menghilang tersebut di muncak teropong laut atau sering juga disebut muncak tirtayasa ternyata sangat indah dengan hamparan lampu yang di indah di Kota Bandar Lampung. 



Tanggal 18 April Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Palembang untuk mengikuti sosialisasi Sertifikasi Dosen, sebenarnya ini bukan catatan perjalan wisata karena pergi ke kota Palembang, yang merupakan kota terbesar ke dua di Pulau Sumatera ini dalam rangka mengikuti kewajiban dalam memenuhi kreteria seorang dosen yang harus mendapatkan sertifikasi dosen, dalam rangkaian sertifikasi dosen tersebut harus mengikuti sosialisasi Sertifikasi Dosen, dalam perjalanan ke kota ini tidak sempat mengabadikan diri di tempat-tempat wisata.

Tanggal 21 – 27 April  Kisah Perjalanan Wisata  ku: Mendaki ke Gunung Semeru Jawa Timur. ini adalah cita-citaku yang lama sekali ingin ke sini, tapi baru kecapaian pada bulan april 2017 ini, alhamdulillah cita-cita tercapai dan pulang ke asal dengan selamat. walaupun tidak mencapai puncak Mahameru, dengan menikmati kalimati, oro oro umbo, danau ranukumbolo, tanjakan cinta, cemoro kandang, dan ranupane, saya sudang sangat senang sekali. yangs emoga suatu saat bisa berkunjung lagi ke daerah ini, yang pasti momen ini adalah kenangan paling indah yang saya alamai di tahun 2017. Perjalanan wisataku pada tanggal ini dapat dibaca di artikel :

Bulan Mei
Tanggal 7 Mei tahun 2017  Kisah Perjalanan Wisata  ku: Color run di Lapangan Saburai  di bulan ini setelah sepulang dari pendakian gunung Semeru saya awali dengan kegiatan dalam acara kemeriah yang diadakah oleh pemerintah yaitu acara anak muda yang lagi trend yaitu color run, yang kegiatan yang diawali dengan jalan santai. Kegiatan tersebut dapat disimak di foto berikut ini : 

Tanggal 11 Mei Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Pulau Wayang via Darat : Masih Perjalanan wisataku  di bulan mei tahun 2017, ini acara trip dengan peserta paling banyak yang perna saya jalani. perjalanan ini yang diikuti hampir 100 peserta dengan menggunakan motor, dan perjalanan juga cukup jauh dimana baru mencapai lokasi sekitar jam 4 sore, tetapi semua terbayar dengan keindahan pantai ini. untuk lebih lengkapanya perjalanan ini dapat disimak berikut : Pulau Wayang, dapat Dicapai Via Darat Pantai Kalimantara: Pengalaman Trip 100 Peserta

Tanggal 21 Mei Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Air Terjun Sukamarga dan air terjun Jarum Di Desa Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus Lampung.  saat itu Bersama teman-teman anak muda backpacker Lampung. pengalaman perjalanan ke air terjun ini, selain indahnya air terjun yang berarus deras serta sulitnya mencapai rutenya, ternyata pengalaman pecah ban, yang mana harus mengganti ban dengan manual yang dibantu oleh pemuda asli sana yang sudah biasa menghadapi masalah seperti ini. Perjalanan wisataku dapat disimak di artikel: Mengerikan Air Terjun Sukamarga Datar Lebuay seperti di Goa Hantu 

Bulan Juni
Tanggal 1 juni  Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Pulau Sekepel, Lampung Selatan. Perjalanan wisata di bulan ini dalah dalam rangka reuni anggota backpackers Indonesia chapter Lampung (BPI Lampung) / backpaker Lampung diisi dengan kegiatan berbuka bersama serta saur bersama, kegiatan ini kita adakan di daerah pantai dan desa Tejang kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. kita menginap dan bermalam di rumah anggota BPI yaitu mas Zaqi Hidayat, keesokan harinya kita berkunjung ke pulau sekepel. lengkapnya dapat disimak artikelnya perjalanannya : Pulau Sekepel, Keindahanmu tidak Sekepel menjadi Pelengkap Puasa Kami

Tanggal 19 juni Kisah Perjalanan Wisata ku: ke Muncak Mas, Bandar Lampung : Tempat wisata yang dibuat ala kekinian ini sekarang menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan tempat bersantai dan berwisata, ya, puncak mas yang khas dengan rumah-rumah pohon yang dapat menikmati pemandangan di atas Kota Bandar Lampung, tempat ini makin komplit dengan ditambah wahan-wahna untuk berfoto serta menikmati indahnya lampu di Malam hari.untuk lengkapnya dapat di simak pada artikel  Puncak Mas : Sensasi Kemilau Warna Di Malam Hari

Tanggal 21 Juni Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Taman Kupu-kupu dan ke Taman Rusa Tun Abdul Rahman waktu itu untuk mengisi waktu yang kosong akhirnya kita bertiga spakat untuk berkunjung ke taman kupu-kupu bersama almarhum Andi Derisco dan mb Yuli Maryati. yang semua adalah kenangan yang menjadi momen sendiri dalam hidup kita, setiap pertemuan ada perpisahan. dimana kita asal maka kita akan kembali ke yang menciptakan kita. Allahuakbar..

Tanggal 28 Juni 2017 Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Suoh. perjalana ke suoh yang di mulai dari Way Tenong  melalui Sidomokmur, ke Kayuare, Lanjut ke Atar Lebar hingga ke Sukajadi yang akhirnya sampai juga ke Danau Souh. selanjut pulangnya kita melalui jalur jalan raya yaitu yang arah Liwa hingga tiba di kotabesi dan kembali ke Way Tenong. pada saat perjalanan wisataku ke souh ini dibuat artikel tersendiri yang lengkapnya perjalanan wisataku dapat disimak di artikel : Mengungkap Misteri Danau Suoh, Lampung Barat

Bulan Juli
Tanggal 15 juli Kisah Perjalanan Wisata ku: Camping di Pulau Permata / Pulau Kubur di Lempasing, Bandar Lampung : pada saat di pulau ini kami selain camping, juga kami isi dengan hounting foto yaitu bagaimana mengambil foto steel woll, ya seperti hasil di foto berikut ini, untuk lengkapnya bagaimana rute ke pulau ini dapat mengunjungi artikel yang berjudul Semalam di Pulau Kubur Menikmati Ribuan Permata 
Tanggal 16 Juli Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Bukit Sindi, Teropong Kota. Bagi teman-teman ingin berburu foto dengan latar belakang gemerlap lampu kota, solusi dapat berkunjung ke bukit ini, bukit yang berada di pusat kota Bandar Lampung. untuk menjangkau bukit ini sangat mudah, untuk lengkapnya dapat mengunjungi cerita perjalanan wisataku di artikel ; Teropong Kota, Bukit Sindy : Tempat Eksis di Pusat Kota Bandar Lampung

Tanggal 22 Juli Kisah Perjalanan Wisata ku: Camping Ceria bersama t3ampaal di Pantai Ketapang.
kegiatan yang diadakan satu malam ini ternyata memberikan pengalaman hidupku yang sangat dalam karena disini aku harus tersuntuik oleh nyamuk Malaria vivax, yang membuat saya harus di rawat di rumah sakit selama 3 kali, karena selalu kambuh. sebelumnya saya kurang persiapan untuk daerah yang merupakan endemik malaria ini. tapai semua dapat diambil hikmahnya ternyata seorang petualang juga bisa tumbang. 

Bulan Agustus
Tanggal 2 Agustus Kisah Perjalanan Wisata ku: Acara Hippun Adat Lampung Sai Batin dan ke Candi Jepara, Danau Ranau di Oku Selatan :
Tanggal 3 Agustus Kisah Perjalanan Wisataku; Ke Bukit Bawang Bakung, Geredai, Liwa Lampung Barat.
Tanggal 3 Agustus Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Lembah Sekalabrak
Tanggal 3 Agustus Kisah Perjalanan Wisataku: Festival Skalabrak Liwa ; Rangkaian acara yang dilaksanakan selama 3 hari dapat disimak lengkapnya di artikel berikut : Festival Skalabrak : Mengenal Lampung Barat Lebih Dalam

Tanggal 4  Agustus Kisah Perjalanan Wisata ku: ke Pantai Tembakak dan pantai Labuhan Jukung. setelah acara di Liwa kita lanjutkan perjalanan ke daerah pantai di Krui dengan tujuan utama adalah ke pulau Pisang, tapi sayang seklai saat itu kita tidak kebagian kapal, sehingga hari itu tidak jadi kita lanjutkan menyebrang ke pulau Pisang, akhirnya kita hanya berjalan-jalan ke pantai Tembakak dan pantai labuhan Jukung. 

Tanggal 27 Agustus Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Way Kambas, Pasca dirawat di rumah sakit saya kedatangan sahabat lama yang berasal dari jawa timur, dia ingin sekali ke Lampung dan alhasil di berkunjung ke Lampung selama 4 hari, dan kita bersama-sama ke Way kambas serta tempat-tempat wisata yang lainnya. Perjalanan wisataku dapat disimak di artikel :Way Kambas : Rumah Sahabat Jumbo

Bulan September
Tanggal 9 september Kisah Perjalanan Wisata  ku: Milad Tapis Blogger di Taman Wira Garden Bandar Lampung. Perjalanan wisataku dapat disimak di artikel : 
Tapis Blogger Menggelar Acara Pelatihan Fotografi di Taman Wisata Wira Garden

Bulan Oktober 2017 
10- 16 Oktober ke Yogyakarta Kisah Perjalanan Wisata ku: dalam tugas penelitian saya habiskan waktu hampir seminggu di kota gudeg ini, saya berkunjung ke tempat-tempat wisata unggulan di Yogyakarta yaitu : Bukit Breksi, candi, ke pantai wedi ombo dan sekitarnya, hutan pinus, ke kali kuning, ke taman jurasic park dan laiinya. Perjalanan wisataku dapat disimak di artikel : Menggali Sapta Pesona dan Ekowisata : Seminggu di Yogyakarta

Bulan November
Tanggal 7-8 November Kisah Perjalanan Wisata ku ke Lampung Barat ke Bappeda dan tempat-tempat  wisata di Lampung Barat dapat disimak ada yang baru di Lampung Barat : Perjalanan wisataku dapat disimak di artikel : Nikmati SensAsi Baru di Liwa Lampung Barat


Tanggal 27 November Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Pahawang dengan Mahasiswa ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan di kampus untuk mengenalkan tentang vegetasi magrove kepada mahasiswa, oleh karena itu dilakukan kuliah lapangan yang kali ini kembali di lakukan di dusun Suak Buah di Pulau Pahawang. disana kita juga mengadakan penanaman mangrove bersama di daerah pantai di palau ini. padaa kesempatan ini yanag mengadakan adalah semester 7. 
Tanggal 28 November Kisah Perjalanan Wisata ku: Hounting Foto Ke Kebun Karet Trikora, Karang Anyer Lampung Selatan. 

Bulan Desember 2017
Tanggal 1 Desember Kisah Perjalanan Wisata ku: ke Dam Raman dam ini menjadi trend di akhir tahun 2017, bendungan ini menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Kota Metro, tempat ini menjadi magnet untuk warga yang butuh wisata. 

Tanggal 3 Desember Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Pahawang Bersama Mahasiswa.  sama dengan tema pengenalan vegetasi mangrove atau bakau, tetapi yang menadakan kuliah lapangan adalah semester 4 di tempat sama yaitu di Pulau Pahawang.
Tanggal 17 Desember Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke PT Gunung di Sinar Tiga, Way Ratai, Pesawaran. daerah ini tidak hanya terkenal dengan air terjunnya ternyata terdapat tempat berfoto dan camping ria tepatnya di perkebunan milik PT yang ada disini. 

Tanggal 23 Desember Kisah Perjalanan Wisata ku: Ke Batu Granit, Tanjung Bintang, Lampung Selatan. setelah berkunjung ke tempat ini saya kembali harus terkeluai lemas di tempat tidur dan akhirnya saya harus dirawat kembali di Rumah sakit.  dan menutup akhir tahun 2017 di tempat tidur karena sakit. 

Demikian lah ringkasan cerita kisah perjalanan wisata ku di tahun 2017, bagaimana dengan cerita para petualang yang lain. yuk mari berbagi.. semoga bermanfaat .. aamiin..

No comments: